Desa Wisata Pujon Kidul merupakan desa wisata sebagai sarana edukatif bagi masyarakat. Ada berbagai kegiatan yang dapat dilakukan wisatawan, seperti berkunjung ke tempat wisata The Roudh 78 yang terkenal di desa tersebut. 

Wisatawan juga dapat belajar memetik sayur, pengolahan susu, wahana outbond, berkunjung ke air terjun sumber pitu, berkunjung ke kafe sawah, dan tempat wisata alam lainnya. Desa Wisata Pujon Kidul adalah salah satu desa wisata yang terletak di Desa Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur. 

Desa Wisata Pujon Kidul dikelilingi oleh perbukitan yang menjadikan udara di desa ini cukup sejuk da. Banyak sawah warga yang tampak hijau sehingga banyak spot untuk berfoto. 

Akses jalan menuju desa wisata tersebut bisa dilewati oleh transportasi, seperti bus, kendaraan roda empat, dan kendaraan roda dua. Rute menuju Desa Wisata Pujon Kidul yang bisa Anda gunakan dan estimasi lama perjalanan yang harus Anda tempuh dapat melalui Jalan Ir. Soekarno dengan jarak tempuh sekitar 38,4 Km. Waktu yang diperlukan sekitar 1 jam 30 menit. 

Anda juga bisa melalui Jalan Raya Lawang – Malang dengan jarak tempuh sekitar 36,6 Km. Waktu tempuh sekitar 1 jam 37 menit. Selain itu, Anda juga bisa melalui Jalan Trunojoyo dengan jarak tempuh 36,6 Km. Waktu yang diperlukan sekitar 1 jam 25 menit.

Selama perjalanan, para wisatawan akan melewati jalan yang dikelilingi oleh pegunungan yang berliku dan memiliki pemandangan yang indah. Anda akan melalui rute sedikit terjal dengan naik turunan yang lumayan tinggi, namun sudah tidak curam. 

Mungkin ada jalan yang berlubang namun sudah ada perbaikan sehingga saat ini Anda dapat menuju lokasi dengan lebih nyaman dan aman. Setelah memasuki Desa Wisata Pujon Kidul, wisatawan harus melalui area perkampungan warga dengan jalan yang tidak begitu lebar.

Tempat wisata The Roudh 78 terletak di Dusun Krajan, Desa Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Untuk menuju tempat wisata The Roudh 78, Anda bisa berjalan ke gang kecil bernama Gang Beringin yang berada di kanan jalan, kemudian lurus melewati rumah warga lalu belok kanan, dan kemudian belok kiri. Anda akan menemui area persawahan dan melalui jalan makadam. Kemudian berjalan 300 meter, Anda akan menemukan tempat wisata The Roudh 78. 

Tempat wisata tersebut berdekatan dengan kafe Sawah. Apabila Anda tidak mengetahui jalan untuk menuju tempat wisata tersebut, Anda dapat bertanya kepada warga sekitar. Mereka akan dengan senang hati memberitahu jalan yang benar pada Anda.

Apabila Anda ingin berkunjung ke tempat wisata The Roudh 78, disarankan menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat karena lokasi tersebut berada di sekitar pemukiman warga dengan jalan yang tidak begitu lebar. Apabila wisatawan menginap di homestay rumah warga yang dekat dengan tempat wisata The Roudh 78, wisatawan pun dapat menuju lokasi dengan berjalan kaki.

Tempat wisata The Roudh 78 merupakan kafe yang mempunyai konsep equestarian dengan menawarkan berbagai kegiatan fisik yang seru, seperti kegiatan offroad dengan jeep tempur yang sudah disediakan. 

Wisatawan akan diajak berkeliling Desa Wisata Pujon Kidul hingga menyusuri perkebunan, peternakan, dan persawahan yang ada di sana. Tempat wisata tersebut menyediakan spot foto yang menarik seperti menara pandang, jembatan, papan nama, gazebo, taman labirin, dan lain sebagainya.

Di tempat wisata tersebut, wisatawan juga dapat bermain paint ball, trail adventure, bersepeda, dan wahana berkuda. Wisatawan dapat bermain paintball dan seolah-olah sedang melakukan perang melawan musuh. Paint ball tidak berbahaya karena pelurunya terbuat dari cat.

Tempat wisata ini juga memiliki wahana air, yaitu bola air dan sepeda air. Tersedia bola plastik raksasa, pengunjung harus berada di dalam bola tersebut. Kemudian bola mengapung di atas air.

Sedangkan sepeda air, cukup naik sepeda air yang tersedia. Kamu bisa naik sepeda air bersama anak kecil di sampingmu. Pasti anak-anak sangat senang bisa menikmati serunya naik sepeda yang mengapung di atas air.

Wisatawan juga dapat mencoba wahana berkuda. Di sana juga disediakan penyewaan busana koboy dan kuda yang bisa ditunggangi.

Tempat wisata The Roudh 78 mempunyai potensi yang besar sebagai wisata edukatif dan wisata alam yang menjadi ciri khas destinasi wisata di Desa Wisata Pujon Kidul. Tempat wisata tersebut juga memiliki aksesibilitas yang baik sehingga wisatawan dapat menuju lokasi dengan lebih nyaman dan aman. Dan memiliki daya tarik wisata yang unik sehingga dapat menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke wisata The Roudh 78.