Keterampilan membaca idealnya dimiliki oleh setiap orang. Oleh karena itu, pembelajaran membaca perlu dilaksanakan dengan seefektif agar dapat meningkatkan keterampilan membaca.

Untuk meningkatkan keterampilan membaca efektif secara cepat dan memiliki pemahaman yang kuat dapat dilakukan dengan pembelajaran membaca cepat.

Kenapa harus membaca cepat? ternyata membaca cepat memiliki banyak manfaat. Teknik Membaca cepat selain menghemat banyak waktu juga dapat memudahkan kita dalam memahami makna bacaan selain itu juga dapat mencerdaskan otak.

Membaca cepat adalah sebuah keterampilan yang harus dilatih. Keberhasilan dalam menguasai dan mempraktikkan membaca cepat tergantung pada sikap, tingkah keseriusan, dan kesiapan untuk berlatih.

Adapun teknik yang dipilih harus sesuai dengan kebutuhan, agar pembelajaran dan penggunaan teknik tersebut berjalan sesuai tujuan pembelajaran. Teknik scanning merupakan teknik membaca yang khusus diperlukan dalam membaca cepat dan efektif.

Supaya lebih memahaminya, artikel ini akan membahas tentang pengertian teknik scanning, strategi sebelum melakukan teknik scanning, langkah-langkah teknik membaca scanning, dan kelebihan dan kekurangan teknik membaca scanning. Yuk disimak!

Pengertian teknik scanning

Dari segi bahasa kata scanning berasal dari kata scan yang memiliki arti memindai, yang ternyata dapat dijadikan sebuah teknik untuk lebih mudah memahami sebuah bacaan.

Scanning atau memindai ialah membaca dengan sangat cepat. Ketika seseorang membaca memindai, dia akan melampaui banyak kata. Membaca memindai penting untuk meningkatkan kemampuan membaca.

Siswa yang menggunakan teknik membaca memindai dapat memperoleh informasi dengan lebih cepat. Jadi, dalam membaca scanning langsung pada masalah yang dicari yaitu fakta khusus dan informasi tertentu.

Tujuan utama membaca dengan teknik scanning adalah membaca untuk mendapatkan informasi tertentu atau informasi khusus yang diperlukan dari sebuah teks dan membaca untuk mendapatkan fakta khusus tanpa membaca yang lain, jadi langsung ke masalah yang akan dicari.

Membaca dengan cara memindai ini tidak asal digunakan. Jika untuk keperluan untuk membaca buku teks, puisi, surat penting dari ahli hukum, dan sebagainya, perlu lebih detil membacanya.

Membaca scanning umumnya digunakan untuk daftar isi, buku atau majalah, indeks dalam buku teks, jadwal, buku petunjuk telepon, dan kamus.

Strategi sebelum melakukan teknik scanning

Strategi yang baik sebelum melakukan teknik scanning adalah mengidentifikasi informasi spesifik yang dibutuhkan dan mengetahui terlebih dahulu bagaimana informasi tersebut akan diatur dan disusun. Penyusunan materi bacaan yang dapat di scanning biasanya berdasarkan: 

1. Materi yang disusun dalam urutan A-Z. Misalnya, buku telepon dan kamus.

2. Materi yang disusun dalam urutan waktu atau nomor urut. Misalnya, jadwal siaran tv, majalah, dan buku daftar isi.

3. Materi yang disusun berdasarkan suatu kategori. Misalnya, buku manual kendaraan dan jadwal praktik dokter.

Dengan mengetahui bagaimana sebuah materi bacaan scanning disusun, dapat dengan mudah mengatur arah pergerakan mata dalam pencarian dan penelusuran bacaan.

Cara lain untuk membantu efektivitas teknik scanning adalah dengan menggunakan alat bantu berupa jari atau alat tulis yang bisa digunakan dalam memandu pergerakan mata dan menjaga kecepatan telusur yang lebih cepat dan konsisten.

Langkah-langkah teknik membaca scanning

Dalam teknik membaca scanning kita tidak hanya membaca dengan cepat karena ada beberapa langkah yang harus dilalui. Langkah-langkah teknik membaca scanning sebagai berikut: 

1. Tentukan kata kunci, kata kunci yang ingin dicari adalah yang paling penting dalam teknik scanning. Menemukan kata kunci tersebut akan memudahkan Anda dalam mencari informasi.

2. Fleksibel, fleksibel yang dimaksud merupakan tetap memperhatikan informasi yang berada di sekitar kata kunci. Misalnya, apabila kata kunci berbentuk noun maka coba cari dengan kata yang sama dalam bentuk adjective atau bentuk lainnya.

3. Melihat dengan sekilas dan cepat, dalam membaca sekilas cukup melihat setiap barus bacaan tanpa harus memahami atau mencerna kata demi kata dan kalimat.

4. Baca informasi seputar kata kunci, setelah menemukan kata kunci, baca seluruh kalimat dengan cermat. Membaca informasi dapat dibantu dengan menggunakan stabilo untuk menandai kata kunci yang dianggap cukup penting.

Kelebihan dan kekurangan teknik membaca scanning

Ketika kita membaca sesuatu dengan menggunakan teknik scanning, kita mendapatkan beberapa kelebihan dan kekurangan. Berikut ini kelebihan dan kekurangan membaca scanning (memindai), yaitu:

Kelebihan membaca scanning

1. Selesai membaca lebih cepat, sehingga kita merasa semangat untuk membaca bacaan lainnya.

2. Memudahkan kita untuk cepat menguasai informasi.

3. Dapat diterapkan pada semua jenis bacaan.

4. Mampu membantu seseorang mengambil keputusan untuk menyelesaikan sesuatu

5. Sangat membantu siswa menemukan informasi dan fakta spesifik dalam teks. 

Kekurangan membaca scanning

Adanya rasa kebingungan dan hilangnya pemahaman tentang apa yang sedang dibaca, karena keterampilan membaca belum diperoleh dengan teknik scanning. Oleh karena itu, harus banyak latihan untuk memperoleh keterampilan membaca scanning.