Ukhuwah atau persaudaraan merupakan hubungan sosial sesama umat muslim yang didasari oleh rasa cinta dan akidah dalam bentuk persahabatan, seperti suatu bangunan yang kokoh. Prinspnya sesuai dengan Al-Quran dan Hadist merupakan suatu bentuk persaudaraan karena Allah. 

Kewajiban umat Islam adalah menggiatkan dakwah supaya agama dapat berkembang lebih baik sehingga banyak pemeluk-pemeluknya. Proses dakwah Islam hakikatnya adalah proses penyampaian nilai-nilai yang terkandung dalam ajaran Islam

Hal ini bertujuan untuk mempengaruhi perilaku dan sikap dari masyarakat yang didakwahi. Dalam mewujudkannya, dalam sebuah organisasi perlu menjadi organisasi yang mandiri dan profesional. 

Cara-cara yang dapat ditempuh adalah dengan menerapkan metode dakwah yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW dengan memohon ridho Allah SWT. Selain itu, ada suatu cara yang sangat penting yang harus terlaksana dengan baik, yaitu dengan melaksanakan ukhuwah Islamiyah. 

Ukhuwah Islamiyah adalah hubungan sosial sesama umat muslim yang didasari oleh rasa cinta dan akidah dalam bentuk persahabatan. Ukhuwah Islamiyah adalah suatu model pergaulan antar manusia yang prinsipnya sudah didasari dalam Al-Quran dan al-Hadist, yaitu suatu wujud persaudaraan karena Allah. 

Melalui rahmat-Nya mulai tumbuh rasa saling mencintai antar sesama sehingga manusia merasa saling membutuhkan, sehingga terwujud persaudaraan. Ibaratnya seperti bangunan yang kokoh, kemerdekaan merupakan pondasinya, persamaan sebagai tiang penyangga utamanya. 

Persaudaraan muslim sebagai balok-balok perekat dan pengikat tiang utama sebagai tiang yang berfungsi sebagai penentu model bangunan rumah. Persatuan sebagai tembok dan dinding yang menguatkan bangunan.

 Musyawarah sebagai pintu dan jendela atau sebagai ventilasi yang berfungsi sebagai pengatur keluar masuknya udara. Dengan menyatunya unsur-unsur tersebut akan menjadikan rumah yang kokoh, ideal, dan utuh. 

Sejarah telah membuktikan bahwa bentuk persaudaraan muslim, dapat membentuk suatu komunitas masyarakat yang kokoh dan bersatu. 

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW, “Belum dikatakan beriman salah seorang diantara kamu, sehingga ia mencintai saudaranya seperti ia mencintai dirinya sendiri” (HR. Bukhari).

Dengan dorongan agama maka akan tercapai bermacam-macam kebaikan sehingga terbentuk persatuan yang kuat dan kokoh. Dari persatuan yang kuat tersebut akan timbul kemampuan yang besar untuk mewujudkan kemenangan dalam setiap perjuangan. 

Ada beberapa keutamaan dari ukhuwah yang terjalin antar sesama umat Islam, khususnya dalam suatu organisasi :

1. Ukhuwah menciptakan persatuan

Perjuangan para pahlawan bangsa yang dijadikan landasan bahwa ukhuwah memang mampu mempersatukan para pejuang waktu itu. 

2. Ukhuwah menciptakan kekuatan

Rasa persaudaraan yang sudah tertanam dapat menentramkan hati yang awalnya gentar menjadi tegar sehingga ukhuwah yang sudah terjalin dapat menimbulkan kekuatan yang luar biasa. 

3. Ukhuwah menciptakan cinta dan kasih sayang

Ukhuwah yang telah tertanam dengan baik akan memunculkan rasa kasih sayang antar sesama umat muslim, yang awalnya tidak kenal sama sekali namun setelah dipersaudarakan semuanya dirasakan bersama. Inilah puncak tertinggi dari ukhuwah yang sudah terjalin. 

Selain itu, ukhuwah juga memiliki nilai-nilai persaudaraan antar sesam. Hal-hal yang menguatkan ukhuwah Islamiyah dalam berorganisasi, antara lain:

1. Bersilaturahmi antar sesama

2. Memperhatikan saudaranya dan membantu keperluannya.

3. Memenuhi hak ukhuwah saudaranya, seperti jika bertemu maka ucapkanlah salam, jika diundang, maka penuhilah undangannya, jika minta dinasehati maka nasehatilah, jika bersin maka doakanlah, jika sakit maka kunjungilah dan jika meninggal maka antarkan ke kubur.

4. Mengucapkan selamat berkenaan dengan saat-saat keberhasilan.

Ukhuwah juga bukanlah sekadar persaudaraan. Akan tetapi, dengan adanya ukhuwah ini juga akan menciptakan persaudaraan yang kokoh, utuh, solid serta menciptakan kasih saying di antara sesama yang pada akhirnya akan menjadikan organisasi yang mandiri dan professional. 

Peran ukhuwah Islamiyah sangat penting untuk terwujudnya umat Islam yang utuh dan bersatu padu dalam kekompakan serta kebersamaan. Adapun hal-hal yang menguatkan Ukhuwah Islamiyah dalam berorganisasi:

1. Bersilaturahmi terhadap sesama

2. Memberi perhatian kepada  saudaranya dan membantu keperluannya

3. Menunaikan hak ukhuwah saudaranya

4. Memberikan selamat atas keberhasilannya

Ukhuwah Islamiyah harus tetap terjaga dan terpelihara sehingga kita bisa tetap menikmati indahnya persaudaraan tanpa adanya suatu konflik. Adapun hal-hal yang dapat merusak Ukhuwah Islamiyah dalam berorganisasi:

1. Memperolok-olokan antar individu maupun kelompok dengan kata-kata kasar yang dapat menimbulkan pertikaian

2. Menghina atau mencaci dengan sebutan yang kurang pantas didengar

3. Memanggil orang lain atau menyebut gelar-gelar yang buruk

4. Berburuk sangka terhadap orang lain

5. Mencari-cari kesalahan orang lain

6. Menggunjing dan membicarakan kejelekan orang lain

Islam menekankan persaudaraan dan persatuan terhadap sesama. Islam adalah agama Rahmatan lil’alamin yang datang untuk mempersatukan pemeluk-pemeluknya. Namun, terkadang pemeluknya sendiri yang membuat perseteruan dan mencaci maki saudaranya. Padahal, seharusnya kita harus mempererat ikatan ukhuwah.

Ukhuwah Islamiyah juga terkadang memiliki masalah antar sesama. Adapun kendala-kendala Ukhuwah Islamiyah dalam berorganisasi:

1. Jiwa yang tidak terawat

Ukhuwah Islmiyah sangat erat dengan keimanan Islam. Jika iman adalah sentuhan hati dan menentramkan jiwa, tetapi terkadang munculnya virus-virus yang membahayakan kelangsungan ukhuwah, seperti: takabur, hasud, dendam, kemunafikan, dan lain-lain

2. Lidah yang Tidak dikendalikan

Menjaga lidah dengan berkata baik dan jujur serta menjauhi kata-kata merusak dan tercela, merupakan salah satu takwa kepada Allah SWT.

3. Lingkungan yang Kurang/Tidak Kondusif

Kepribadian seseorang dipengaruhi oleh lingkungannya. Apalagi seseorang yang tidak memiliki kemmapuan ta’tsir (mempengaruhi orang lain), sehingga dengan mudahia dipengaruhi oleh lingkungan di mana ia harus berinteraksi. Oleh sebab itu, Allah memerintahkan Nabi-Nya untuk senantiasa bersabar.

Suasana dan lingkungan yang tidak baik adalah salah satu factor utama penghancur hubungan persaudaraan antar sesame muslim. Lingkungan yang terdapat saling hasud, budaya pamer, dan sikap riya ini harus dihindari. Agar hubungan antara sesame muslim menjadi rukun dan damai. 

Dalam suatu organisasi dakwah, ukhuwah adalah modal yang paling utama untuk landasan bagi setiap orang yang menginginkan keberhasilan. Orang yang memaknai ukhuwah, mereka tidak akan mementingkan ego dan tujuan pribadi. Orang yang dibekali modal ukhuwah akan berusaha menjaga silaturahmi yang merupakan rukun dari ukhuwah. 

Kita menyadari bahwa tercapainya ukhuwah adalah kita yakin bahwa kita berada di jalur yang benar. Konsekuensi dari keimanan adalah tiada keimanan yang sempurna tanpa adanya ukhuwah. Karena itu, ukhuwah sangat penting untuk menjaga persahabatan. Tiada takwa tanpa adanya persahabatan