Paralegal/Pen. Desa
2 bulan lalu · 145 view · 3 menit baca · Perempuan 56939_90106.jpg
Dokumentasi Penulis

Semangat Women Empowerment Dalam Program Kolaborasi

Kerjasama APP Sinar Mas dan Martha Tilaar Group


Berada dalam satu organisasi Internasional UN Global Compact, di Indonesia adalah Indonesia Global Compact Network (IGCN), APP Sinar Mas dan Martha Tilaar Group (MTG), bermitra dalam pengembangan program Corporate Social Responsibility (CSR). Kerjasama antara perusahaan bertujuan meningkatkan kinerja serta eksistensi perusahaan. IGCN dibawah naugan organisasi internasional, kinerjanya praktis diawasi langsung oleh PBB.

Perpaduan program CSR ini berfokus pada komitmen yang ditandatangani di forum UN Global Compact lalu. Melaksanakan prinsip-prinsip usaha yang berkelanjutan (sustainability), kepada seribu perempuan. Dalam jangka waktu 2 tahun, dengan target wilayah sekitar perusahaan APP Sinar Mas di Jambi, Palembang, Riau, Kaltim dan Kalsel.

APP Sinar Mas sebagai produsen kertas, memiliki program Desa Makmur Peduli Api (DMPA). Program telah diterapkan sejak empat tahun terakhir, dengan niat awal melestarikan lingkungan dalam pemanfaatan lahan persawahan dan hutan tanpa bakar.

Kesini masyarakat diarahkan sejahtera secara sosial ekonomi. Dari sisi DMPA terlihat pemberdayaan antara laki-laki dan perempuan belum seimbang. Padahal dari segi demografi lebih banyak perempuan, artinya peran mereka juga harus dikembangkan.

Pada program Women Empowerment rilisan PT. Martindo Betro (MTG), tentunya memiliki banyak pengalaman yang diakui dalam hal pembangunan berkelanjutan. Khususnya dalam memberdayakan kaum perempuan diberbagai bidang seperti terapis professional dan wirausahawan. 

Tak ketinggalan juga dalam menciptakan lahan hijau tanaman obat, kosmetik dan aromatik khas Indonesia. Komitmen MTG tersebut tidak diragukan lagi dan paput diacungi jempol.

Persamaan visi dan misi kedua perusahaan melatarbelakangi terjalinnya kerjasama. Dengan mengusung ‘Women Empowerment’ sebagai program kolaborasi APP Sinar Mas dan Marta Tilaar Group. Sasarannya memberdayakan perempuan yang berada diareal-areal konsesi. Memberi pengatahuan, pendidikan dan pelatihan serta alternatif mata pencaharian berkelanjutan. Pelatihan ini mulai dilaksanakan pada bulan Januari 2019, di Jambi.

Setelah Jambi, kini bagiannya Palembang, ialah masyarakat desa area operasional pabrik APP Sinar Mas di Kecamatan Air Sugihan Kabupaten OKI. Kegiatan dihelat disalah satu desa binaan perusahaan PT. OKI Pulp & Paper dan PT. BAP, tepatnya di desa Simpang Heran. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, pada tanggal 19-21 Maret 2019.

Penerapan hidup sehat dengan menggolah tanaman herbal dan Beauty class, menjadi materi utama. Dengan rangkaian acara dipandu langsung oleh tim MTG Jakarta dan cabang Palembang. 

Dari kantor pusat Jakarta dihadiri Ibu Rani (CIKOM CSR), dari Kampoeng Djamoe Organik (KADO) ialah Heru Wardana (Head Of KADO), Dedi Sofiandi (Survivor Kebun), Agus Suryanto (Survivor Kuliner) dan Marissa Latuihmallo (Pengajar & Professional Makeup).

 

Menurut Bpk Heru Wardana, mengenai program Women Empowerment “intinya bagaimana memberdayakan masyarakat dipedesaan, dalam rangka merawat kesehatan dan kecantikan secara alami. Tidak hanya menjaga bagaimana agar masyarakat tidak rentan penyakit namun juga merawat kecantikan juga bisa mandiri”.

Beliau menambahkan, “MTG memiliki program beasiswa bagi perempuan yang ingin memiliki keahlian terapis, semua kebutuhan akan ditanggung MTG, tempat pendidikan ialah kantor pusat di Cikarang. Setelah selesai pendidikan diangkat menjadi karyawan, bahkan juga ada yang telah membuka usaha sendiri, berpraktik ditempat asalnya”.

Kegiatan hari pertama dan kedua diadakan dibalai pertemuan desa. Mengulas tuntas mengenai pemanfaatan tanaman herbal yang mudah ditemui dipekarangan rumah. Meramu jamu dengan inovasi yang lebih banyak mengandung manfaat bagi tubuh, hingga membuat olahan cemilan sehat dengan campuran rempah-rempah berkhasiat herbal.

Dituntun pakar jamu tradisional Bpk Dedi Sofiandi, mendemokan beberapa racikan minuman kepada 50 peserta perempuan. Salah satunya adalah Lemon Grass Tea, bahan campurannya seperti sereh, jahe dan tambahan lainnya, minuman ini berkhasiat menyegarkan tubuh dan sebagai detok alami.

 

Yang tak kalah menarik perhatian ibu-ibu dan para gadis dari perwakilan masing-masing desa, dihari ke dua, pengolahan makanan dengan bahan mudah dan enak. Diarahkan Chef Agus Suryanto, salah satu makananya ialah Butter Bowln, cemilan dari daging ayam, daun mengkudu, dan bahan lainya, yang juga mengandung khasiat herbal.

Hari ke tiga sesi  beauty class, ditempatkan diruang kelas SMAN 2 Air Sugihan. Tutorial makeup oleh Marissa Latuihmallo (Jakarta) dan empat Beauty Consultant Sariayu Martha Tilaar (Palembang), siap merubah kurang lebih 100 perempuan, untuk tampil cantik alami. Sesi ini dibagi dua, pertama untuk umum dan kedua untuk siswi SMA setempat.



Dengan produk makeup yang simpel menciptakan riasan natural, tepat digunakan untuk tampil sehari-hari. Ibu Neti, istri Camat Air Sugihan juga turut hadir meramaikan kegiatan. Tidak ketinggalan, bingkisan kosmetik serta sertifikat kegiatan juga diberikan untuk peserta.


Sebagai makeup artis profesional menurut Marissa “pilarnya MTG Women Empowerment itu bagus banget, selain meng-connect pengusaha baru khususnya perempuan, ibu-ibu juga bisa membangun ekonomi  keluarga”. Dengan kemampuan dari program beasiswa dan pelatihan secara umum, keterampilan dibidang kecantikan dan pengolahan bahan pangan herbal yang bisa dimanfaatkan.



Hadir dari kantor pusat APP Sinar Mas, Ibu Luluk Andriani (Senior Sustainsibility Specialis), menyampaikan, sebagai pemenuhan kebijakan konservasi hutan untuk aspek sosial pengembangan masyarakat. Dari sisi keberlanjutan perusahan ditentukan dengan kesejahteraan  masyarakat, tidak hanya customer, pemilik saham dan lainnya, tapi juga ingin memberikan nilai lebih untuk masyarakat melalui program dari perusahaan.


Artikel Terkait