Setiap waktu teknologi semakin mengalami perkembangan. Perkembangan tersebut menggiring manusia untuk bisa menyesuaikannya agar tidak tertinggal dengan arus perkembangan zaman. Perkembangan tersebut mempengaruhi segala sektor yang berkaitan dengan manusia itu sendiri.  

Hal ini selaras dengan sifat manusia modern yang mengedepankan efektivitas dan efisiensi waktu. Perkembangan teknologi pun mendorong manusia untuk menyesuaikan diri dengan arus teknologi dengan baik agar dalam perkembanganya tidak terjadi permasalahan. 

Kemajuan teknologi di lain sisi mampu memberikan dampak positif terhadap kemudahan manusia dalam menjalankan aktivitasnya namun dilain sisi juga tidak dapat dipungkiri bahwa kemajuan teknologi memberikan dampak negatif bagi mereka yang tak mampu menyesuaikan diri terhadap arus perkembangan teknologi. 

Salah contohnya adalah  Tata ruang pekerjaan yang menjadi lebih sempit sebab manusia modern lebih mementingkan aspek efektivitas dan efisiensi serta optimal dalam hasilnya. Oleh karena itu, sudah sepantasnya manusia mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni untuk mengarungi arus perkembangan teknologi yang semakin pesat. Mempersiapkan SDM yang mumpuni menjadi fokus program pemerintah untuk menguraikan permasalahan bangsa Indonesia.

Perkembanganya teknologi pun mempercepat arus informasi sehingga informasi lebih mudah untuk diakses oleh manusia. Sudah sepatutnya kita harus mampu menyesuaikan arus perkembangan teknologi dengan baik agar memberikan dampak positif terhadap kehidupan kita. Apalagi dalam kehidupan sehari hari, teknologi selalu berdampingan dengan kehidupan manusia.

Teknologi dalam Pendidikan

Sektor pendidikan menjadi salah satu sektor yang paling berdampak terhadap perkembangan teknologi. Pemerintah harus mampu merealisasikan Tujuan negara yang terdapat dalam UUD’45 "Mencerdaskan Kehidupan bangsa". Jangan sampai tujuan negara tersebut luput dari pantauan pemerintah. 

Pendidikan merupakan kegiatan transfer of value (Nilai) dan transfer of knowledge (Pengetahuan). Pendidikan merupakan aspek dalam kehidupan yang sangat berpengaruh terhadap aspek-aspek yang lain. Sudah sepatutnya pemerintah memberikan perhatian yang lebih terhadap pendidikan yang ada di bangsa ini. 

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) merupakan salah satu instansi yang memiliki peran sentral dalam memajukan bangsa ini lewat pendidikanyna. Kemendikbudristek pun melihat peluang penggunaan kemajuan teknologi untuk menunjang pendidikan. Hal ini terlihat dalam berbagai macam program seperti platform merdeka mengajar, penilaian yang bersifat komputerisasi, sampai asesmen  nasional berbasis komputer. 

Pentingnya pemanfaatan teknologi dalam mempercepat kemajuan di bidang pendidikan bukan sekedar wacana belaka. Program ini harus terus digencarkan agar mendapatkan hasil yang maksimal. Ada beberapa alasan kenapa teknologi harus diterapkan dalam dunia pendidikan

Pertama, Menambah inovasi  media pembelajaran

Media pembelajaran di Indonesia cenderung lebih tradisional dari pada negara-negara ASEAN yang lainya. Kegiatan belajar mengajar cenderung monoton karena hanya fokus pada materi yang terdapat pada buku saja. Namun dengan hadirnya teknologi dalam pendidikan maka media pembelajarn pun lebih bervariatif. Siswa bisa mengakses informasi ataupun materi lewat media Audio ataupun Video. 

Kedua, Materi pembelajaran lebih menarik

Sering kali menjumpai siswa-siswi yang malas-malasan dalam belajar karena terlalu banyaknya materi yang harus mereka pelajari. Selain itu juga kurang menariknya penyampaian materi menjadi penyebab rendahnya minat belajar siswa. Namun lewat pemanfaatan teknologi hal tersebut dapat diatasi secara perlahan.

Ketiga, Penyampaian materi tidak monoton

Penyampaian materi yang lazim digunakan biasanya lewat media ceramah. Hal ini salah satu yang menjadikan siswa menjadi minat belajarnya menjadi menurun. Adanya pemanfaatan teknologi sebenarnya sangat menguntungkan untuk pendidik ataupun siswa. 

Bagi pendidik, mereka dapat dengan mudah mengakses materi ataupun media pembelajaran sehingga mereka mampu menyampaikan materi dengan maksimal.

Bagi siswa, penggunaan media untuk menyampaikan materi dengan teknologi lebih menarik sehingga minat mereka untuk belajar semakin tinggi.

Keempat, Materi pembelajar tanpa batas. 

Perkembangan Teknologi dalam hal ini internet sangatlah memudahkan pendidik ataupun siswa dalam menggali materi pembelajaran. Awal mulanya mereka hanya menggali materi hanya lewat buku saja, sekarang mereka dapat dengan mudah mengakses informasi dengan mudah dan cepat, 

Penggunaan teknologi dalam pendidikan harus terus digencarkan untuk mempercepat perkembangan pendidikan bangsa Indonesia. Pendidik menjadi lebih terbantu dengan hadirnya program-program yang dibuat oleh kemendikbudristek. Hal ini sesuai dengan fakta dimana lebih dari 1,6 juta guru telah menggunakan platform merdeka mengajar yang membuka akses pada pengembangan diri lebih mandiri dan sesuai dengan kondisi.  

Konsistensi kemendikbudristek dalam mewujudkan pendidikan yang berbasis teknologi semoga menjadi angin segar bagi tenaga kependidikan serta kebijakan yang dibuat mampu mendorong perubahan bangsa ini ke arah yang lebih baik.

Kita juga perlu menyadari bahwa setiap kebijakan dan terobosan yang ada perlu di dampingi oleh budaya dan pengawalan yang mendukung. Peran serta kita sebagai masyarakat juga menjadi kunci keberhasilan setiap proses pembelajaran melalui teknologi semakin cepat dan tepat sasaran. Semoga pendidikan kita selalu dan tetap mengarah ke arah yang lebih baik