Aku bukanlah penggemar berat Korean Pop, K-Pop. Aku tidak mengetahui nama penyanyi atau menghafal lagu-lagunya yang lagi hitz. Aku juga tidak banyak menonton film atau drama Korea, drakor. 

Drakor yang benar-benar kutonton cuma beberapa, seperti Hwang Ji Ni, yang bercerita tentang kisah Geisha, Hwang Ji Ni yang punya bakat dan keahlian menari yang luar biasa. Kemudian, bumbu kisah cintanya yang tak sampai dengan seorang anak pejabat kerajaan membuat aku berurai air mata. 

Lalu ada drakor Descendant of the Sun (DOTS) yang sangat romantis. Mana pemainnya adalah pasangan yang serasi sekali lagi. Mereka adalah Song Hye Kyo dan Song Joong Ki. 

Menurutku, Song Hye Kyo itu sangat cantik, anggun, lembut, dan punya gaya berbusana yang modis. Aku suka sekali melihat Instagram-nya yang fashionable

Sedangkan, Song Joong Ki adalah laki-laki yang cakep plus manis. Aku melihatnya sangat keren di film yang berjudul A Werewolf Boy. Saat itu dia berperan sebagai laki-laki siluman serigala.

Ketika mereka disatukan dalam drakor DOTS, mereka dan drakor ini jadi sangat terkenal. Aku pun selalu berusaha mengikuti drakor ini.

Song Song (jadi) Couple

Ketika kemudian pasangan drakor ini berkencan, aku termasuk orang yang berbahagia. Mereka pasangan sesuai dan serasi sekali. Apalagi ketika pernikahan mereka viral. Mereka jadi Song-Song couple tanggal 31 Oktober 2017.

Saat itu, aku sangat percaya, cinta tidak mengenal usia, umur. Song Hye Kyo yang kelahiran 22 November 1981 sudah berumur 35 tahun, menikah dengan Song Joong Ki yang berumur 31 tahun karena lahir pada tanggal 19 September 1985. 

Usia mereka terpaut kurang lebih empat tahun. Namun, cinta mengalahkan segalanya. Mereka berkencan secara sembunyi-sembunyi sejak bermain di DOTS, tapi penampilan mereka berdua di acara-acara selalu tampak seiya-sekata.

Cinta Tak Seindah Drakor

Namun drakor yang selalu romantis menyatukan dua sejoli yang saling mencintai tidak seindah kenyataan pada para pemainnya. Song-Song couple di akhir Juni dan di awal bulan Juli 2019 diumumkan bercerai setelah sebelumnya dikabarkan pisah ranjang, pisah rumah.

Oh my God! 

Aku ikut sedih, kok bisa, ya? Mereka berdua (mungkin) cinta lokasi di drakor DOTS, kemudian mereka berpacaran lalu menikah.

Namun, mengapa mereka bisa bercerai? Bercerai, bukan putus cinta. Bercerai sebagai pasangan suami-istri, bukan putus sebagai sepasang kekasih. Padahal sebelumnya mereka kelihatan nyambung secara finansial, fisikal, intelektual apalagi emosional, setelah saling jatuh cinta, berkencan, dan memutuskan menikah.

Sekufu...

Seperti hidup, cinta juga harus beradaptasi, penyesuaian, apalagi bagi pasangan suami-istri. Ketika berita online memberitakan alasan Song-Song couple bercerai karena beda kepribadian, bagiku, ini adalah alasan aneh yang nyaris baru terdengar.

Biasanya, alasan orang bercerai karena orang ketiga. Walau Song Hye Kyo dirumorkan berselingkuh dengan lawan mainnya, Park Bo Gum, di drakor Encounter yang merupakan drakor baru Song Hye Kyo setelah menikahTapi, hal itu dibantah karena tidak benar. 

Adalah prinsip dalam Islam untuk Sekufu dalam memilih pasangan. Sekufu yang berarti sepadan. Sepadan dalam kedudukan, seperti pendidikan, status sosial, ekonomi, dan lain sebagainya. 

Mungkin istilah kerennya zaman sekarang adalah sevisi dan semisi. Namun, apakah Song-Song couple akhirnya tidak sekufu walau mereka berdua adalah pasangan aktor dan aktris drakor? Song-song couple tidak sevisi dan semisi dalam hidup walau mereka berdua berasal dari bani yang sama, Song? Yang juga menjadi penghalang bagi mereka untuk menikah juga di awal.

Entahlah, aku tidak pernah akan tahu kejelasannya. Karena aku hanya berasumsi, mereka berdua yang paling tahu permasalahannya sendiri. Mereka berdua yang paling mengerti mengapa mereka berpisah. Biarlah cerita cinta yang telah usai hanya milik mereka. Aku dan mungkin kamu hanya perlu memaklumi takdir mereka.

Song Hye Kyo Tetap Cantik

Kabar yang baru mengabarkan, Song Hye Kyo tampil pertama kali dalam iklan perhiasan setelah pengumuman berakhirnya pernikahannya dengan wajah cantik dan senyum yang tetap menawan. 

Syukurlah!

Song Hye Kyo adalah bintang yang sangat profesional walau telah digugat cerai oleh suaminya, Song Joong Ki. Dia muncul dengan pesona kecantikan dan keanggunannya. Tanpa pernyataan apa-apa, bicara yang buruk-buruk seperti kasus perceraian yang biasanya (saling) mengumbar keburukan pasangan di Indonesia. 

Benar juga quotes dari Rabindranath Tagore, yang biasa kita baca, "If you cry because the sun has gone out of your life. Your tears will prevent you from seeing the stars."

Artinya: Jika kamu menitikkan air mata saat merindukan matahari, air matamu akan menghalangi melihat bintang-bintang. Maknanya, menurutku, ketika kita hanya fokus pada suatu "hal", kita tidak bisa melihat "hal-hal" yang lain lagi.

Song Hye Kyo mungkin telah belajar melihat hal lain, tanpa cuma terpaku pada suatu hal. Dia belajar move on dari permasalahan cintanya, rumah tangganya, hidupnya.

Song Hye Kyo tetaplah cantik, baik hati, berpikir positif, dan optimis untuk mendapatkan cinta laki-laki yang lain di luar sana. Karena hidup harus berlanjut, dan cinta harus tetap ada dalam hidup.