Orang-orang sering berkata, “Hidup itu seperti roda yang berputar : Kadang kita di atas, kadang kita di bawah.” Kalimat bermakna itu diutarakan supaya kita selalu mawas diri. Jangan takabur ketika hal-hal baik sedang terjadi di hidup kita karena kita tidak mengetahui suatu saat akan mengalami kegagalan atau kesusahan lagi.

Ketika harapan kita tidak sesuai dengan kenyataan, saat itulah kita merasakan bahwa salah satu penyebab utama dari hilangnya sebuah harapan yaitu mempercayakan kehidupan kepada manusia dan kurangnya bersyukur kepada Pencipta-Nya.

Terlepas dari apapun yang sedang dihadapi, cobalah untuk mengingat segala berkah dalam hidup kita sebelumnya. Dengan ini kita menjadi tahu diri bahwa semuanya mampu untuk diatasi. Bagi manusia, yang tampaknya mustahil pada kenyataannya sebetulnya mungkin untuk dilakukan jika Allah sudah berkehendak.

Ada saatnya dalam hidup kita akan merasa kehilangan motivasi dan harapan. Itu terjadi pada semua orang, bahkan pada orang yang biasanya sangat optimis dan ceria. Banyak kejadian yang bisa menyebabkannya, misalnya: kehilangan, kegagalan, kekecewaan dan masih banyak lagi. Karena semua orang sangat bisa mengalaminya, namun perasaan ini tetap bisa disembuhkan.

Menghadapi kenyataan hidup ketika harapan tidak sesuai dengan kenyataan

Kalau bicarain nilai ujian atau IPK nih misalnya, di Akhir semester mungkin kita berharap nilai yang keluar bisa bagus dan tidak ada penurunan. Tetapi hasil terkadang tidak sesuai yang diharapkan bahkan jauh dari perkiraan. Saat itu mungkin takdir sedang tidak memihak kepada kita, tapi jangan putus asa dan tetap semangat karena masih ada semester selanjutnya untuk memperbaiki dan buktikan bahwa kita bisa!!

“Not all desired to be achieved, but with confidence and hard work everything will change for the better.” –ways

"Tidak semua ingin dicapai, tetapi dengan keyakinan dan kerja keras semuanya akan berubah menjadi lebih baik. “

Supaya seseorang yang kehilangan harapan menemukan lagi kehidupan yang cerah adalah dengan mencari jawaban hidup melalui kata-kata bijak yang banyak ditemukan di sosial media. Setidaknya cara sederhana ini dapat menjadi penenang sementara untuk menghadapi kenyataan hidup yang pahit. Teknologi sudah canggih, banyak sekali hiburan dan kata penyemangat yang bertebaran di sosial media untuk kembali membangkitkan semangat.

Contohnya kata berikut ini, buat aku sendiri bisa jadi semangat lagi kalau teringat kata-katanya.

"Selalu semangat dan ikhlas menghadapi hari ini karena mengeluh tidak akan memperbaiki keadaan kita."

"Belajarlah ikhlas dari hal-hal kecil, maka dengan demikian kamu akan terbiasa ikhlas saat melakukan hal besar. Dan lakukanlah satu kali hal besar dengan ikhlas sehingga kamu akan ikhlas saat melakukan hal kecil."

Untuk mengalihkan mimpi, bisa juga nih dengan mencoba mewujudkan mimpi lain yang lebih besar 

Raihlah mimpi yang baru! Mimpi yang baru bukan berarti berhenti mengusahakan mimpi yang tidak tercapai, namun sebuah impian untuk mengembalikan harapan yang hilang. Mimpi baru bisa menjadi pengalih perhatian sehingga fokus terhadap masalah itu dapat segera terobati dan ada hal yang diperjuangkan kembali untuk sampai di titik kesuksesan.

Sadarilah bahwa kebanyakan orang membuat diri mereka menderita hanya dengan memahami bahwa kondisi kehidupan mereka yang sekarang ini susah diterima. Jangan menjadi salah satu dari mereka. Lepaskan egomu.

Melepaskan tidak berarti kamu tidak peduli tentang sesuatu atau harapan itu lagi. Maksudnya dengan tujuan menyadari bahwa satu-satunya hal yang benar-benar bisa kamu kendalikan adalah dirimu di saat ini. Jangan menyiksa diri sendiri dengan berdiam diri. Harapan yang tidak sesuai kenyataan tidak akan pergi begitu saja dengan mudah sekali pun waktu berlalu. Kita harus mengubah itu semua tanpa perlu menunggu waktu untuk mengubah kenyataan hidup.

Kenyataan tak sesuai harapan adalah hal yang akan dialami oleh semua orang.

Mereka yang memiliki mimpi pasti akan mengalami hal-hal di mana keinginan tidak sesuai kenyataan, namun mereka yang terus bermimpi tanpa rasa takut tidak akan pernah kehilangan harapan karena mereka percaya bahwa harapan sungguh ada sekalipun masa kelam sedang tiba.

"Kita harus ikhlas melepaskan sesuatu yang bukan milik kita untuk mendapatkan sesuatu yang memang akan menjadi milik kita."

Jangan pernah kehilangan harapan dan kurangi juga berharap kepada orang lain. Bertindaklah untuk mengubah harapan yang tak sesuai kenyataan dan percayalah bahwa hidup itu indah. Ada saat di mana kehidupan jauh lebih baik.

Jika kamu ingin meraih masa depan terbaik, mulailah dari sekarang, jangan selalu menunda-nunda mimpi. Ketika kamu menunda artinya kamu sedang menyia-nyiakan kesempatan!

Kuncinya adalah membangun kebiasaan diri dari hal terkecil, dan memahami bahwa apa yang dilakukan dalam langkah-langkah kecil setiap hari, akan mengubah kepada kebahagiaan dan kesuksesan suatu saat.

Semangat ya! Enjoy your life!

Semoga kesuksesan dan kebahagiaan segera mendatangi kalian ^_^