Kita pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya televisi. Kita dapat menonton banyak hal, apakah berita, acara olahraga, dan acara hiburan lainya. Tentu saja fungsi TV dapat memberi manfaat bagi kita yang ingin menambah wawasan, mengetahui berita terbaru atau hanya sekadar mencari hiburan.

Di Indonesia, kita memiliki beberapa saluran nasional yang dapat ditonton oleh seluruh rakyat Indonesia. Tetapi ada juga channel yang tidak bisa ditonton oleh seluruh rakyat Indonesia. Biasanya ini merupakan saluran khusus suatu daerah saja yang mungkin masih bisa kita akses melalui internet.

Saluran-saluran tersebut mengalami beberapa perubahan dari segi tampilan hingga tayangannya. Beberapa channel lebih fokus pada berita. Ada juga yang acara-acaranya lebih menargetkan penonton yang masih remaja, dan ada juga yang mencakup semua aspek tersebut.

Karena zaman semakin lama semakin maju dan tentu saja membawa perubahan, maka pertelevisian di Indonesia pun mengalami perubahan. Jika dibandingkan dengan beberapa tahun yang lalu, tayangan-tayangan sekarang lebih terbuka pada budaya luar. 

Perubahan akan berdampak pada para penonton tayangan tersebut, teutama bagi anak kecil dan remaja jika tidak diawasi. Perubahan ini tentu memiliki dampak positif dan negatif yang dapat mempengaruhi siapa saja, dan juga cara berpikir atau berprilaku kita. 

Perubahan mungkin sesuatu yang kita takutkan atau tidak kita inginkan, tetapi hal tersebut harus kita jalani walaupun tidak sesuai kemauan kita.

Di Indonesia, karena adanya pengaruh budaya modern yang mempengaruhi tayangan-tayangan tersebut, kita dapat lebih mudah untuk menerima atau menikmati tayangan tersebut karena lebih asyik dan lebih mudah dicerna, terutama bagi kalangan remaja yang kebanyakan mengikuti kebudayaan modern tersebut yang biasanya itu budaya barat atau yang disebut western.

Dampak negatif tentu saja tidak bisa dihindarkan dari yang namanya perubahan. Contoh dari dampak tersebut adalah rusakanya sikap dan perilaku penonton karena kebanyakan tayangan yang ditayangkan sekarang tidak bermutu, berbobot, dan juga mengajarkan hal-hal yang tidak benar atau tidak mendidik dan tentunya akan berdampak pada generasi muda bangsa kita nanti.

Bukan hanya itu saja, berita yang dimuat di televisi itu belum tentu benar sehingga jangan mudah dipercaya. Sebagaimana terkenalnya suatu sumber berita, belum tentu semua yang dikatakan itu benar atau yang biasa dikatakan hoax dan fake news. Tetapi bukan berarti kita harus menolak atau tidak mempercayai berita tersebut tetapi kita harus menganalisa agar tidak tertipu.

Sekarang televisi bukanlah satu-satunya sumber menambah wawasan, mencari berita, dan hiburan. Karena zaman sudah semakin modern, kebanyakan masyarakat tidak lagi menonton televisi melainkan menonton dari internet. Mengapa demikian? Karena dengan menonton dari smartphone kita, tontonan kita tidak terbatas seperti yang dijadwalkan oleh stasiun televisi tersebut.

Melainkan kita dapat menonton apa saja yang kita mau dan dapat dilakukan di mana saja, apalagi dengan semakin berkembangnya internet di daerah-daerah terpencil. Selain itu, kita memiliki banyak versi dari apa yang ingin kita tonton seperti contohnya jika kita mencari cara memasak sesuatu, pasti akan muncul berbagai macam resep dan cara membuat.

Kita juga dapat dengan mudah memilih dan menyaring apa tontonan yang kita inginkan. Seperti contohnya saya lebih suka menonton tayangan yang menayangkan tentang game atau masakan yang ketika dicari di televisi Indonesia sulit ditemukan yang berhubungan dengan tema atau topik tersebut sehingga membuat saya lebih memilih menonton di internet (YouTube)

Dan juga dari pengalaman saya, menonton dari internet itu lebih menambah pengetahuan karena tontonan kita tidak hanya kebudayaan Indonesia maupun Bahasa Indonesia saja yang membuat kita dapat mempelajari hal baru yang mungkin sedikit ditayangkan oleh channel-channel televisi di Indonesia atau mungkin tidak ada yang menayangkan sama sekali.

Internet tentu juga memiliki kelemahan, seperti yang paling berbeda adalah membutuhkan biaya yang cukup mahal. Jika hanya menonton untuk sebentar saja, tentu saja tidak akan mahal harganya. Tetapi jika digunakan untuk waktu yang cukup lama, akan memakan biaya yang mahal, kecuali kita menggunakan paket internet yang tidak terbatas atau yang disebut unlimited

Dengan demikian, bukan berati kita tidak perlu menonton tayangan-tayangan di televisi Indonesia tersebut karena sebenarnya, baik internet maupun televisi, memiliki kekurangan dan kelebihan yang sama dan seimbang, tetapi tergantung oleh keinginan dan minat kita tentang apa yang kita lebih sukai untuk ditonton dan setiap orang memiliki minat yang berbeda.