Siswa SMA Tunas Daud
8 bulan lalu · 38 view · 3 menit baca · Gaya Hidup 16884_68847.jpg

Teknologi, Penolong atau Perusak?

Semakin hari perkembangan teknologi semakin maju dan kita semua tertolong oleh perkembangan tersebut. Perkembangan teknologi mencakup semua hal dan seluruh hal yang kita lakukan. Semuanya pasti hubungannya dengan perkembangan teknologi yang memudahkan segala hal dilakukan atau dikerjakan, Mulai dari yang sederhana hingga hal yang rumit.

Meskipun memiliki banyak manfaat bagi kehidupan kita semua, perkembangan tersebut memiliki dampak negatif yang juga tidak memiliki manfaat dan bahkan merugikan bagi kita semua. Salah satu contoh dari dampak tersebut adalah perubahan perilaku sosial bagi masyarakat-masyarakat yang sudah terbiasa dan mengikuti perkembangan tersebut.

Kebutuhan dan keperluan sehari-hari menjadi lebih mudah

Kebutuhan sehari-hari kita sekarang menjadi jauh lebih mudah untuk kita penuhi jika dibandingkan dengan beberapa puluh tahun yang lalu. Jika ingin mencari bahan pokok, kita hanya perlu ke pasar tradisional maupun modern (Supermarket/minimarket). Ketika ingin mencari pakaian, hanya perlu ke toko pakaian saja.

Keperluan yang dulu sulit diapatkan secara stabil seperti air dan listrik sekarang sudah tersedia dengan mudah, dan ketika ingin bepergian yang jauh dapat menggukan sepeda motor maupun mobil. Segala hal yang dulu memakan waktu lama dapat dilakukan dengan cepat dan efisien sehingga tidak ada terjadi kesalahan yang dapat merugikan.

Memang dengan adanya teknologi tersebut dapat membantu dalam kehidupan sehari-hari tetapi hal tersebut dapat membuat kita menjadi malas karena segala sesuatu yang dulu kita lakukan dengan kerja keras, sekarang dapat dilakukan dengan mudah dan dapat dilakukan oleh siapa saja.

Komunikasi tidak perlu bertatap mata

Karena teknologi semakin maju kita bisa berinteraksi dengan siapa saja dan dimana saja dengan menggunakan telepon, dan juga kita dapat berinteraksi dengan “betatap mata” dengan menggunakan videocall atau aplikasi seperti skype. Tentu hal ini sangat membantu bagi yang melakukan bisnis internasional/ nasional juga yang ingin berbicara dengan orang yang dikasihi.

Akses infomasi sangat mudah 

Dengan adanya internet kita dapat mengakses segala informasi yang ingin kita ketahui yang akan membantu kita dalam menambah wawasan. Tetapi hal tersebut juga memiliki dampak negatif seperti penyalah gunaan internet sebagai cara mendapatkan informasi pribadi seseorang, menyebarkan berita-berita palsu, pornografi, dsb.

Tentu hal tersebut memiliki banyak dampak negatif tetapi hal tersebut bisa diatasi dengan berbagai cara. Jika kita menggunakan internet, kita harus menggukanannya secara cerdas sehingga kita tidak terkena dampak negatif dari internet dan hanya mengambil dampak positif dari intermet, dan memanfaatkan hal tersebut.

Ragam budaya sosial

Dengan adanya tekonologi kita dapat mengatahui segala jenis budaya-budaya yang ada di Indonesia maupun di luar negeri, sehingga mempermudah kita bagi yang ingin mempelajari budaya tersebut. Selain itu kita dapat mempelajari budaya suatu daerah akan kita datangi sehingga tidak ada terjadi kesalahpahaman ketika kita ada di sana.

Kita juga dapat mengambil dan menerapkan budaya asing yang kita anggap dapat membantu menjaga ketertiban dan kenyamanan suatu masyarakat sehingga dapat terjalin hubungan yang baik antara masyarakat. Tetapi hal tersebut juga memliki dampak negatif yang dapat merusak atau menghilangkan budaya asli kita.

Salah satunya adalah cara berpakaian, yang sekarang kebanyakan anak-anak muda mengikuti cara berpakaian yang kebarat-baratan (Western), bukannya tidak boleh tetapi sebelum menggukanan atau menbeli berpikirlah telebih dahulu. Menggukanan barang-barang bermerek ternama (biasa terjadi di masyarakat perkotaan) hanya unutk memamerkan saja.

Pengaruh dalam media hiburan

Selain hal-hal di atas, media hiburan adalah salah satu yang mengalami perubahan besar karena perkembangan tekonolgi, dengan adanya televisi, computer atau laptop, maupun handphone yang mayoritas dimiliki semua orang kita dapat mengakses media ini dengan mudah, contohnya seperti menonton film hingga bermain games dapat dilakukan dengan mudah.

Jika ingin menonton televisi, kita sekarang dapat melakukannya di laptop atau handphone tanpa harus menggukan televisi dan antena seperti dulu dan dapat dilakukan dimana saja. Games juga menjadi sarana hiburan bagi kebanyakan orang terutama bagi anak-anak muda karena mudah dan juga menyenangkan.

Tetapi hal tersebut juga memiliki dampak negatif seperti membuat kita tidak produktif karena sudah terbiasa tidak melalukan apa-apa maupun ingin menyelesainkan film yang ditonton, dan juga sudah pasti akan membuang-buang waktu kita karena hal tersebut tidak memiliki manfaat selain hanya sebagai sumber hiburan.

Selain itu hal tersebut bersifat adiktif terutama games bagi orang yang tidak bisa mengendalikan keinginanya sendiri untuk bermain hal tesebut. Mengapa bersifat adiktif ? karena saat kita bermain games kita akan merasa senang dan juga merasa puas ketika bermain yang akan menyebabkan kita ketagihan untuk bermain terus menerus.

Perkembangan teknologi memang sangat membantu kita dalam kehidupan sehari-hari, tetapi perkembangan tersebut dapat merusak kita juga jika tidak dicerna dan disaring dengan baik sehingga segala sesuatu perkembangan atau perubahan itu boleh-boleh saja tetapi tidak semua harus diikuti atau diterapkan.