Sudah setahun lebih pandemi virus corona terjadi di negeri kita tercinta ini. Selama setahun lebih pula banyak perubahan dalam kegiatan-kegiatan sehari-hari. Yang biasanya kita keluar rumah tanpa masker sekarang harus memakai masker, yang biasanya kita suka kumpul-kumpul sekarang mungkin tidak dilakukan lagi atau lebih dikurangi, bahkan acara-acara yang mengundang kerumunan seperti konser musik sekarang tidak ada dan berganti melalui media sosial seperti youtube.

Pandemi ini tidak hanya berdampak pada sektor kesehatan saja, namun sektor lain yang juga terkena dampak pandemi ini adalah sektor pendidikan. Selama setahun lebih terdapat perubahan kegiatan belajar mengajar di sektor ini, yang biasanya dilakukan secara luring di dalam kelas sekarang harus dilakukan melalui daring dengan berbagai media seperi zoom, whatsapp, dan lain sebagainnya.

Sudah memasuki awal pertengahan 2021 dan pada pertengahan tahun awal kegiatan belajar mengajar. Menteri Pendidikan Republik Indonesia sudah menetapkan bahwa awal kegiatan belajar mengajar pada tahun 2021 ini sudah mulai dilakukan secara luring atau tatap muka. Hal ini dilakukan mengingat negara kita sudah cukup lama melakukan kegiatan belajar mengajar secara daring yang hal ini jika terus berlanjut akan sangat banyak berdampak pada siswa/mahasiswa. Selain itu, keputusan ini dilakukan juga berdasarkan acuan banyaknya tenaga pengajar yang sudah menerima vaksin sehingga tidak perlu takut lagi dalam melakukan kegiatan belajar mengajar secara luring.

Terdapat banyak hal yang berubah selama kegiatan belajar secara daring dan disini yang saya tekankan adalah pada lingkungan perguruan tinggi. Hal unik khususnya pada mahasiswa angkatan 2020 yang mungkin belum pernah ke kampus sama sekali, hal ini mengingat hampir sebagian besar perguruan tinggi di Indonesia menerapkan kegiatan belajar mengajar secara daring. Padahal idealnya mahasiswa baru itu sangat perlu untuk mengenal lingkungan kampus, mengenal dosen, mengenal mahasiswa yang lain, dan mengenal kegiatan organisasi di lingkungan kampus.

Sebagai persiapan luring tahun 2021, khususnya untuk mahasiswa angkatan 2020 terdapat tiga hal yang menurut saya penting untuk dipersiapkan sebelum kegiatan perkuliahan dimulai. Berikut ketiga hal tersebut yang penting untuk dipersiapkan:

Mulai Mencari Tempat Kos

Mencari tempat kos menurut saya cukup penting untuk mulai dipersiapkan dari sekarang. Mengingat sebagian besar mahasiswa perguruan tinggi itu berasal dari luar kota. Dengan kondisi tersebut terkadang tidak memungkinkan jika harus pulang pergi dari rumah. Oleh karena itu, menempati kos menjadi hal yang harus dilakukan.

Disini mungkin beberapa calon mahasiswa selama masa SMA belum pernah merasakan ngekos. Hal itu berdasarkan acuan pemilihan SMA melalui zonasi. Sehingga ketika bersekolah selama SMA jarak antara sekolah ke rumah biasanya masih memungkinkan dijangkau alat transportasi. Jadi mahasiswa ini akan merasakan pertama kali menempati kos.

Kos menjadi hal yang sangat penting selama perkuliahan. Kos menjadi penunjang sarana pembelajaran. Kos yang nyaman akan membuat mahasiswa lebih betah berkuliah dan juga nyaman untuk belajar. Sebagai awal kegiatan perkuliahan secara luring ada kemungkinan kos-kosan akan diserbu oleh calon mahasiswa. Dengan demikian, lebih baik mulai dipersiapkan dari sekarang agar mendapatkan kosan yang nyaman.

Mempelajari fasilitas yang disediakan oleh kampus

Kita ketahui kampus menyediakan banyak fasilitas yang dapat diakses dan dinikmati oleh mahasiswa. Mulai dari lingkungan fakultas seperti ruang kuliah, perpustakaan, laboratorium, lapangan olahraga, kantin, dan tempat ibadah. Sementara itu di tingkat universitas juga menyediakan berbagai fasilitas yang hampir sama namun dengan skala yang lebih besar.

Dengan mempelajari fasilitas yang disediakan oleh kampus menjadikan calon mahasiswa akan tahu lebih awal. Sehingga jika nantinya sudah mulai memasuki perkuliahan secara offline mahasiswa tidak perlu bingung tanya kesana kemari terkait fasilitas yang disediakan oleh kampus. Selain itu, mempelajari fasilitas kampus juga mengoptimalkan lebih awal jika suatu saat mahasiswa menggunakan fasilitas tersebut. Dengan harapan mahasiswa dapat memanfaatkan secara optimal fasilitas yang disediakan oleh kampus.

Mulai mengenal dosen 

Selama kegiatan kuliah online mahasiswa mungkin hanya bertemu dengan dosen pada mata kuliah yang sedang diajarkan saja dan mungkin juga dengan dosen pembimbing akademik. Pada dasarnya terdapat banyak dosen yang akan mengajar mahasiswa baik itu dosen dalam program studi maupun lintas program studi.

Mulai mengenal dosen lebih awal sangat penting untuk dilakukan. Hal ini agar mahasiswa mulai tahu siapa saja dosen di program studi yang diambil dan mengajar mata kuliah apa saja. Mengenal dosen dapat dilakukan dengan searching di web fakultas maupun dengan tanya-tanya kakak tingkat. Mengenal dosen menjadi langkah awal agar suatu saat bisa lebih dekat dengan dosen tersebut. Hal ini dikarenakan banyak sekali manfaat jika mahasiswa dekat dengan dosen.

Dengan kenal lebih dekat dengan dosen kuliah akan terasa lebih menyenangkan. Informasi-informasi yang biasanya dibutuhkan mahasiswa seperti beasiswa akan lebih cepat tersampaikan melalui dosen tersebut. Selain itu, dekat dengan dosen juga memberikan manfaat pada mahasiswa berupa diserapnya ilmu diluar mata kuliah apalagi jika dosen tersebut seorang Profesor ataupun seorang pengusaha. Banyak ilmu yang akan disampaikan diluar mata kuliah dan ilmu tersebut pastinya sangat bermanfaat bagi mahasiswa.