Memiliki wajah yang sehat dan bersih merupakan impian setiap orang, baik pria maupun wanita. Bahkan seseorang bisa mengeluarkan uang jutaan rupiah untuk membeli produk skincare atau ke klinik kecantikan demi mendapatkan wajah yang bersih dan glowing

Namun, ada juga yang merawat wajah sendiri di rumah dengan berbagai bahan alami yang ada di sekitar.

Bagi kamu yang baru saja memasuki usia remaja tentu sangat ingin memiliki wajah yang bersih. Apalagi begitu memasuki masa pubertas, masalah pada kulit wajah pun akan semakin banyak, seperti jerawat, komedo, kulit yang kusam dan lain-lain. 

Mengingat kulit wajah merupakan salah satu yang perlu diperhatikan, kamu pasti akan mencari tahu banyak hal untuk membuat wajahmu kembali bersih.

Apalagi pada zaman modern ini, banyak beauty vloger, beauty influencer, maupun selebgram yang dapat memberikan tips juga merekomendasikan skincare yang digunakannya. Namun, tips maupun produk skincare tersebut tidak bisa kamu tiru semuanya, karena belum tentu produk tersebut cocok untukmu. Terlebih bagi kamu yang memiliki kulit sensitif.

Setiap orang tentu mempunyai caranya masing-masing untuk merawat wajah. Namun, masih banyak yang salah dalam melakukannya. Bukannya mendapatkan wajah yang bersih dan terawat, perawatannya justru menimbulkan semakin banyak masalah pada kulit wajah, seperti kemerahan, berjerawat, kusam, komedo dan lain-lain. 

Beberapa tips berikut bisa kamu lakukan untuk mendapatkan wajah yang bersih dan terawat.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah kenali terlebih dahulu jenis kulit kamu. Apakah kulitmu merupakan jenis yang berminyak, kering, atau kombinasi. 

Tips yang bisa kamu lakukan di rumah untuk mengenali jenis kulitmu dengan mudah ialah, pada saat akan tidur, jangan gunakan produk skincare apapun setelah kamu mencuci wajah. Biarkan seperti itu, lalu saat bangun pagi kamu bisa menempelkan paper oil (kertas tisu penyerap minyak) di kedua pipi, dahi, dagu dan hidung.

Jika di setiap paper oil tidak terdapat minyak, berarti kamu memiliki jenis kulit kering. Dan jika sebaliknya, di setiap paper oil itu berminyak maka kamu memiliki jenis kulit berminyak. Sedangkan jika hanya didaerah dahi, hidung, dan dagu yang berminyak kemudian di kedua pipi tidak, maka artinya kamu memiliki kulit kombinasi. 

Setelah mengetahui jenis kulit wajahmu, hal selanjutnya yang wajib kamu lakukan yaitu memilih produk skincare yang sesuai dengan jenis kulitmu. Banyak produk skincare yang telah tersebar dimasa kini, namun kamu tidak bisa asal memilih. 

Bukan karena banyak yang merekomendasikan dan bagus dikulitnya, kamu jadi asal membeli dan memakainya. Ingat! Wajahmu berbeda dengan wajahnya, produk skincare yang cocok untuknya belum tentu cocok untukmu.

Jadi sebisa mungkin gunakan produk skincare yang dibutuhkan oleh kulit wajahmu, sesuai dengan jenis kulitmu. Basic skincare yang harus kamu punya yaitu, micellar water, facial wash (sabun cuci muka), toner, mosturaizer, sunscreen, dan ekfoliator. Kamu bisa menambahkan serum jika kulit wajahmu membutuhkannya.

Sebelum memakai rangkaian produk skincare, tentu kamu harus membersihkan wajah terlebih dahulu menggunakan facial wash. Kamu bisa melakukan double cleansing dengan micella water saat membersihkan make up. Double cleansing wajib kamu lakukan sebelum memakai rangkaian skincare dimalam hari (sebelum tidur). 

Toner bisa kamu gunakan setelah mencuci wajah, ini bermanfaat untuk menyeimbangkan Ph kulit. Moisturizer sangat penting untuk menjaga kelembapan kulit. Meskipun jenis kulit wajahmu berminyak, kamu tetap membutuhkannya. 

Kemudian sunscreen, ini wajib dimiliki. Karena sinar matahari merupakan musuh utama dari kulit wajah, sunscreen bisa kamu gunakan untuk melindungi kulit wajahmu dari jahatnya sinar matahari. Untuk hasil perlindungan yang maksimal, kamu wajib reapply sunscreenmu paling tidak 3 atau 4 jam sekali.

Produk terakhir yang harus kamu miliki yaitu eksfoliator/eksfoliasi. Mengeksfoliasi wajah merupakan hal yang harus kamu lakukan paling tidak seminggu sekali atau dua kali. Jika wajah tidak dieksfoliasi, maka rangkaian skincare yang kamu gunakan setiap hari akan percuma. 

Eksfoliator ini, berfungsi membantu proses regenerasi kulit dan membuat produk skincaremu bekerja dengan baik. Penggunaan eksfoliasi paling banyak dilakukan dua kali dalam seminggu dan tidak boleh lebih. Jika melakukannya setiap hari akan sangat berbahaya. Salah satu akibatnya yaitu, kulit wajah bisa mengelami dehidrasi.

Selain produk skincare, untuk lebih maksimalnya kamu bisa menggunakan masker wajah, ada banyak pilihan masker wajah yang bisa kamu gunakan. Mulai dari peel-off mask, gel mask, clay mask, wash-off mask, maupun sheet mask

Salah satu masker yang wajib kamu punya yaitu sheet mask, masker ini bisa kamu gunakan seminggu sekali. Kamu bisa mencoba beberapa jenis masker lain sesuai yang dibutuhkan oleh kulitmu. Penggunaan masker yang berlebihan tidak disarankan, maksimal tiga kali dalam seminggu. Durasi pemakaiannya pun tidak boleh lebih dari 20 menit, karena hal tersebut dapat menghilangkan manfaat dari masker itu sendiri.

Skincare dan masker memang sangat diperlukan untuk merawat kulit wajahmu, namun kebersihan pun menjadi sangat penting untuk mendukung hal tersebut. Rajin keramas kurang lebih dua sampai tiga kali dalam seminggu, karena rambut yang kotor dapat menimbulkan jerawat. Saat kamu tidur tentu rambut akan mengenai wajahmu, jadi rutinlah mencuci rambutmu.

Selain rambut, hal lain yang perlu dijaga kebersihannya yaitu sarung bantalmu. Salah satu jerawat yang timbul di wajahmu, terlebih di pipimu, disebabkan oleh sarung bantal yang kotor. Gantilah sarung bantalmu seminggu sekali agar terhindar dari jerawat.

Permasalahan kulit wajah pun bisa ditimbulkan oleh makanan, maka dari itu jagalah pola makanmu. Perbanyak sayur dan buah serta perbanyak minum air putih, kurangi makanan yang berminyak dan pedas. Rutin berolahraga, hindari begadang, jagalah kesehatan maupun kebersihan.

Jika ingin memiliki wajah yang bersih dan sehat, rawatlah dengan rutin dan perbaiki kebiasaanmu.