Daerah Istimewa Yogyakarta sudah menjadi provinsi yang memiliki banyak tempat wisata terutama wisata alam, yaitu pantai. Provisi ini mempunyai empat kabupaten dan satu kota adminitrasi. Salah satu dari empat kabupaten tersebut adalah kabupaten Gunung Kidul.

Memang, nama kabupaten ini dimulai dengan kata gunung tetapi sebenarnya kabupaten Gunung Kidul mempunyai jajaran pantai di sepanjang bagian selatan pada Pulau Jawa.

Selain tersohornya Pantai Indrayanti, kabupaten Gunungkidul turut mempunyai berbagai pantai indah lainnya yang masih belum banyak dikenal oleh publik layaknya Pantai Sanglen. Pantai Sanglen tepatnya berlokasi di Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sebagai salah satu pantai yang masih lestari dan bertopografi landai, Pantai Sanglen sangat cocok bagi kamu yang ingin mengadakan kamp di pinggir pantai atau bahasa gaulnya, beach camp

Ingin tahu alasan nya? Yuk simak ulasan berikut.


Aksesibilitas nan sulit tetapi sepadan

Walaupun akses ke Pantai Sanglen yang cukup curam dan jauh dari kota Yogyakarta, pengalaman yang diperoleh akan sepadan dengan perjuangan perjalanan ke pantai ini. Jalan menuju Pantai Sanglen boleh curam tetapi sesampainya di sana, Pantai Sanglen menjadi tempat peristirahatan yang nyaman dan indah. 

Penggunaan sepeda motor lebih dianjurkan dibandingkan dengan mobil karena jalan sebelum mencapai Pantai Sanglen yang cukup sempit dan sedikit berbahaya.

Badan pengelola Pantai Sanglen masih termasuk dalam gugusan pantai selatan lainnya yang memerlukan biaya sejumlah Rp5.000,00 per orang untuk biaya masuk dan Rp7.000,00 per orang secara khusus untuk ke Pantai Sanglen selama waktu yang tidak terbatas. Mengenai kendaraan, biaya parkir di sini dikenakan sejumlah Rp3.000,00.

Lingkungan pantai yang indah

Sulitnya usaha mencapai Pantai Sanglen akan terbayar ketika kamu mulai menikmati waktumu. 

Pasir di Pantai Sanglen ini masih berwarna cokelat bersih dengan air laut di pesisir pantai yang jernih sehingga pengunjung dapat melihat tembus kedua kaki mereka menapak di atas pasir. Keindahan butir-butir pasir yang halus dan bersih terpadu dengan derusan ombak laut nan merdu tersaji pada pesisir pantai ini.

Ekosistem pantai yang terjaga dengan baik dapat terlihat dari sejumlah biota di pinggir pantai yang berkeliaran dengan bebas, seperti kepiting-kepiting kecil.

Khawatir dengan spot mendirikan tenda? Tenang saja, dataran pasir yang terletak sedikit lebih tinggi dari pertemuan air laut dengan pasir dapat menjadi tempat kamu beristirahat dan menyalakan api unggun.

Bagian pantai ini sangat datar dan empuk, ditambah dengan pepohonan rindang di daerah kemah yang membuat suasana tetap sejuk di siang hari dan mencegah banjir bila hujan turun.

Berbagai aktivitas menyenangkan yang dapat dilakukan

Selama berkemah, kamu dapat melakukan berbagai kegiatan di pesisir pantai, seperti bersantai dan berjemur di pagi hari, mengadakan piknik, mengambil sejumlah foto maupun video, bermain ombak, mengadakan api unggun, dan sebagainya.

Spot menikmati terbenamnya matahari

Bukan hanya keindahan di darat, senja di Pantai Sanglen turut dapat memukau kamu. Bayangkan kamu bersama orang-orang tersayangmu sedang berbincang dan mengalunkan musik di atas pasir rasa tempat tidur dengan derusan ombak dengan lukisan langit oranye nan indah. Tentunya, tambahan kopi supaya berasa menjadi anak indie!

Kelengkapan sarana dan prasarana

Untuk berkemah di sini, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya kecuali bila kamu ingin menyewa tenda sebagai tempat beristirahat. Sebuah warung makan sekaligus rumah bapak pengelola yang sederhana menawarkan hidangan nasi, mi goreng, dan telor seharga Rp12.000,00 atau nasi, mi goreng, dan ayam goreng seharga Rp14.000,00.

Tambah seru lagi, bapak pengelola menawarkan seikat kayu bakar dengan harga Rp15.000,00 per ikat bagi kamu yang ingin membuat api unggun di malam hari dan beliau turut membantu dari mencari lokasi yang tepat dan aman bagi api unggun hingga berhasil menyalakan apinya.

Sejumlah kamar mandi kecil turut disediakan bagi para pengunjung yang ingin membersihkan diri selepas bermain di pantai. Selain itu, aksesibilitas terhadap aliran listrik melalui stop kontak turut disediakan di warung makan untuk kamu yang ingin mengisi baterai telepon genggam maupun kamera.

Kebersihan pantai sangat diutamakan oleh pihak pengelola, mengingat hal tersebut telah menjadi masalah yang ada di setiap pantai bahkan seluruh tempat wisata. Ketersediaan tempat sampah di beberapa titik pada Pantai Sanglen dapat terlihat dan tersedia dengan jumlah yang memadai.

Mungkin kekurangan yang dimiliki Pantai Sanglen tidak berbeda jauh dengan pantai-pantai lainnya yang ada di Gunung Kidul, mayoritas pengunjung tidak akan memiliki sinyal begitu mencapai Pantai Sanglen. Telepon genggam yang ada hanya dapat berguna ketika para pengunjung ingin mengabadikan moment kebersamaan yang tercipta di pantai ini.

Untuk apa melihat layar telepon genggam lagi, bila kamu dapat menikmati indahnya pemandangan pantai bersama orang-orang tersayangmu! Jangan lupa agendakan untuk berkembah di Pantai Sanglen ya, sampat jumpa!