Setelah mengalami masa kehamilan selama kurang lebih 9 bulan, seorang ibu pastinya akan melahirkan, baik secara normal maupun secara operasi Caesar. Nah, disini artinya seorang ibu sedang berada di fase masa nifas. Masa nifas atau yang sering dikenal dengan istilah postpartum dalam dunia kesehatan merupakan masa pemulihan pasca melahirkan hingga seluruh organ reproduksi wanita pulih kembali sebelum kehamilan berikutnya.

Masa nifas ini berlangsung sekitar 6-8 minggu atau  sekitar 40-48 hari pasca persalinan. Dalam lama kurun waktu 6 minggu atau 40-48 hari setelah melahirkan normal maupun operasi caesar ini, tubuh ibu mengalami berbagai perubahan. Dalam perubahan tersebut, seorang ibu membutuhkan kebutuhan untuk memulihkan keadaannya kembali, salah satunya istirahat yang cukup.

Di dalam masyarakat sekitar sampai saat ini masih menganggap bahwa tidur siang setelah melahirkan mengalami kebutaan. Mereka menjelaskan bahwa hal tersebut membuat sel darah putih naik ke mata dan mengakibatkan kebutaan.  Benarkah hal tersebut?

Tidur siang setelah melahirkan menyebabkan kebutaan itu adalah mitos. Padahal yang dilarang ibu nifas itu tidak tidur siang hari melainkan lebih ke arah seperti tidak berhubungan seksual, lebih menjaga kebersihan kelamin agar darah nifas tidak memicu infeksi, membatasi dulu angkat barang berat dalam waktu lama dan sering, makan sembarangan yang kurang memiliki nutrisi karena mempengaruhi kualitas ASI, serta hindari menahan amarah atau cemas karena dapat memicu masalah psikologis setelah melahirkan.

Setelah melahirkan ibu butuh istirahat yang cukup untuk pemulihan. Terlebih umumnya tidur malam ibu terganggu karena sering menyusui bayi. Jadi, ibu boleh tidur siang agar tidak kelelahan.Hal ini Tidur justru merupakan kebutuhan utama setiap manusia yang harus dipenuhi, termasuk oleh para ibu baru.

Tidur membantu mengembalikan stamina sehingga mempercepat proses pemulihan setelah melahirkan. Saat ibu tidur, sistem imun akan mengeluarkan senyawa yang disebut sitokin untuk melawan peradangan dan infeksi dalam tubuh. Jika ibu  tidak tidur cukup, tubuh kekurangan sitokin untuk mencegah ibu akan  jatuh sakit.

Durasi tidur siang yang dianjurkan adalah sekitar 1 jam. Lebih dari itu justru akan membuat tubuh terasa lemas dan kurang bertenaga. Namun setiap kondisi orang akan berbeda, pada umumnya ibu baru (ibu yang baru saja melahirkan) akan sulit untuk tidur akibat mengurus bayinya.

Tidur siang pada ibu yang baru melahirkan memiliki berbagi manfaat bagi ibu maupun sang bayi. Berikut ini  manfaat tidur siang  untuk ibu pasca melahirkan :

  1. Dengan tidur sistem daya tahan tubuh  akan meregenerasi sel-sel dalam tubuh yang rusak menjadi sel-sel baru.
  2. Mengembalikan stamina tubuh yang sudah lelah.
  3. Memperbaiki sistem daya tahan tubuh untuk melindungi tubuh dari penyakit
  4. Meningkatkan daya konsentrasi.
  5. Melancarkan produksi ASI.
  6. Mengganti waktu tidurnya yang kurang di malam hari karena terbangun untuk menyusui anak.
  7. Mengurangi risiko ibu kelelahan yang memicu sakit.
  8. membantu dalam mengelola stres sehingga mencegah timbulnya depresi setelah melahirkan atau pun baby blues.


Merawat dan menjaga bayi yang baru lahir memang bisa sangat melelahkan. Jika tak pandai mengatur waktu, seorang ibu mungkin akan lebih sering mengalami kurang tidur. Untuk mencegah kondisi tersebut terjadi, berikut beberapa tips istirahat setelah melahirkan yang bisa di rumah:

Tidur ketika bayi sudah terlelap

Tidur ketika bayi sudah terlelap merupakan salah satu kesempatan yang bisa digunakan sang ibu untuk ikut tidur. Apabila ibu mempunyai tanggungan rumah, seperti mencuci atau sebagainya ibu bisa menyalakan alarm.

Memahami pola tidur bayi yang berubah

Memahami pola tidur bayi baik ketika bayi tidur di siang hari atau malam hari, baik dari durasinya maupun jamnya. Semakin bertambahnya usia bayi dari bulan ke bulan semakin memudahkan ibu untuk istirahat. Dimana semisal pada usia bayi satu bulan, bayi setiap 2 jam sekali bangun untuk minum ASI, ketika bayi sudah berusia 4 atau 6 bulan bayi terbangun setiap 4 jam sekali.

Tidur lebih awal

Ketika sudah melahirkan, akan lebih baiknya seorang ibu mulai menerapkan tidur lebih awal. Misalnya apabila ibu biasanya tidur pukul 10 maka ibu mencoba untuk tidur pukul 9 selama kurang lebih seminggu

 Minta bantuan keluarga atau pun suami

Ketika seorang ibu baru mengalami kesulitan dalam istirahatnya, seorang ibu lebih baik jika meminta bantuan dari keluarga maupun pasangannya. Seperti halnya ketika melakukan pekerjaan rumah bisa meminta bantuan kepada pasangan, dan ketika sang bayi tertidur bisa meminta bantuan keluarganya untuk menjaga bayi ibunya.

Hal ini juga bermanfaat selain untuk sang ibu juga untuk keluarga dan juga pasangan, dimana akan semakin menambah harmonis dan kebahagiaan untuk keluarga. Selain itu, sang bayi juga dapat merasakan kedekatan tidak hanya dengan orang tuanya, namun dengan anggota keluarga yang lain.