Hubungan Internasional merupakan jurusan yang luas dan tergolong cukup baru. Jurusan ini sendiri cukup luas dan mencakup banyak hal, seperti Hukum, Ekonomi, Sejarah Bahasa dan lain sebagainya. Alasan mahasiswa mengambil jurusan ini sangat bermacam-macam. 

Bagi yang masih bimbang dengan minat jurusan, Hubungan Internasional bisa menjadi pilihan yang menguntungkan dikarenakan jurusan ini mencakup hal yang luas dan mendasar.

Apa itu Hubungan Internasional?

Hubungan Internasional adalah ilmu yang mempelajari hubungan antarnegara, termasuk peran sejumlah negara.  

Hubungan Internasional merupakan sebuah akademik atau kebijakan publik dan dapat bersifat positif juga normatif. Karena keduanya berusaha menganalisis dan merumuskan kebijakan luar negeri dari negara-negara tertentu.

Hubungan Internasional banyak diminati gen z. Karena terlihat edgy dan keren, namun hal ini menjadikan sebuah alasan yang kurang dipikir matang-matang. Di Hubungan Internasional sendiri tidak seperti yang dibayangkan oleh kebanyakan kawula muda yang masuk dengan alasan tersebut. 

Yang berakhir dengan kebingungan dan kesadaran akan salah jurusan, lalu belajar apa saja di Hubungan Internasional?

Hubungan Internasional mencakup isu yang luas, termasuk globalisasi, kedaulatan negara, keamanan internasional, kelestarian lingkungan, nasionalisme, ekonomi, keuangan global, terorisme, kejahatan terorganisasi, keamanan manusia, intervensionisme asing, dan hak asasi manusia. 

Cukup luas dan menjangkau berbagai aspek. Namun itu semua hanya permukaan saja, sehingga butuh bidang yang harus ditekuni di Hubungan Internasional. Aspek ini menjerumus kepada orang yang masih bingung terhadap passion jurusan dan minat mahasiswa.

Untuk aspek bahasa dalam Hubungan Internasional cukup banyak yang dipelajari, seperti mandarin, Perancis, inggris dan lain sebagainya.

Namun yang utama adalah bahasa inggris, minimal bisa atau paham bahasa inggris. Karena apabila tidak paham berbahasa inggris kita akan kesulitan dalam mempelajarinya. Pada umumnya buku-buku dan sumber dari mata kuliah Hubungan Internasional berbasis dengan bahasa inggris.

Aspek kerja dan peluang karier?

Banyak orang bilang masuk Hubungan pasti akan susah mencari pekerjaan. Namun justru sebaliknya, di sini kita belajar tentang banyak hal yang akan kita butuhkan di dunia kerja. Umumnya masuk Hubungan Internasional mengincar untuk menjadikannya sebagai diplomat serta keinginan untuk kerja di luar negeri. 

Namun seiring waktu kita masuk Hubungan Internasional, kita akan lebih membuka pandangan dan akal pikiran otak yang menjadikan berwawasan yang luas. Juga bermanfaat pada kehidupan kita seusai belajar ilmu Hubungan Internasional.

Sangat memungkinkan untuk kerja di luar negeri. Bukan hanya menjadi diplomat dan kedutaan negara, melainkan banyak aspek yang bisa mendukung untuk pekerjaan yang lebih luas di luar negeri. Karena kemampuan yang kita dapati dari pembelajaran mata kuliah Hubungan Internasional.

Relasi yang kita dapatkan tidak hanya di lingkungan sekitar. Relasi dengan orang luar negeri sangat banyak untuk ditemukan yang mempermudah link untuk pekerjaan. Itu sebabnya dilirik orang-orang karena terlihat menarik untuk bekerja sama dan komunikasi pada orang luar negeri. 

Komunikasi tidak jauh dengan masalah. Sama dengan Hubungan Internasional yang tidak jauh dari konflik-konflik yang ada, konflik antar hubungan negara dan negara lainnya juga konflik antar individu. Sehingga kita bisa mengatasi dan menangani konflik-konflik yang ada di dunia pekerjaan.

Penanganan konflik yang diambil dari ilmu berdiplomasi bisa diterapkan juga di hubungan konflik antar apapun. Contohnya orang yang mewakilkan perusahaan untuk mengatasi konflik masalah. Karena kebanyakan orang setelah lulus Hubungan Internasional tidak sesuai dengan mata kuliah jurusan yang dipelajari.

Berat atau ringan menjalani tugas di Hubungan Internasional?

Untuk semester-semester awal terbilang cukup ringan. Dikarenakan banyaknya aspek yang dipelajari dan tidak hanya fokus dalam satu bidang. Namun lama-lama kita akan diberikan banyak tugas untuk mendukung perkembangan mahasiswa dalam mencari passion atau bidangnya. 

Tugas dari mata kuliah itu sendiri umumnya berbentuk paper, kita harus belajar tata bahasa sastra Indonesia yang baik dan benar. Kemahiran dalam bermain atau menjalankan Microsoft office seperti word, power point akan sangat berguna untuk mendukung pengerjaan tugas.

Dalam Hubungan Internasional sangat jarang ditemui atau bahkan tidak ada mata kuliah terkait dengan matematika. Jadi untuk mahasiswa yang tidak suka menghitung, Hubungan Internasional bisa menjadi pilihan yang sangat tepat. Karena kita harus mendalami apa kelebihan kita untuk menutup kekurangan kita.

Kesimpulannya dari semua ini, untuk masuk dalam Hubungan Internasional kita harus paham betul apa yang kita pelajari dan tujuan kita mengambil Hubungan Internasional itu sendiri untuk apa. khususnya orang yang tidak suka menghitung dan masih bingung passion atau bidang kita. 

Pilihan jurusan Hubungan Internasional ini cukup menjanjikan karena pembelajarannya yang cukup luas. Sebagai lulusan jurusan Hubungan Internasional, kita memiliki peluang besar berkontribusi untuk negara serta bisa terjun ke dunia politik dan membawa perubahan yang lebih baik bagi Indonesia.