Memiliki berat badan yang ideal sudah menjadi impian bagi setiap orang. Walaupun ada sebagian orang yang tidak terlalu memperdulikan berat badannya, mereka hanya memperhatikan kesehatannya saja. Tetapi tetap saja mayoritasnya orang-orang menginginkan badan yang langsing dan sehat. 

Tidak heran, mereka yang mengalami kelebihan berat badan rela melakukan berbagai macam cara untuk menurunkan berat badan dan mendapatkan berat badan yang diinginkan. Namun, menurunkan berat badan bukanlah suatu perkara yang mudah. Salah langkah, maka penurunan berat badan yang tidak tepat justru dapat membahayakan kesehatan kita.

Memiliki badan yang Gendut itu tidak enak, tidak semua pakaian bisa kita gunakan, belum lagi mau kemana-mana merasa tidak percaya diri dan harus kuat mental Karena sering di bullying.

Kita tidak akan bisa menahan atau melarang ketika orang-orang ngebully fisik gendut yang memang sasaran empuk buat bahan lawakan mereka. Saat berada di posisi itu, kita lawan dengan prestasi, tetap percaya diri dan cukup jadikan bahan bullying itu sebagai motivasi saja.

Belajar untuk lebih perhatian dengan tubuh, peduli terhadap apa yang kita makan, atur pola makan, pelan-pelan kita mulai untuk bergerak tidak hanya duduk diam dirumah seperti nonton TV atau sekedar maen HP dan squishy saja, Kita perlu melakukan olahraga dan tentunya kita jalani itu karena sebuah komitmen dari kita sendiri.

Ada tiga Tips yang perlu kita ketahui untuk menurunkan berat badan yaitu :

Mengurangi jumlah kalori

Berat badan yang kita miliki saat ini merupakan cerminan dari jumlah kalori yang kita konsumsi tiap hari. Karena itulah, untuk menurunkan berat badan kita juga harus mengurangi jumlah kalori yang kita konsumsi tiap harinya. Salah satu yang dapat kita lakukan untuk menurunkan asupan kalori adalah dengan mengonsumsi makanan nabati, buah-buahan, sayur-sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

Kita juga bisa mengonsumsi susu khusus diet sebagai asupan pengganti makanan. Selain rendah kalori,  susu khusus diet juga sudah dilengkapi dengan berbagai vitamin dan mineral sehingga merupakan pilihan yang lebih baik daripada tidak makan sama sekali. Susu diet juga dianggap lebih praktis untuk mengganti asupan sarapan dan makan malam di dalam menjalani program diet.

Olahraga secara rutin

Memang sih dengan berolahraga tidak sepenuhnya bisa bikin langsing dan membakar kalori, karena tidak semua orang boleh olahraga ini. Yang baru mulai olahraga apalagi BB nya masih diangka obesitas atau overweight tidak disaran kan karena biKomitmena lutut.

Kalau kita adalah para pemula,  jangan maksain untuk melakukan olahraga yang berat-berat di awal. Nanti bisa stress dan frustasi, olahraga kok gini amat sih yaaak. Contohnya seperti kita nyuruh adek yang baru sekolah smp mengeejakan tugas kuliah kita,  ya pastinya dia udah keduluan nyerah, dan kesel kan.

Untuk olahraga cardio banyak macem nya, sesuaikan dengan kondisi tubuh kita. Awal-awal bisa dicoba jalan kaki buat kita yang baru mulai olahraga. Jangan maksain buat lari, bagi yang masih obesitass, nanti kerja jantung bisa terganggu, kepala pusing, kliyengan, dan napas habis ngos-ngosan.

Zumba dan yoga bukan sekedar goyang atau pun peregangan aja. Karena gak semua orang bisa ngikutin gerakan zumba atau yoga yang mudah sekalipun. Olahraga yang bener itu adalah olahraga yang sanggup buat kita lakukan. Bukan sekedar wacana, atau cuma save video dari fitfluencer yg terkenal saja.

Konsisten, practise makes progress, Kerjain dari yang gampang dulu, bikin tubuh terbiasa dulu dengan diajak gerak. Pelan-pelan naik level misalnya dari jalan kaki, lanjut jalan cepat, lama-lama jadi bisa lari. Olahraga ini kita lakukan 3 x 1 minggu, minimal dalam satu kali olahraga yaitu selama 30 menit.

Memiliki Komitmen terhadap diri sendiri

Menurunkan berat badan membutuhkan waktu, usaha, dan komitmen dalam jangka panjang. Pastikan kepada diri sendiri bahwa kita siap membuat perubahan secara permanen menuju gaya hidup yang lebih sehat. Maka dari itu, kita harus fokus. Pada nyatanya akan dibutuhkan banyak energi, baik dari sisi mental dan fisik, dalam mengubah kebiasaan buruk kita sebelumny

Kebahagiaan tidak bisa diukur dari bentuk tubuh. Bahagia itu adalah saat kita bisa mensyukuri segala yg kita punya. Menjaga tubuh agar tetap sehat itu artinya mensyukuri nikmat yg udah Allah berikan. Jadi, mau sampai kapan masa bodo sama tubuh kita?.  Walaupun Langsing itu bukan tujuan utama kita, tapi untuk menumbuhkan kepercayaan diri, kita perlu tubuh yang langsing dan sehat.