Lebaran merupakan momen yang paling dinantikan oleh umat Muslim setelah bulan Ramadhan berakhir. Setelah sholat Idul Fitri berjamaah, banyak orang yang merayakan dengan makan bersama. Merayakan lebaran bersama keluarga besar merupakan kenikmatan yang tak ternilai.

Siapa sih yang nggak pengen kumpul dengan keluarga saat lebaran? Banyak orang  bela-belain untuk mudik demi berkumpul saat lebaran. Orang-orang menerjang jalan puluhan kilometer hingga melewati luasnya lautan agar dapat bertemu dengan keluarga yang berbeda kota, provinsi, hingga berbeda pulau.

Selain dapat berkumpul dengan keluarga, lebaran juga identik dengan bersilaturahmi dengan tetangga, saudara, dan keluarga besar. Saat lebaran biasanya banyak tersaji makanan dan minuman manis, bersantan dan berlemak.

Rendang, opor, gulai kambing, sate, ketupat, dan aneka gorengan menjadi menu makanan pokok  yang khas saat lebaran. Sedangkan cemilan yang ada sering disajikan yaitu dodol, kurma, stick, dan makanan ringan.

Aneka kudapan spesial disiapkan, mulai dari makanan sekadar makanan ringan hingga makanan pokok untuk menemani waktu bercengkerama saat berkumpul. Dengan kondisi seperti ini, berbagai penyakit sudah siap menunggu bila Anda tidak dapat mengontrol pola makan.

Kategori Penyakit yang Sering Terjadi Pasca Lebaran 

1. Penyakit kronis yang kambuh

Makanan manis, bersantan dan lemak merupakan musuh bagi banyak orang yang menderita penyakit kronis, seperti hipertensi (tekanan darah tinggi), kolesterol tinggi, diabetes, asam urat bahkan sampai serangan jantung dan stroke.

2. Penyakit karena kelelahan dan kecapean

Kegiatan mudik dan lebaran biasanya akan buat orang kurang tidur dan kelelahan. Akibatnya, bila tidak diimbangi dengan pola makan yang sehat, maka penyakit-penyakit seperti ISPA (Inspeksi Saluran Pernapasan, batuk, pilek dan radang tenggorokan.

3. Penyakit karena kurangnya kebersihan

Pada suasana lebaran, biasanya sampah kanan dan lalat ada dimana-mana, bila kondisi ini tidak dapat diatasi dengan benar akan sangat mempengaruhi kesehatan, terutama yang berkaitan dengan  sistem pencernaan seperti diare, tifus, dan lainnya.

Hal lain adalah masalah yang dihadapi oleh masyarakat perkotaan yang biasanya bergantung pada asisten rumah tangga (ART). Saat banyak para ART mudik, orang-orang kota biasanya sulit mencari makanan sehat dan bersih.

4. Penyakit ‘Finansial’

Finansial gimana nih maksudnya? Siapa sih yang nggak tau THR? Nah, THR ini yang sering diharapkan orang dari berbagai usia di saat lebaran yaitu Tunjangan Hari Raya. Budaya THR ini menjadikan orang lebih konsumtif dan nggak ragu berbelanja.

Berbelanja yang terlalu banyak hingga mubazir, beli baju lebaran, aneka makanan dan kebutuhan rumah lainnya. Tampil lebih cantik dan ganteng dari biasanya untuk mempersembahkan hari raya Idul Fitri bersama.

Lalu, bagaimana cara mencegah agar terhindar dari penyakit pasca lebaran Penyakit-penyakit tersebut seharusnya bisa dicegah bila orang tetap bisa menerapkan pola hidup sehat dan dapat mengontrol makanan yang akan dikonsumsinya.

Untuk menghindari makanan yang disukai memang sulit tapi perlu diketahui kalau kita makan yang kurang sehat, tubuh kita akan lebih mudah terserang penyakit dan bahaya jangka panjang. Sebenarnya nggak sulit juga kok kalau kita ingin terhindar dari penyakit pasca lebaran.

Tapi mungkin kita bisa coba menerapkan tips dan trik berikut demi kesehatan tubuh kita.

1. Istirahat yang cukup

Setelah mudik dan berkumpul dengan keluarga, biasanya banyak orang yang mengalami kurang tidur. Hal ini bisa menurunkan stamina dan sistem kekebalan tubuh, yang akibatnya mudah terserang berbagai penyakit.

2. Tetap perhatikan kebersihan makanan.

Budaya menjaga kebersihan sangat penting. Apalagi kebersihan makanan. Makanan yang akan masuk ke pencernaan haruslah bersih dan sehat supaya terhindar dari penyakit pencernaan.

3. Perhatikan kebersihan tangan sebelum makan

Tangan yang terlihat bersih belum tentu bersih. Karena apa? Kuman dan bakteri ukurannya sangat kecil hingga yang terlihat dengan kasat mata. Sehingga perlu cuci tangan memakai sabun supaya bersih.

4. Bagi orang yang menderita penyakit kronis, harus tetap patuh mengonsumsi obat dan mengontrol pola makan.

Pola makan yang salah dapat mengakibatkan hal yang fatal bagi tubuh. Sehingga perlunya makan makanan buah dan sayur. Karena mengandung banyak kandungan vitamin dan zat lain yang baik bagi tubuh.

Kandungan vitamin pada buah dan serat pada sayuran bagus untuk meningkatkan imun tubuh sehingga tubuh dapat terhindar dari penyakit dari virus atau bakteri.

5. Hindari makanan yang mengandung kolesterol dan lemak tinggi, seperti jeroan, sea food, daging-dagingan dan kue-kue manis.

Makanan yang mengandung kolesterol dan lemak tinggi supaya dapat terhindar dari obesitas dan penyakit lainnya.

Setelah kita tahu penyakit yang sering ditimbulkan pasca lebaran, kita harus bisa menerapkan atau mencoba tips dan trik agar kita bisa terhindar dari penyakit tersebut, bayangan bila kita tidak mewaspadai makanan dan terus mengonsumsi makanan sembarangan, tubuh kita akan terkena penyakit  yang mengerikan.

Bila ingin terhindar dari penyakit solusi yang tepat yaitu tetap konsumsi buah dan sayur untuk membantu menyerap dan mengimbangi kolesterol. Selain itu, juga untuk melancarkan sistem pencernaan.