Tidak terasa lebaran tinggal menghitung hari. Sebagian masyarakat telah mulai mempersiapkan diri menyambut hari kemenangan. Mulai dari bersih-bersiih rumah, membuat kue lebaran, hingga persiapan mudik menuju kampung halaman.

Masyarakat Indonesia kini telah sibuk mempersiapkan mudik lebaran. Mereka yang saat ini ada diperantauan, tentunya lebaran menjadi momen yang ditunggu-tunggu untuk berkumpul bersama keluarga.

Mudik bukanlah hanya sekedar asal sampai di kampung halaman. Mudik membutuhkan kondisi fisik dan mental yang baik khususnya untuk pengguna kendaraan pribadi dengan jalur darat.

Mudik sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia saat menjelang Hari Raya Idul Fitri. Menempuh jalan beratus-ratus kilometer sudah menjadi jadwal rutin dipenghujung ramadhan. Tentunya ini bukan menjadi hal yang mudah bagi pengguna moda transportasi umum maupun pribadi.

Mengingat disaat seperti inilah mereka bisa bertemu, bercanda tawa bersama keluarga, sanak saudara dan teman-teman, tentunya menginginkan agar tetap sehat dan selamat selama perjalanan mudik. Berikut, beberapa tips mudik yang harus diperhatikan:

1. Mempersiapkan perjalanan

Sebelum melakukan perjalanan mudik, ada baiknya kita melakukan  pengecekan pada kondisi kesehatan tubuh bagi yang menggunakan kendaraan umum. Namun apabila menggunakan kendaraan pribadi ada bainya mengecek kondisi kendaraan dan juga kesehatan tubuh, agar saat melakukan perjalanan terasa nyaman.

Selain itu, pastikan tubuh sudah beristirahat  dengan cukup sebelum melakukan perjalanan. Jika tubuh terasa kurang sehat saat perjalanan, jangan ragu untuk datang ke pos kesehatan mudik yang banyak tersedia secara gratis.

Jangan lupa untuk membawa obat-obatan pribadi, perbanyak minum air putih dan vitamin agar tubuh tetap segar. Pastikan tidak ada anggota keluarga yang sakit saat akan melakukan mudik, jika diantara anggota keluarga ada yang sakit, segera melakukan cek kerumah sakit dan menanyakan obat apa yang cocok dibawa.

2. Memastikan kondisi kendaraan

Mengingat akan ada jutaan orang yang akan melakukan mudik lebaran, tentunya kita harus terlebih dahulu memastikan kendaraan yang akan dipakai dan kondisi dari kendaraan tersebut.

Jika ingin menggunakan kendaraan pribadi, pastikan kendaraan berada dalam kondisi yang prima. Jika perlu service ulang kendaraan agar terasa nyaman selama perjalanan mudik.

Jika ingin menggunakan kendaraan umum, pastikan kita sudah membeli tiket jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Karena, harga tiket jauh lebih mahal saat mendekati lebaran, dan juga menghindari kehabisan tiket.

3. Mempersiapkan kondisi kesehatan tubuh.

Kesehatan tubuh sangat penting saat melakukan mudik lebaran. Baik itu mudik menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Hal ini dikarenakan, mudik dilakukan saat bulan puasa. Sehingga ada baiknya kita mempersiapkan kesehatan tubuh secara prima sebelum melakukan perjalanan panjang.

Untuk melakukan mudik dimalam hari perlu mempersiapkan waktu istirahat yang cukup agar badan tetap segar. Apabila pemudik menggunakan kendaraan pribadi pada malam hari, ambil waktu untuk beristirahat andai merasa mengantuk dan lelah.

Bagi pemudik yang memilih waktu siang hari untuk melalukan perjalanan mudik, jangan terlalu memaksakan diri saat pemudik merasa lelah. Jika merasa dehidrasi, segeralah meminu  air putih demi mencegah masalah kesehatan yang lebih serius.

4. Memperhatikan asupan makanan

Saat melakukan mudik, anda harus memperhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh, agar stamina dapat terjaga selama dalam perjalanan. Jangan hanya karena perjalanan mudik, asupan makanan anda menjadi terabaikan.

Bagi pemudik menggunakan kendaraan pribadi ataupun umum bisa membawa bekal persiapan selama perjalanan. Atau bisa mampir ke rumah makan sekadar istirahat dan mengisi perut

5. Sering mengambil waktu istirahat

Bagi pemudik disarankan untuk lebih sering mengambil waktu istirahat agar badan tetap prima. Tidak hanya di pos mudikyang disediakan instansi, kita bisa menggunakan POM Bensin, Masjid, atau rest area sebagai tempat beristirahat.

Saat beristirahat, lakukan relaksasi pada tubuh, selain itu gunakan waktu untuk buang air, karena jika kita terlalu lama menahannya saat perjalanan dikhawatirkan akan terkena penyakit infeksi saluran kencing.

6. Membawa obat-obatan

Selama perjalanan mudik, obat-obatan menjadi hal sangat penting yang harus dibawa. Seperti obat masuk angin, obat anti mual, obat sakit kepala, obat magh, dan obat-obatan lainnya. Obat-obatan ini bisa digunakan sebagai pertolongan pertama saat mengalami gangguan kesehatan saat perjalanan.

7. Membawa bekal

Saat perjalanan mudik, tubuh memerlukan asupan energi seperti makanan dan minuman. Meskipun akan banyak sekali penjuan makanan dan minuman, ada baiknya kita membawa bekal sendiri dari rumah karena lebih higienis.

Selain itu, saat melakukan mudik, macet menjadi salah satu kendalanya. Kita biasanya akan kesulitan mencari makanan dan minuman. Jadi, kita perlu membawa persiapan bekal selama perjalanan panjang dan disimpan ditempat yang bersih, agar saat tubuh membutuhkan asupan energi kita tidak perlu lagi mencari.

8. Patuhi peraturan lalu lintas

Saat melakukan perjalanan, selalu patuhi rambu-rambu lalu lintas serta menjaga kecepatan aman. Selain itu, pastikan kendaan tidak berada dalam keadaan melebihi muatan untuk menjaga kestabilan kendaraan dan juga pengemudi.

Jika menggunakan kendaraan roda dua, pastikan menggunakan helm, masker agar terlindung dari debu dan polusi. Serta melakukan persiapan yang matang, agar perjalanan mudik anda tetap aman dan nyaman. Sehingga bisa menikmati lebaran bersama keluarga dengan bahagia.