Jagalah pikiranmu, karena akan menjadi perkataanmu
Jagalah perkataanmu, karena akan menjadi perbuatanmu
Jagalah perbuatanmu, karena akan menjadi kebiasaanmu
Jagalah kebiasaanmu, karena akan membentuk karaktermu
Jagalah karaktermu, karena akan membentuk nasib
Jadi nasib/karmamu berawal dari pikiranmu. ~Dalai Lama 

Semua orang pasti pernah merasa takut. Dan saya pun juga. Pastinya para pembaca juga merasa takut. Takut sudah menjadi bagian kehidupan manusia di seluruh muka bumi ini.

Sodara, rasa takut itu adalah hal yang paling jahat dalam alam sadar kita. Dia membuat orang khawatir berlebihan akan hidupnya, pikiran menjadi kacau.

Orang menderita karena rasa takut yang berlebihan akan menciptakan hal yang spele menjadi yang besar.

Sekarang kita membahas rasa takut itu. Mengapa orang merasa takut? Bagaimana dampaknya bila kita terpenjara oleh rasa takut? Solusi mengatasi ketakutan?.

Terpenjara Oleh Ketakutan. Rasa takut adalah perasaan tegang dalam pikiran, karena kemungkinan akan kehilangan sesuatu. Sesuatu itu bisa saja berupa harta, jabatan, atau hidup. Mengapa rasa takut muncul? Karena perasaan kita sedang terancam.

Akar dari rasa takut adalah kesalahan dalam berpikir. Mengira sesuatu itu abadi. Kita kadang menggantungkan hidup kita pada sesuatu, dan kita mnegira bahwa semua itu adalah kebenaran sejati yang bertahan untuk selamanya.

Kita tidak merasa kalua kita telah di tipu oleh pemikiran kita sendiri. Pikiran kita menciptakan segalanya, dan kita kira semua itu benar utuh dan abadi. Padahal pikiran itu bersifat dinamik dapat berubah ataupun biasa saja lenyap dan hal yang belum tentu benar padahal itu tidak terjadi.

Dampak Ketakutan. Saat pengambilan keputusan, kadang kita salah, oleh karena rasa takut yang memimpin pikiran kita sehingga kita tidak dapat beripkir secara jernih. Kadang kita tergesa-gesa dan gelisah dalam pengambilan keputusan.

Katakutan hanya dapat membuat jarak antara orang-orang yang paling dekat dengan kamu, kadang bisa saja menjadi musuh kamu. Itulah ketakutan. Cobaan tidak hanya dari luar kita tetapi dari dalam diri kita, yaitu pemikiran kita sendiri.

Jadi, pikiran kitalah yang sebenarnya yang membawa kesengsaraan dalam hidup kita.

Melawan Rasa Takut. Ketika kita berada dalam ketakutan, hanya akan menambah beban dalam hidup. Kita harus melawan rasa takut, karena dari situlah kita bisa belajar dan membuat kita lebih dewasa dalam bertindak.

Jika kita masih saja berada dalam pemikiran rasa takut, kita tidak akan pernah berubah menjadi lebih dewasa dalam pemikiran. Keberanian adalah kuncinya. Jika kita berani mengambil keputusan tanpa peduli dengan rasa takut, kita akan lebih dewasa dalam bertindak dan berpikir. Karena rasa takut akan mendidik kita ke arah yang lebih dewasa.

Takut hanya menimbulkan kesengsaraan dalam hidup kita. Jadi kita tidak perlu lagi merasa takut atas segala hal yang muncul dalam pemikiran kita.