Ini buat kamu yang jomblo tapi punya gebetan alias teman tapi mesra (ttm) yang sudah sangat dekat? Sering bersama baik di dunia nyata dan maya. Di dunia nyata bikin kegiatan bareng karena punya dunia yang sama, misalnya pekerjaan di bidang Event Organizer (EO).

Di dunia maya, media sosial (medsos) kalian berhubungan lewat japri-japrian, mesenjeran dan sebagainya yang bersifat privat. Pokoknya, kamu sudah merasa yakin akan keakraban kalian. Lebih-lebih yakin kalau dia akan menjadi milikmu. Tinggal menunggu siapa yang akan menyet (menyatakan) cinta duluan karena sudah saking dekatnya. 

Namun, tiba-tiba dia posting di WhatsApp (WA) status tentang mantannya. Misalnya; dia membagikan foto mantannya yang cantik plus punya suara bagus itu. Ex girlnya yang mau manggung di sebuah kafe lalu ditambahkan caption, "Join yuk."

Oh my God! Dunia rasanya berakhir, runtuh. Antara benci, cemburu, kesal, marah, sedih, dan sebagainya. Jadi ingin menangis sambil menyanyikan dengan keras-keras lagunya Terry Fatiah yang judulnya harusnya kau memilih aku atau izinkan aku menyayangimu daur ulang dari lagu Iwan Fals. Atau lagunya Armada, asal kau bahagia. Sampai lagu Shawn Mendes, treat you better dan lagu-lagu galau lainnya.

Tenang, masih banyak jalan menuju Roma, all roads to Rome, untuk mendapatkan cinta dan dirinya atau pergi meninggalkannya untuk mencari yang lebih serius sama kamuTapi cari tahu dulu dong apa yang telah terjadi? Tetap stay cool, yaIkuti sembilan (9) langkah-langkah berikut ini:

Pertama, tarik nafas dalam-dalam dan embuskan pelan-pelan. Kamu perlu menyegarkan pikiran dengan udara yang bersih. Kalau perlu pergi ke tempat yang banyak pohonnya dan sepi untuk membuat kamu bisa menarik napas sekaligus tidak rebutan oksigen dengan yang lain (wow, oksigen dan laki-laki jadi rebutan).

Dengan masuknya udara yang segar, diharapkan pikiranmu juga jadi lebih fresh. Sehingga bisa berpikir jernih. Emang selama ini dia ngasih tanda-tanda suka gak, sih? Kalau jawabannya tidak, berarti percuma dong kalau kamu selama ini cuma Geer duluan.

Kedua, ke warung makan, atau restoran, atau pesan makanan enak via online, biar kamu senang. Makan makanan enak bisa membuat mood jadi berubah lebih baik. Setelah makan, semoga kamu bisa berpikir lebih baik dan tidak galau hanya karena status receh begitu.

Ketiga, jalan-jalan. Apalagi kalau jalan ke mall. Jalan ke mall, walau hanya cuci mata, setidaknya, buat pikiran dan persepsi sedikit berubah. Dengan melihat yang 'indah-indah' semoga, bisa membuat suasana hati bahagia. Apalagi, kalau jalan di taman, dan bertemu dengan cowok cakep. 

Keempat, kalau sudah biasa saling melihat dan  mengomentarin status, pede aja lagi, buat komentar pada postingnya. Misalnya, "Ikut." Dan lihat responnya. Kalau dia balasnya bilang, "ayo", atau "siap" bisa jadi, dia cuma mendukung kegiatan mantannya itu. So, masih ada jalan menuju hatinya. Semangat lagi, ya! Tapi, kalau tidak dibalas atau malah balasannya aneh misalnya cuma emoji tanda ok, atau "hmm...". Berarti bisa jadi tidak ada harapan.

Kelima, buat posting tandingan. Status dia tentang perempuannya yang dulu bisa kamu lawan dengan membagikan gambar mantanmu juga, atau gambar cowok lain dan diberikan kata-kata yang menarik perhatian, misal, "Cakep banget, sih?"

Kali-kali saja, dia cemburu. Atau awal statusnya tadi dia cuma ingin membuatmu cemburu dan ingin kamu merespon statusnya untuk tahu perasaanmu padanya. Lihat apa yang terjadi? Kalau tidak ada komentar apapun darinya, yah, sudahlah. Berarti selama ini, kamu buat dia hanya sebagai teman baik dalam pekerjaan.

Keenam, langsung tanyakan. Daripada capek selama ini cuma berharap, cuma bisa Geer duluan, pancing dia untuk berbicara yang sebenarnya. Balas statusnya dengan kalimat, "CLBK, ya?" Jika jawabannya, "tidak", selamat, kamu semakin bisa membuka jalan untuk memperlihatkan perasaanmu yang sebenarnya. Kalau jawabannya, "ya", alamat, tinggalkanlah dirinya. Sudah jelas, kan? Apa maksud statusnya.

Ketujuh, setiap orang punya kelebihan dan kekurangan. Jangan iri sama mantannya yah. Jika langkah-langkah diatas tidak bisa kamu lakukan, mulailah memperbaiki kualitas diri. Kamu tidak punya suara bagus, tapi jago masak, kembangkan. 

Mungkin bukan cowok itu yang melirikmu, tapi orang lain yang melihatmu lebih dari perempuan lainnya. Jangan lupa perawatan diri bukan hanya ke salon tapi merawat diri di rumah dengan bahan-bahan tradisional juga asyik. Biar tidak kalah cantik sama mantannya. 

Kedelapan, seperti lagu ST 12, cari pacar lagi. Kamu cari gebetan lagi saja. Kata orang, jangan cuma punya satu, tapi harus punya cadangan. Jadi jika dia tidak bisa diharap, ada harapan yang lainnya. 

Kesembilan, semoga, bisa diterapin, ya. Don't be sad, ya. Go go, girl. Jangan takut punya gebetan lagi. Temukan gebetanmu yang akan jadi Mr. Right nanti. 

Jadi, gimana? Tetap keren, jadi keren, lihat berbagai posting gebetan kamu. Habis, kamu juga keren banget, kok.