Kalian pernah gasih merasa kesulitan untuk menghafal sesuatu? Entah itu karena kurang fokus atau ada kendala lainnya? Nah, sekarang jangan khawatir lagi. Saya akan coba membagikan beberapa tips menghafal dengan cepat. Tapi satu hal yang perlu kalian ketahuai, bahwa cara menghafal setiap orang itu kadang tidak bisa sama dengan yang lainnya. 

Berikut beberapa tips menghafal dengan cepat yang bisa kamu lakukan: 

1. Metode Tulis Tangan

Yang pertama adalah menghafal dengan metode tulis tangan. Psikolog pendidikan dari University of Nebraska, Kenneth Kiewra, menyebutkan bahwa kegiatan menulis membuat fungsi otak yang berhubungan dengan kemampuan mengingat dan memahami suatu pelajaran menjadi lebih tajam. 

Hal itu juga diungkapkan para peneliti dari Washington University. Mereka mengatakan, mahasiswa yang mencatat dengan metode tulis tangan mampu mengingat pelajaran lebih lama dibanding mereka yang tidak mencatat. Sebab, menulis membuat otak terorganisasi dengan baik. Otak juga lebih mudah merekam hal-hal yang telah ditulis oleh tangan kita nih.

2. Mind Map 

Cara kedua yaitu dengan mind map. Mind map atau mind mapping merupakan pemetaan pikiran yang terorganisir secara visual dari sebuah ide dan konsep. Teknik mind mapping awalnya diperkenalkan oleh Tony Buzan, yaitu seorang psikolog dari Inggris. Dengan cara mind map, dijamin bakal lebih ampuh untuk menghafal maupun memahami materi. 

Mind map dianggap sebagai suatu sistem yang menggunakan prinsip manajemen otak untuk membuka potensi dan kapasitas otak yang masih tersembunyi, karena kita belajar menggunakan otak kanan yang melibatkan imajinasi, kreativitas, visualisasi, dan berhubungan langsung dengan otak bawah sadar sehingga lebih mudah untuk mengingat. Selain itu, pikiran kita akan fokus pada topik utama kemudian mengasosiasi dengan kata kunci dari sebuah pelajaran.

Cara ini akan mempermudah kita untuk mengingat karena kita bisa fokus pada poin-poin penting dan menyimpulkannya ke dalam peta konsep sederhana. Selain menarik, membuat Mind Map juga tidak sulit lho.

3. Membuat Point Penting 

Cara menghafal dengan cepat yang paling mudah adalah mencatat kata kunci atau poin-poin dari bacaan maupun presentasi yang dirasa penting. Kamu bisa mencatatnya pada selembar kertas ataupun di aplikasi notes pada smartphone, tablet, dan sebagainya.

Namun seperti metode nomor satu, peneliti dari Washington University, AS, mengungkapkan bahwa orang-orang yang mencatat dengan menulis tangan memiliki daya ingat yang lebih baik. Nah, jika kamu mencatat pada selembar kertas atau buku catatan, itu akan lebih mudah diingat oleh otak. Tulis dengan spidol berwarna dan bedakan warna untuk tiap kata kunci maupun poin-poin penting supaya lebih mudah untuk dihafalkan dan disimpan dalam memori otak.

Dengan bantuan spidol warna dan pensil warna, kamu bisa membuat catatanmu lebih menarik dan colorful. Dengan begitu, membaca catatan tidak akan terasa membosankan dan monoton. Jangan lupa untuk menyertakan gambar yang sesuai dengan materi ya.

4. Jembatan Keledai 

Cara keempat yaitu dengan jembatan keledai. Cara ini mungkin sudah diterapkan oleh banyak pelajar dikala harus menghafal suatu istilah asing yang sulit diingat. Jembatan keledai memang terkenal ampuh membantu otak mengingat dengan cara yang lebih fun. Menurut Adolescent Literacy Organization, seiring dengan perkembangannya jembatan keledai juga memanfaatkan gambar dan objek lain misalnya tangan yang selanjutnya dikenal sebagai mnemonic visual.

Salah satu contoh penerapan cara ini adalah dengan mengambil huruf pertama dari setiap kata dalam frasa yang ingin dihafalkan. Kemudian bentuk kumpulan huruf pertama tadi menjadi kata atau kalimat baru yang mudah diingat.

Sebagai contohnya, urutan warna pelangi, yaitu “mejikuhibiniu” yang memiliki kepanjangan merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, ungu. Selain itu, penerapan teknik ini juga bisa dilihat pada saat kita berusaha menghafalkan tabel periodik unsur.

5. Rekaman 

Untuk kamu yang mempunyai tipe belajar Auditorial, kamu pasti lebih mengerti ketika mendengar penjelasan orang lain. Nah, kamu bisa merekam suara gurumu ketika beliau sedang menjelaskan materi. Lalu rekaman itu dapat kamu dengarkan berulang-ulang sampai kamu faham dengan apa yang disampaikan.

Cara lainnya yaitu merekam suaramu sendiri. Kamu bisa memakai bahasa yang mudah kamu mengerti saat merekam suatu materi. Selain memudahkan kamu belajar, kamu bisa melatih kemampuan berbicaramu juga. Mantap, kan? Ini merupakan cara menghafal dengan cepat dan jitu.

Nah, itulah 5 point yang bisa kalian coba untuk menghafal ya. Sebenernya masih ada beberapa cara lagi tapi saya rasa itu ga perlu di jelaskan secara rinci. Seperti yang saya bilang di awal tadi, cara menghafal tiap orang itu berbeda-beda. 

Ada yang bisa lewat tulis tangan, mind map, jembatan keledai, dan lewat rekaman. Selain itu, kalian juga harus memperhatikan asupan makanan dan pola tidur, ya, biar semuanya seimbang. Baiklah, mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan semoga bisa bermanfaat untuk kita semua ya, aamiin. Okay, see you.