Fiksi adalah sebuah genre hiburan berisi tentang imajinasi bebas seseorang yang dituangkan ke dalam sebuah karya berupa tulisan atau film. Sebuah karya fiksi tidak harus selalu sejalan dengan kehidupan di dunia nyata sehingga segala hal yang diinginkan bisa saja terjadi.

Karya fiksi memiliki latar cerita tersendiri yang biasa kita kenal dengan dunia fiksi atau fictional universe. Masing-masing karya fiksi memiliki dunia fiksi nya tersendiri dan juga memiliki hal-hal tertentu yang membuatnya berbeda dari yang ada di dunia nyata. Seperti contohnya sihir atau perjalanan waktu. 

Di sini saya akan membahas perihal penyakit-penyakit yang terdapat dalam dunia fiksi. 

1. Hanahakibyou (Flower Spitting Disease)

Hanahaki Byou atau yang lebih dikenal dengan nama Hanahaki Disease adalah sebuah penyakit fiksi mematikan di mana pengidapnya akan terbatuk dan akan memuntahkan kelopak-kelopak bunga yang tumbuh di dalam paru-paru pengidapnya. Penyakit ini disebabkan karena penderitanya mengalami unrequited love atau one-sided love.

Bunga yang tumbuh dalam paru-paru penderitanya mulai muncul di saat penderitanya pertama kali menaruh rasa pada seseorang yang disukainya, kemudian bunga tersebut akan terus tumbuh subur dan jika tidak segera ditangani akan menutup jalan pernapasan. Tidak ada waktu pasti penyakit ini akan berakhir kecuali orang yang disukai si penderita membalas perasaannya.

Penyakit ini sebenarnya juga bisa ditangani dengan cara mengangkat bunga-bunga yang ada di dalam paru-paru si penderita melalui operasi tetapi risikonya setelah operasi penderita tidak akan lagi merasakan rasa cinta kepada orang yang disukainya, rasa cintanya akan ikut hilang bersama dengan hilangnya bunga-bunga tersebut.

Bunga-bunga yang tumbuh dalam paru-paru si penderita bisa beragam sesuai dengan bunga favorit atau warna favorit dari orang yang disukai.

Di beberapa versi karya fiksi, bunga yang tumbuh juga bisa berdasarkan arti yang berkaitan dengan mood dari si penderita, seperti ketika ia sedang merindukan orang yang disukainya bunga yang akan tumbuh adalah bunga Pink Camellia yang berarti kerinduan.

Salah satu jenis bunga yang sangat berbahaya bagi penderita penyakit ini adalah bunga mawar merah karena duri-duri tajam dari mawar akan menyakiti paru-paru si penderita, bahkan bisa sampai memuntahkan darah.

2. Hoshinamidabyou (Star Tears Disease)

Penyakit yang satu ini penyebabnya juga sama seperti Hanahaki di atas, di mana penderita mengalami cinta sepihak sehingga ia akan meneteskan air mata sewarna bintang dan ketika tetes air mata tersebut jatuh mengenai benda solid maka akan terdengar seperti suara pecahan kristal.

Penyakit ini juga sama, hanya bisa disembuhkan ketika orang yang disukai si penderita membalas perasaan sukanya, jika tidak si penderita akan menjadi buta. 

3. Bouaishoukougun (Forgotten Love Syndrome)

Sebuah sindrom yang disebabkan karena cinta tak berbalas yang menyebabkan si penderita melupakan orang yang dicintainya. Si penderita akan melupakan seluruh kenangan dan memori yang telah dilalui bersama orang yang dicintainya.

Penyakit ini tidak bisa disembuhkan dan memori kebersamaan mereka hanya bisa kembali jika orang yang dicintai si penderita telah mati.

4. Hanasakibyou (Flowers Bloom Disease)

Penyakit ini membuat penderitanya sangat kesulitan karena ditubuhnya bisa tiba-tiba muncul bunga entah itu di tangan, mata, ataupun mulut. Penyebab penyakit ini dan cara penyembuhannya tidak ada yang mengetahui karena itu pengarang karya fiksi belum banyak yang membuat kisah dengan penyakit ini.

5. Shinshoubyou (Hurting Heart Sickness)

Ditubuh penderita penyakit ini bisa terlihat jelas luka-luka yang timbul karena penderitanya mengalami trauma emosional sesuai dengan jenis trauma nya seperti stress bruises, jealousy, dan trauma lainnya. Luka ini bisa disembuhkan seiring dengan trauma si penderita yang hilang, tetapi hanya berlaku sementara, jika trauma nya kembali maka luka-luka nya juga akan ikut kembali.

6. Barabyou (Rose Disease)

Bunga Mawar akan tumbuh di dalam tubuh penderita penyakit ini. Jantung dan otak penderita menjadi nutrisi bagi si mawar untuk tumbuh, sedangkan darah penderita akan menjadi kelopak-kelopak mawar dan puncaknya, bunga mawar tersebut akan mekar di dada si penderita.

Gejala yang akan dirasakan oleh penderita penyakit ini adalah rasa sakit yang teramat sangat pada kepala dan jantungnya. Adapun penyebab dari penyakit ini bisa hadir belum ditemukan, begitu juga dengan cara penyembuhannya.

7. Hanaikibyou (Flower's Breath Disease)

Ada dua jenis penderita penyakit ini, yang pertama nafas nya akan berbau harum seperti harum bunga dan yang kedua ketika si penderita bernafas, nafas nya akan berubah menjadi sebuah bunga.

Keharuman bunga yang akan tercium dari nafas si penderita tergantung dari seberapa parah kasus yang diderita. Di beberapa kasus nafas penderita hanya akan tercium sedikit harum bunga dan ada sedikit kelopak bunga yang keluar, dan jika kasusnya parah saat si penderita bernafas akan menjadi sebuah bunga.

Penyebab dari penyakit ini adalah karena si penderita yang tengah menyukai seseorang untuk pertama kalinya dan penyakit ini akan hilang dengan sendirinya ketika si penderita confess kepada orang yang disukainya, entah pengakuan itu diterima atau tidak.

...

Nah, itulah beberapa penyakit yang terdapat dalam dunia fiksi. Sebagian besar dari penyakit-penyakit tersebut memang disebabkan karena cinta sepihak dan perasaan yang tidak terbalas, sebagian lainnya tidak diketahui mengapa bisa ada.

Memang aneh dan lumayan mengerikan jika penyakit-penyakit di atas benar-benar ada di dunia nyata, tetapi tenang itu semua hanya fiksi dan hanya kemungkinan kecil bisa terjadi di dunia nyata.

Sebenarnya masih ada banyak penyakit-penyakit lainnya tetapi di sini saya hanya membahas yang popular dan yang sudah lumayan banyak dikenal di dunia per-fiksian. Karya-karya fiksi yang menceritakan penyakit-penyakit fiksi di atas bisa kamu temukan di berbagai platform baca gratis seperti Ao3 atau Wattpad. Enjoy~