Siapa yang tidak tahu mobile game ternama dan terkenal di Indonesia yaitu “Mobile Legends”. Game ini diminati oleh berbagai kalangan diantaranya anak-anak, remaja, bahkan samapai beberapa orang tua pula ikut meramaikan mobile game ini. Ya, permainan ini adalah permainan yang berkategori strategi yang dimana tujuan permainan tersebut adalah menumbangkan lawan dan base lawan untuk memenangkan pertandingan.

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas bagaimana menguasai gold lane di Mobile Legends. Seperti yang kita tahu, bahwa gold lane biasanya terdapat di bagian atas map. Jalur ini diisi oleh hero-hero yang membutuhkan farming gold lebih cepat agar item build yang digunakan lebih cepat selesai atau lebih cepat jadi.

Gambar map Mobile Legends

Hero-hero tersebut adalah hero dengan tipe marksman atau biasa disebut hero dengan serangan jarak jauh. Mengapa harus hero dengan tipe marksman yang wajib menguasai gold lane tersebut? Karena letak gold lane jauh dari turtle, jadi kemungkinan kecil hero tersebut jarang war di awal permainan agar hero tersebut dapat farming gold lebih fokus dan terjaga.

Alasan kedua adalah, gold lane memberikan gold tambahan untuk kalian yang telah membunuh creep atau minion di jalur tersebut. Berbeda dengan exp lane yang menambah exp lebih ketimbang gold.

Tips untuk kalian para pengguna hero marksman saat menguasai gold lane adalah kalian tidak diperbolehkan membunuh jungle creep, dikarenakan jungle creep diperuntukan kepada hero tipe jungler saja bukan hero marksman. Kalian hanya fokus membunuh minion yang berada di jalur gold lane, membunuh minion di gold lane sudah lebih dari cukup untuk kalian para pemain hero marksman.

Tips kedua, fokus farming hanya di area gold lane saja. Hindari meninggalkan gold lane diawal permainan, jika hal tersebut dilakukan maka kalian bisa kehilangan turret. Kemudian, hindari war diawal permainan, fokus membentuk satu item penting yang berguna untuk hero marksman seperti sepatu, item lifesteal, atau item yang menambah kecepatan penyerangan seperti scarlet phantom.

Kalian hanya boleh ikut war atau membantu teman di lane lain setelah kalian berhasil membentuk dua sampai tiga item terpenting di build kalian dan ketika kalian sudah berhasil menghancurkan satu turret musuh di gold lane.

Apabila kalian tipe pemain yang tidak sabaran dan ingin cepat war di awal permainan untuk membantu rekan setim kalian. Pastikan emblem talent kalian menggunakan skill pasif yang menambah gold saat setelah membunuh musuh, seperti emblem assasin dan emblem marksman (warna kuning).

Tips selanjutnya, apabila kalian adalah pemain yang suka dengan role marksman dan suka membawa battle spell retribution, maka hal yang wajib kalian lakukan hanyalah membunuh creep dan fokus farming saja ketimbang membunuh minion di gold lane. Karena pada dasarnya, gold yang dihasilkan dari minion akan lebih kecil ketimbang gold dari creep yang berada di gold lane.

Apabila kalian adalah pemain yang suka menggunakan marksman dan membawa battle spell retribution (hyper atau core), maka lane yang harus anda tempati adalah mid lane bukan gold lane atau bahkan exp lane. Karena kalian akan mendapatkan gold lebih banyak dari setiap membunuh creep dan buff yang berada di mid lane tersebut.

Lalu bagaimana jika kalian pengguna marksman dan hanya berada di gold lane sendirian tetapi musuh yang kalian dapati sekitar dua atau tiga orang? Tips yang harus kalian lakukan adalah tetap bertahan di dalam area turret kalian sendiri, untuk melindungi diri kalian agar health point kalian tetap penuh.

Dikarenakan musuh yang anda lawan adalah musuh dengan tipe yang sama yaitu hero marksman pula. Pastinya kalian harus jaga jarak dengan musuh agar tidak terkena serangannya. Kemudian, hal yang kalian harus lakukan adalah fokus membunuh minion di dalam turret kalian saja, jangan keluar dalam area turret.

Pastikan kalian mendapatkan tiga minion pertama kalian, agar cepat naik ke level dua dan membuka skill kedua hero kalian. Apabila anda tidak mendapati musuh berada di gold lane, hal tersebut adalah keberuntungan untuk kalian semua.

Setelah kalian membunuh tiga minion pertama kalian, kalian bisa lakukan pencurian creep atau jungle yang berada di gold lane musuh, hal tersebut dapat membuat penghambatan pada farming gold musuh. Kemudian, musuh akan lebih lama membentuk build dan meningkatkan level heronya.

Dengan begitu, kalian dapat lebih unggul selangkah diatas musuh kalian. Lalu, kalian dapat membantu rekan setim kalian yang berada di jalur lain demi mendapatkan gold yang cepat dan kill yang banyak.

Kemudian, apakah gold lane hanya dapat dikuasai oleh hero-hero bertipe marksman saja? Tentunya tidak. Hero-hero tipe lain juga dapat mengisi atau menguasai gold lane di menit-menit awal pertandingan. Hero tersebut dapat berupa fighter atau assasin, hero tersebut mengandalkan item-item yang ada di buildnya ketimbang skill seperti hero tipe mage.

 Beberapa hero fighter dan assasin hampir sama penggunaannya seperti hero marksman. Hero fighter dan assasin lebih overpower di tengah dan di akhir permainan. Cukup mengandalkan dua sampai tiga item penting saja, hero fighter dan assasin juga akan sama sakitnya seperti hero marksman. Ketiga tipe hero tersebut mengandalkan critical attack dan basic attack ketimbang skill dan ultimatenya.