Al-Azhar Cairo PLG
2 bulan lalu · 91 view · 3 menit baca · Hiburan 46183_89021.jpg

Ternyata Kpop Sebar Nilai Positif

Demam Korea, atau Korean Wave, telah menyebar di seluruh dunia sekarang, tidak terkecuali di Indonesia. Selain drama dan film, musik-musik Korea juga merupakan hal yang tidak terlepas dari Korean Wave ini. 

Industri hiburan di Indonesia telah memanfaatkan fenomena Korean Wave ini untuk mendapat keuntungan. Beberapa saluran TV di Indonesia telah menayangkan drama-drama Korea seperti drama Encounter dan Whats Wrong With Secretary Kim di layar kaca Indonesia. 

Tidak hanya di bidang perfilman, Korean Wave juga ada di bidang Musik, yaitu Korean Pop. Korean Pop atau yang lebih dikenal dengan sebutan Kpop, kini telah merasuki remaja-remaja di Indonesia. 

Siapa sekarang yang tidak tahu dengan BTS, EXO, BigBang dll? Grup-Grup Kpop ini telah menjadi idola remaja Indonesia saat ini.

Tidak sedikit orang beranggapan negatif tentang budaya Kpop yang telah masuk ke Indonesia ini. Beberapa orang beranggapan bahwa menyukai Kpop adalah hal yang buruk. 

Beberapa orang juga bilang bahwa budaya Kpop hanya membawa keburukan kepada remaja-remaja yang ada di Indonesia. Namun hal itu tidak tepat, sebab sebenarnya ada banyak nilai positif yang dapat diambil dari menyukai Kpop.


Dilansir dari inikpop.com, Kpop ternyata membawa beberapa hal positif. Di antaranya: Kpop mengajarkan penggemarnya soal kerja keras.

Salah satu bukti nyatanya adalah BTS. Salah satu grup Kpop bernama BTS berasal dari agensi kecil yang kurang diperhitungkan dan kurang dipandang, tapi dengan usaha dan kerja keras mereka, BTS pun dapat menembus pasaran musik di Amerika. 

Para penggemar BTS pasti akan terinspirasi oleh kisah idola mereka. Saya sendiri ikut terinspirasi dari kisah BTS yang awalnya kurang dipandang sampai bisa sesukses sekarang.

Lirik lagu-lagu Kpop juga dapat menginspirasi. Kebanyakan lagu Kpop memiliki makna yang mendalam di liriknya. Contohnya adalah lagu Amber yang berjudul Beautiful

Lirik lagu tersebut mengajarkan bahwa kita tidak boleh malu dengan kekurangan fisik kita. Ada juga lagu Exo yang berjudul The Eve, salah satu liriknya mengajak kita untuk tidak mudah menyerah dan harus bangkit.

Tidak hanya sampai di situ, Kpop juga dapat membuat kita tambah modis. Kenapa? 

Sebagai seorang penggemar, siapa yang tidak suka mengikuti gaya idolanya? Hal ini juga berlaku dengan penggemar Kpop; dan sebagai idola semua orang, Idol Kpop harus selalu terlihat modis. Rata-rata fans Kpop pasti juga akan mengikuti gaya idolanya yang modis itu. 

Baca Juga: Virus Kpop

Kpop juga dapat menambah teman sebabnya Kpop adalah sebuah komunitas yang besar, penggemarnya juga ada di berbagai belahan dunia. Fandom dari sebuah grup Kpop itu biasanya cukup besar dan solid, sebagai contoh ARMY (Fandom BTS). Para ARMY pastinya akan senang jika bisa berteman dengan sesama ARMY.

“Cintai produk dalam negeri,” begitulah kata pepatah. Orang-orang yang tidak menyukai Kpop berasumsi bahwa penggemar Kpop hanya bisa menyukai dan meniru budaya luar, tetapi faktanya tidak jarang idola Kpop juga memakai produk lokal kita. Beberapa Idol Kpop pernah terlihat memakai batik, sendal jepit khas Indonesia, dan lainnya.

Beberapa buktinya adalah :  

Sehun Exo pernah memakai batik saat acara musik Inkogayo

Rapper Jay Park juga pernah memakai kaos ‘Damn I Love Indonesia’ di salah satu konsernya.

Selanjutnya, dampak baik dari menyukai Kpop adalah wawasan kita akan bertambah. Sudah pasti penggemar Kpop akan mempelajari budaya Korea. Mereka akan belajar tentang bahasa, makanan, dan budaya Korea lainnya. 

Dalam hal ini juga ada dampak buruknya karena, jika mereka terlalu cinta dengan budaya Korea, ditakutkan remaja-remaja pecinta Kpop di Indonesia akan melupakan budaya Indonesia.

Kpop tidak selalu membawa hal-hal negatif. Buktinya, Kpop membawa beberapa dampak positif. Masyarakat Indonesia terkhusus masyarakat yang tidak menyukai budaya Kpop di Indonesia harus bisa lebih Open Minded terhadap budaya Korea yang masuk di Indonesia. 


Memang kita juga harus tetap menjaga kelestarian budaya Indonesia, tetapi bukan berarti kita boleh menghina budaya lain. Jadi kita tidak boleh berkesimpulan bahwa Kpop merupakan hal yang negatif.

Baik buruknya budaya Kpop tergantung dengan orangnya. Jika orang  itu mau memanfaatkan budaya Kpop ini dengan baik dan tetap mau melestarikan budaya Indonesia, maka dampaknya akan baik. Begitu juga sebaliknya; jika penggemar Kpop tersebut terlalu berlebihan dan tidak mau melestarikan budaya Indonesia, maka dampaknya akan buruk.

Kalian sebagai penggemar Kpop juga harus ingat bahwa menyukai terlalu berlebihan itu tidak baik. Kalian juga harus tetap mempelajari dan melestarikan budaya Indonesia. Boleh menyukai dan mengagumi, tapi kita harus ingat di mana kita berada.

Artikel Terkait