6 bulan lalu · 114 view · 3 menit baca · Kesehatan 73748_85824.jpg
https://malekbio.blogspot.com/2016/11/karbohidrat-protein-lemak-dan-air.html

Zat Gizi yang Dibutuhkan Tubuh Dalam Jumlah Banyak

macam-macam zat gizi makro

Manusia sebagai makhluk hidup pasti membutuhkan makanan untuk berlangsungnya kehidupan. Makanan yang baik adalah makanan yang mengandung zat-zat gizi atau unsur ikatan kimia yang dapat diubah menjadi zat gizi oleh tubuh dan berguna untuk tubuh. Zat gizi yang diperlukan oleh tubuh dalam jumlah banyak disebut dengan zat gizi makro

Istilah makro berasal dari bahasa Yunani yang berarti besar.  Zat gizi makro menjadi bahan dasar yang dijadikan tubuh untuk menghasilkan energi. Energi ini, akan digunakan untuk melakukan kegiatan di luar tubuh, maupun proses biologi tubuh yang memerlukan energi.

Secara umum, fungsi dari zat gizi makro adalah :

1. Menjadi sumber energi utama (karbohidrat),cadangan energi (lemak), dan zat pembangun tubuh (protein)

2. Mengatur dan menjaga suhu tubuh tetap normal

3. Menjaga jumlah sel di dalam tubuh

4. Membangun otot


5. Membangun dan memperbaiki jaringan yang rusak

Ada tiga kelas dasar dari gizi makro,yaitu protein,karbohidrat, dan lemak :

1. Protein

10 Makanan Lezat yang Mengandung Protein Tinggi


Protein berasal dari kata Yunani proteos,yang berarti yang utama atau yang didahulukan. Protein adalah bagian dari semua sel hidup dan merupakan bagian terbesar tubuh sesudah air. Protein ini merupakan konstituen utama penyusun tubuh mulai dari jaringan kulit, jaringan syaraf, tendon, otot, rambut, dan darah. Protein adalah sel penyusun tubuh yang eksis menyusun semua sel hidup.

 Oleh karena protein itu merupakan konsriruen utama enzim–enzim dan banyak hormon yang berfungsi untuk mengontrol fungsi tubuh. Maka dari itu protein dibutuhkan dalam jumlah yang besar yang berfungsi sebgai pertumbuhan dan pemeliharaan,mengatur keseimbangan air di dalam tubuh,sumber energi, dan pembentukan antibodi.Antibodi adalah sejenis protein berukuran kecil yang beredar di aliran darah, dan termasuk sebagai bagian dari sistem imunitas atau kekebalan tubuh. Antibodi dibuat oleh sel darah putih sebagai respons untuk membantu tubuh melawan bakteri, virus, dan racun, serta menjaga tubuh dari berbagai penyakit dan infeksi.

 Sumber protein dibagi menjadi dua jenis yaitu sumber protein nabati dan sumber protein hewani. Protein nabati merupakan asupan nutrisi protein yang berasal dari tumbuh-tumbuhan seperti almond,bayam,tempe,tahu,brokoli, dan kentang. Sedangkan protein hewani merupakan asupan nutrisi protein yang berasal dari hewan atau produk olahannya seperti telur,susu,unggas,ikan, dan daging-dagingan merah seperti daging sapi.


2. Karbohidrat

Hasil gambar untuk makanan yang mengandung karbohidrat

Karbohidrat adalah sumber energi utama bagi manusia dan hewan. Karbohidrat memegang peranan penting dalam alam karena merupakan sumber energi utama bagi manusia dan hewan yang harganya relatif murah .Karbohidrat secara umum dapat anda temukan dalam dua bentuk yaitu tepung dan gula. Tepung ditemukan di makanan seperti beras, pasta, roti, kentang, kacang-kacangan, dan padi-padian. 

Gula dapat ditemukan di makanan seperti coklat, permen atau kue. Karbohidrat untuk makanan sehat seharusnya lebih mengandung tepung dibandingkan mengandung gula. Fungsi karbohidrat adalah sebagai sumber energi utama bagi tubuh. 

Energi tersebut dibutuhkan mulai dari bernapas hingga aktivitas tubuh yang lebih intens, seperti berlari.Karbohidrat juga berfungsi sebagai penghemat protein karena bila karbohidrat makanan tidak mencukupi,maka protein akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan energi,dengan mengalahkan fungsi utamanya sebagai zat pembangun. 

Untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat karena karbohidrat dibutuhkan tubuh dalam jumlah besar kita bisa mendapatkan sumber karbohidrat dari padi-padian atau serealia,umbi-umbian,kacang-kacang kering, dan gula.

3. Lemak

Hasil gambar untuk makanan sumber lemak


Seperti halnya karbohidrat dan protein, lemak juga merupakan sumber energi bagi tubuh manusia. Lemak juga berfungsi sebagai sumber energi cadangan dalam tubuh,pemelihara suhu tubuh,pelindung organ tubuh, dan menghemat protein. Selain protein dan karbohidrat, lemak juga dibutuhkan tubuh dalam jumlah besar. Sumber utama lemak adalah minyak dan tumbuh-tumbuhan (minyak kelapa,kelapa sawit,kacang tanah,kedelai, dan jagung), margarin,mentega,dan lemak hewan (lemak daging dan ayam).

Ada dua jenis lemak,yaitu lemak jahat dan lemak baik atau jenuh.Lemak jahat datang dalam bentuk lemak jenuh dan lemak trans. Kedua lemak jahat membuat tubuh kita memproduksi kolesterol lebih buruk, dan mereka juga dapat mengurangi kolesterol baik. Kedua lemak jahat dapat meningkatkan risiko penyakit jantung di kemudian hari. 

Sedangkan lemak baik atau jenuh membantu menjaga arteri tetap bersih.Lemak ini membantu kita menghasilkan kolesterol baik dan bergerak di sekitar tubuh, yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Dan lemak tak jenuh mengurangi kolesterol jahat, yang bisa menyebabkan masalah jantung.Cara mendapatkan lemak baik anda bisa memperoleh dari kacang-kacangan, biji-bijian,daging tanpa lemak, dan alpukat.

Zat gizi makro tersebut (protein,karbohidrat dan lemak) dibutuhkan dalam jumlah besar. Kita tidak boleh kekurangan zat gizi makro agar tubuh bisa menjalankan fungsinya, tetapi kita juga tidak boleh kelebihan zat gizi makro. Hal yang berlebihan tidak sesuai porsinya pasti akan membawa dampak buruk juga begi kesehatan tubuh kita. Untuk memenuhi zat gizi sesuai dengan kebutuhan tubuh, mari kita jaga pola makan kita dan makan beranekaragam makanan yang bergizi sesuai dengan pedoman gizi seimbang Indonesia.

Artikel Terkait