Work From Home membuat para karyawan mau tidak mau harus selalu berada di depan komputer atau laptop. Durasi kita duduk di depan komputer atau laptop selama Work From Home bahkan bisa lebih panjang daripada saat kita Work From Office. 

Jika pada office hours biasanya kita bekerja selama 8 atau 9 jam, maka pada saat bekerja dari rumah kita bisa bekerja selama 12 jam. Jadwal Zoom Meeting atau Google Meeting berjejeran di agenda kita (terkadang) tanpa jeda.

Saat bekerja di kantor, kegiatan kerja bisa kita selingi dengan bangkit dari kursi melangkah ke meja atau ruangan (jika berbeda ruangan) teman sekerja sekadar untuk mengobrol atau bercanda. Bahkan kita bisa sesekali (mencuri waktu) pergi ke kantin untuk membeli snack atau minuman ringan untuk menyegarkan badan. Mata dan badan bisa sejenak beristirahat dari aktivitas di depan komputer atau laptop.

Sadarkah anda bahwa kegiatan-kegiatan kecil tersebut seperti mengalihkan perhatian sejenak untuk mengobrol dengan rekan kerja atau berjalan menuju kantin ini sebenarnya sangat penting kita lakukan untuk menjaga agar tubuh kita tetap seimbang setelah sekian lama bekerja di depan komputer? Tahukah anda bahwa meskipun (hanya) duduk di depan komputer badan bisa menjadi lelah, sehingga akhirnya membuat kerja kita menjadi tidak produktif?

Bekerja terlalu lama di depan komputer atau laptop selama berjam-jam tanpa jeda dapat menyebabkan tubuh kita tidak seimbang dan rentan mengalami gangguan. Gangguan tersebut seperti gangguan pada penglihatan, pendengaran, atau bahkan stres fisik lainnya.

Layar komputer yang hanya memiliki satu bidang visual ini membatasi persepsi kedalaman, penglihatan dengan dua mata, dan penglihatan perifer. Oleh karena itu, untuk setiap jam yang dihabiskan dengan duduk di depan komputer, kita bisa mengambil jeda setiap 10 menit dengan melakukan hal-hal berikut ini agar tetap produktif ketika bekerja di depan komputer :

1.    Minum Air Putih

Minumlah air sedikit demi sedikit secara perlahan. Disarankan minum air yang ber PH tinggi dan bersuhu ruang. Air yang bersuhu ruang inilah yang paling cepat diserap oleh tubuh. Di saat stres, tubuh memerlukan air 2 kali lipat daripada saat normal. 

Cara klasik menentukan banyaknya kebutuhan air untuk tubuh kita dalam sehari adalah kira-kira 2% dari Berat Badan. Contohnya jika berat badan anda 60 kg maka 2% nya adalah 1,2 kg air atau sama dengan 1,2 ltr per hari.

Dengan minum air, tubuh kita yang pada dasarnya bersifat elektrik ini akan menjadi aktif, sehingga konsentrasi meningkat, koordinasi mental dan fisik diperbaiki, dan dapat melepaskan stress.

2.    Mengisi Energi 

Kita dapat melakukan gerakan ini di meja kerja. Pertama-tama duduklah dengan posisi yang paling nyaman dengan telapak kaki menapak di lantai dan kaki dibuka selebar bahu. Letakkan kedua tangan di meja selebar bahu, lalu letakkan dahi di antara kedua tangan. 

Kemudian, sambil mengambil napas perlahan, tangan menekan meja, lalu angkat kepala dengan dahi naik terlebih dahulu, dengan diikuti tulang dada dan punggung bagian atas. Embuskan napas saat kita mendekatkan dagu ke dada dan dengan perlahan letakkan kembali dahi ke atas meja.

Ketika melakukan gerakan ini, jaga agar bahu dan bagian bawah badan tetap relaks serta bernapaslah dengan mendalam. Ulangi gerakan ini minimal dua kali atau lebih sesuai dengan kebutuhan tubuh. 

Setelah melakukan gerakan ini, ketegangan pada tengkuk, bahu, dan punggung menjadi berkurang, sehingga di saat yang sama kita dapat fokus dan memberi perhatian kembali pada kegiatan yang membutuhkan penglihatan jarak dekat.

3.    Pasang Telinga

Cara melakukan gerakan ini adalah pertama pegang daun telinga dengan ibu jari (di belakang) dan jari telunjuk (di depan). Tarik telinga secara perlahan-lahan sedikit ke belakang sambil membuka gulungannya. Mulailah dari ujung atas telinga, dan pijat-pijat kearah bawah mengikuti lingkaran daun telinga, dan berkahir di ujung bawah cuping telinga. Ulangi gerakan ini sebanyak 3 kali atau sampai kita merasa relaks.

Suara-suara elektronik yang berlebihan (misalkan headphone, televisi, komputer, gawai) tanpa kita sadari hal tersebut ternyata “mengurangi” pendengaran. Dengan gerakan pasang telinga, ketegangan di leher dan bahu akan berkurang sehingga sistem pendengaran kita berangsur-angsur menjadi normal dan konsentrasi kita akan meningkat saat bekerja dengan komputer, laptop, atau alat elektronik lainnya.

4.    Menggambar Simbol Delapan Tidur

Menggambar simbol 8 tidur atau simbol tak terhingga ini merangsang kedua mata untuk berkoordinasi melewati garis tengah tanpa jeda. Cara melakukannya adalah pertama buat lingkaran (gambarlah di udara menggunakan ibu jari) berlawanan dengan arah jarum jam ke kiri atas, lalu kembali ke titik tengah dan lanjutkan dengan membuat lingkaran searah jarum jam ke kanan atas, dan kembali lagi ke titik tengah.

Selama melakukan gerakan ini, mata selalu mengikuti gerakan ibu jari, kepala lurus dan relaks. Lakukan gerakan ini secara perlahan-lahan sebanyak tiga kali atau lebih sesuai dengan kebutuhan. 

Setelah melakukan gerakan ini, mata akan terasa lebih relaks serta bisa berkoordinasi lebih baik dengan tangan. Hal ini tentunya akan sangat berguna ketika kita bekerja dengan menggunakan komputer atau laptop.

Cara di atas cukup praktis, dan sederhana untuk dilakukan tanpa memakan waktu yang panjang. Rasakan kondisi tubuh anda sebelum dan setelah melakukan gerakan diatas. Selamat mencoba dan tetap produktif selama work from home.