Virus corona pertama kali muncul di Wuhan, China pada akhir tahun 2019. Setelah itu, covid-19 ini mulai menyebar, dan pada tahun 2020, dunia diguncang oleh merebaknya virus corona yang menyebar dengan cepat ke seluruh dunia.

Dengan maraknya covid-19 ini, pemerintah menghimbau kepada masyarakat dengan slogan 3M yaitu mencuci tangan, menjaga jarak, dan memakai masker. Ada upaya lain untuk memutus mata rantai pandemi covid-19, seperti adanya PSBB, larangan mudik, lockdown, dan PPKM.

Pada awal pandemi, semua aktivitas masyarakat berubah karena adanya penerapan kebijakan dari pemerintah yaitu bekerja dari rumah dan sekolah melakukan pembelajaran secara daring. Banyak dampak yang timbul akibat covid-19 ini. Salah satunya berdampak pada bidang pariwisata.

Tingginya tingkat penyebaran covid-19, akhirnya pemerintah membuat peraturan untuk menutup tempat wisata. Sehingga orang-orang hanya bisa berdiam diri di rumah. Akan tetapi, sekarang semua aktivitas masyarakat sudah mulai kembali dengan menerapkan protokol kesehatan.

Sebab angka penyebaran covid-19 yang mulai menurun di setiap daerah. Akhirnya, tempat-tempat wisata mulai dibuka sesuai dengan aturan daerah masing-masing. Salah satunya tempat wisata yang ada di Purworejo.

Purworejo adalah salah satu kabupaten yang ada di Jawa Tengah. Purworejo ini disebut Kota Pensiunan karena banyak para purnawirawan TNI yang berasal Purworejo, seperti Jendral Ahmad Yani, Jendral Sarwo Edhi Wibowo, dan W. R. Supratman.

Purworejo memiliki banyak tempat wisata yang cocok untuk kalian kunjungi setelah lama berdiam diri di rumah. Contohnya Pantai Jati Malang. Pantai ini menjadi salah satu tempat yang digemari masyarakat Purworejo untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman.

Pantai Jati Malang terletak di Desa Jati Malang, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Purworejo. Pantai yang memiliki pemandangan pesisir pantai yang indah. Dengan kombinasi langit yang biru dengan semburat awan putih, dan jernihnya air laut. Dapat memuaskan pandangan kita saat melihatnya.

Ombak yang cenderung lebih besar sehingga untuk kalian yang datang ke sana harus berhati-hati. Gazebo yang berjajar di pinggir pantai dapat digunakan untuk kalian istirahat sambil menikmati suasana pantai. Selain itu Pantai Jati Malang terdapat kolam renang untuk bermain anak-anak yang terbuat dari terpal.

Banyak pula kapal para nelayan yang berjajar. Jika beruntung, kalian dapat melihat para nelayan pergi berlayar untuk mencari ikan. Ada juga patung Dewa Ruci yang menjadi ikon Pantai Jati Malang.

Selanjutnya adalah Curug Siklotok. Curug ini terletak di Desa Kaligono, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo. Pemandangannya yang sangat indah dan airnya yang jernih. Dikelilingi dengan rimbunnya pepohonan yang tumbuh. Ditambah dengan suasana sejuk dan suara gemercik yang turun dari atas.

Dengan mengunjungi curug kalian akan merasa senang dan kepuasan tersendiri serta karena suasananya yang menenangkan itu akan menghilangkan beban pikiran kita.

Bagi kalian pencinta sejarah atau suka hal-hal yang berbau sejarah, tempat wisata yang satu ini tepat untuk kalian. Museum Tosan Aji merupakan satu-satunya museum yang ada di Purworejo.

Museum ini menyimpan banyak benda-benda koleksi Tosan Aji seperti keris, pedang, cundrik, tombak, dan lain-lain. Serta benda cagar budaya berupa patung, prasasti, yoni, lumpang, batu pipisan, guci, batu gong, dan lain-lain.

Selain itu juga, museum ini menyimpan gamelan kuno Kyai Cokronegoro hadiah dari Sri Susuhunan Pakubuwono VI. Museum Tosan Aji sangat cocok untuk kalian yang ingin menambah wawasan mengenai sejarah sekaligus liburan bersama keluarga dan orang-orang terdekat.

Setelah membahas mengenai Pantai Jati Malang, Curug Siklotok, dan Museum Tosan Aji. Kemudian ada tempat wisata yang menjadi ikon dari Kabupaten Purworejo yaitu Alun-Alun Purworejo.

Jika kalian berlibur ke sini, kalian akan menemukan Alun-Alun Purworejo yang dikelilingi dengan taman bermain anak, tempat olahraga, tempat pentas seni, gazebo, dan banyak spot foto yang bagus. Di tengah alun-alun terdapat pohon beringin kembar yang menggambarkan keragaman suku budaya yang menyatu.

Terlepas dari Alun-Alun Purworejo itu, ada Hutan Pinus Kalilo yang terletak di Kecamatan Kaligesing lebih tepatnya di Desa Tlogoguwo. Hamparan pemandangan pepohonan pinus sekaligus barisan perbukitan. Udaranya yang sangat sejuk, nyaman, dan pemandangannya yang memesona serta banyak spot foto yang bagus dan menarik.

Suasananya yang dingin dapat menghilangkan penat serta beban pikiran. Di sana kalian juga dapat menggelar piknik bersama keluarga serta  disediakan tempat untuk mendirikan tenda (camping ground). Tapi, tetap harus hati-hati jika kalian berkunjung ke Hutan Pinus Kalilo ini, karena langsung berhadapan dengan jurang.

Sebenarnya masih banyak lagi tempat wisata di Purworejo yang dapat kalian kunjungi. Tempat wisata tersebut menjadi pelepas penat bagi masyarakat yang haus akan liburan, setelah hampir 2 tahun di rumah.

Dan menjadi salah satu tempat wisata alternatif yang dapat dikunjungi. Tidak perlu liburan mahal dan mewah, liburan yang sederhana dengan mengunjungi lokasi wisata terdekat saja, bisa menyegarkan pikiran dan menambah wawasan kita.