Rokok adalah salah satu produk tembakau yang dimaksudkan untuk dibakar dan dihisap dan/atau dihirup asapnya, yang dihasilkan dari tanaman Nicotiana tabacum, Nicotiana rustica, dan spesies lainnya atau sintetisnya yang asapnya mengandung nikotin dan tar dengan atau tanpa bahan tambahan.

Rokok ini banyak di produksi di Indonesia dan harganya pun tidak terlalu mahal sehingga ramah bagi dompet. Karena harganya yang terjangkau, rokok ini banyak digandrungi oleh semua orang, baik kaum lelaki ataupun perempuan.

Merokok memang salah satu kegiatan yang menurut sebagian lelaki adalah suatu kegiatan wajib yang harus mereka lakukan. Jika mereka tidak merokok, seakan-akan ada yang kurang ketika mereka menjalani aktivitas di dunia ini.

Karena adiksi yang ditimbulkan oleh rokok sangat besar, maka orang yang terlanjur memiliki kebiasaan merokok pastinya akan mengalami kesulitan untuk menghentikannya. Karena apabila ia secara spontan menghentikan kebiasaannya, makai ia akan terasa tersiksa baik fisik maupun mentalnya.

Dibalik nikmatnya rokok yang mereka hisap, tentunya tidak terlepas dari bahaya yang mengintai tubuh manusia, antara lain :

1. Merokok dapat menyebabkan antibodi menurun.

Pada tubuh seorang perokok terdapat penurunan zat kekebalan tubuh (antibodi) yang ada pada dalam ludah yang bermanfaat untuk bakteri  dalam rongga mulut sehingga dapat mengakibatkan gangguan fungsi sel-sel pertahanan tubuh.

2. Merokok dapat menyebabkan berbagai macam penyakit.

Kandungan yang ada di dalam rokok seperti tar, nikotin, dan karbon dioksida dapat mengancam berbagai organ  tubuh manusia, antara lain  adalah  otak, mulut, tenggorokan, jantung, dada,  paru-paru, hati, perut, ginjal dan kantung kemih, reproduksi laki-laki, reproduksi perempuan dan  kaki.

3. Merokok dapat mempercepat penuaan.

dr. Sri L. Wihardi seorang pakar penyakit kulit dan kelamin, mengatakan bahwa asap rokok ternyata mampu membuat perokok menjadi cepat tua, sebab asap   rokok secara langsung bisa menghambat sel-sel saluran pernapasan.

Oksidan yang terinhalasi terlalu banyak, tidak dapat dinetralkan agi oleh sistem antioksidan.

4. Rokok dapat membuat bibir berwarna hitam.

dr. Hendrawan Nadesul seorang pakar kecantikan, mengungkapkan bahwa pengaruh rokok akan menyebabkan bibir berwarna hitam, hal ini dipengaruhi oleh suhu. Saat rokok dihisap, panas rokok mengenai bibir juga, makin lama bibir makin terlihat kehitam-hitaman.

Setelah mengetahui dampak buruk yang diakibatkan oleh rokok, tentunya kita sebagai masyarakat hendaknya menghindari ''barang berbahaya'' ini.

Oleh karena itu, di bawah ini ada beberapa tips yang bisa kalian lakukan untuk berhenti merokok, di antaranya adalah :

1. Niatkan untuk berhenti merokok

Segala sesuatu memang harus didasari dengan niat. Percuma jika kalian lakukan dengan berbagai cara apapun akan tetapi kalian tidak niat sama sekali, maka jatuhnya akan sia-sia dan tidak maksimal seratus persen.

2. Menjauhi segala sesuatu kebiasaan merokok

Saat kita sedang berusaha berhenti merokok, pasti ada saja tantangan dan dorongan yang membuat kita ingin merokok lagi. 

Oleh karena itu, sebaiknya kita sebisa mungkin menghindari kebiasaan yang dapat membuat kalian ingin merokok lagi, seperti minum kopi dan bercengkerama dengan orang yang sedang merokok di dekat kalian.

3. Lakukan kegiatan positif

Melakukan kegiatan positif seperti berolahraga tentunya akan sangat bermanfaat untuk tubuh dibanding kamu merokok. Banyak olahraga yang bisa kamu coba yang tentunya dapat menyehatkan badan, seperti bulu tangkis, renang, jogging di pagi hari, senam, dll.

Di samping membuat tubuh menjadi sehat, jiwa kita tentunya akan lebih bahagia ketika berolahraga.

4. Mengonsumsi makanan bergizi

Karena kandungan nikotin yang ada di dalam rokok mengurangi sensitivitas indra perasa dan penciuman, maka membuat perokok banyak kehilangan selera makan.

Untuk menghilangkan rasa tersebut, maka sebaiknya kita makan-makanan yang bergizi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh sekaligus mengembalikan selera makan yang hilang.

5. Menjalani terapi pengganti nikotin

Ada kalanya kita saat ditengah-tengah menjalani tips berhenti merokok, tubuh mengalami gejala withdrawal, seperti sakit kepala, lemah, letih, dan lesu. Maka ketika kalian mengalami gejala tersebut, kalian dapat menggunakan terapi pengganti nikotin, seperti mengunyah permen karet.

Mengunyah permen karet akan membantu meredakan gejala yang diakibatkan dengan nyaman tanpa harus merokok kembali.

6. Kelola stress

Stress dapat muncul kapan saja ketika kita sedang tidak merokok. Stress jika tidak dikelola dengan baik maka akan dapat berdampak pada kesehatan dan menyebabkan kita terpicu untuk merokok kembali seolah-olah rokok adalah cara untuk meredakan stress.

8. Jaga komitmen dan jangan menyerah

Berhenti merokok merupakan tantangan tersendiri, terlebih baik bagi para perokok berat. Tak jarang, dari tips di atas masih banyak yang gagal dalam menjaga komitmen untuk berhenti merokok

Walaupun demikian, kalian jangan mudah menyerah begitu saja. Bukan hal mustahil jika kalian berhasil berhenti merokok walaupun kamu adalah perokok berat. 

Pada kenyataannya, banyak juga orang yang telah berhasil berhenti merokok secara penuh. Oleh karena itu, jika orang lain bisa, kalian pastinya juga bisa berhasil untuk berhenti merokok.

Oleh karena sebab tersebut, maka kalian sebaiknya mengelola stress dengan baik dan efektif agar tidak membuat badan menjadi tersiksa dan tidak terpicu keinginan untuk merokok lagi.