Siapa sih yang belum nonton film Ivanna? Film horor salah satu garapan Kimo Stamboel yang berjudul "Ivanna" terus mengalami peningkatan setelah tayang di bioskop pada tanggal 14 Juli 2022. Saat pertama kali tayang, MD Picture mengumumkan Ivanna telah ditonton sebanyak 205.899 penonton. 

Film horor Ivanna baru-baru ini telah menyita perhatian banyak orang hingga viral di berbagai media sosial, terutama TikTok dan instagram. 

Banyak warganet yang memberikan komentar di setiap unggahan video film Ivanna, mulai dari tingkat kehororan hingga banyaknya jumpscare yang ada di film tersebut.

"abis nonton kemarin, kaki gue lemes," tulis salah satu warganet di kolom komentar unggahan TikTok @mdmusikofficial.

"Bagus, rating aku 9/10 pas udah nonton," tulis akun @fdr dalam kolom komentar.

Karena banyaknya antusias penonton film horor Ivanna disinyalir akan terus meningkat. Hampir seluruh bioskop di Indonesia penuh dengan Ivanna setelah MD Picture mengumumkan film KKN di Desa Penari sudah turun dari layar bioskop. 

Film horor Ivanna mengumpulkan lebih dari 500.000 penonton selama empat hari meneror bioskop. Pencapaian itu diumumkan MD Pictures, selaku rumah produksi, melalui unggahannya di Instagram. 

Namun di sisi lain, Pengabdi Setan 2: Communion (2022), juga diprediksi bakal mendulang banyak penonton yang baru akan tayang awal bulan Agustus mendatang. Ivanna pun kini bersaing dengan Thor: Love and Thunder (2022) dan Minions 2: The Rise of Gru (2022).

Film ini akan menjawab alasan karakter Ivanna di film Danur sebelumnya menjadi begitu pemarah. Sosok Ivanna dalam film ini adalah sosok hantu tak berkepala. 

"Kalian akan mengerti kenapa Ivanna itu sosok yang pendendam dan penuh dengan amarah banget, itu ada di film Ivanna ini," kata Sonia Alyssa yang memerankan karakter Ivanna van Dijk dikutip dari YouTube MD Pictures.

Film horror Ivanna berkisah tentang terror seorang gadis Belanda yang bernama Ivanna (Sonia Alyssa), perempuan yang memiliki rambut pirang. Ivanna mengalami kematian tragis karena dibunuh oleh tentara Jepang yang bernama Matsuya yang saat itu menguasai Indonesia.

Arwah penasaran Ivanna pun ingin balas dendam kepada manusia terutama masyarakat pribumi. Ia dikisahkan telah dikhianati padahal dia beserta keluarganya sangat mencintai Indonesia.

Kini, Ivanna meneror Ambar (Caitlin Halderman), perempuan dengan keterbatasan penglihatan tapi mampu melihat hal-hal supranaturaal atau hal gaib.

Teror bermula ketika Ambar dan adiknya sedang berkunjung ke Bandung selama libur lebaran. Mereka mengalami kejadian yang tak terduga  di mana Ambar jatuh ke dalam ruang bawah tanah di rumah kosong.

Di ruang bawah tanah, ia menemukan sebuah patung tanpa kepala yang duduk di pojok ruangan dan tertutup kain putih. Sosok yang awalnya dikira patung ternyata itu adalah Ivanna, hantu Belanda yang sudah siap untuk membalaskan dendam. 

Keesokan hari menjadi lebaran yang paling menyedihkan dan juga mencekam bagi Ambar dan keluarganya. Keadaan semakin mencekam ketika Ambar dan penghuni panti menemukan salah satu dari mereka meninggal tragis penuh darah.

Ambar dan sisa penghuni dituntut untuk menyelesaikan misteri kelam yang terjadi pada masa lalu di panti tersebut sebelum entitas jahat yang penuh dendam mengambil kepala mereka. Bagaimanakah nasib mereka selanjutnya?

Perlu menjadi perhatian bahwa film ini memiliki batasan usia 17+ sehingga tidak direkomendasikan bagi anak-anak sehingga tidak disarankan untuk mengajak anak-anak ketika menonton Ivanna.

Ivanna merupakan film horror yang diadaptasi dri novel best seller karya Risa Saraswati yang berjudul “Ivanna Van Dijk”. Film tersebut juga menjadi spin-off Danur 2: Maddah (2018) dari waralaba Danur Universe.

Film Ivanna digarap oleh Kimo Stamboel, sutradara yang dikenal lewat film horror seperti DreadOut (2019) hingga Ratu Ilmu Hitam (2019). Sedangkan naskah scenario ditulis oleh Lele Leila yang juga menjadi penulis scenario film Danur Universe.

Film Ivanna tidak hanya dibintangi oleh Caitlin Halderman tetapi juga oleh Jovarel Callum, Junior Roberts, Shandy William, dan Sonia Alyssa.

Hal menarik dari film ini adalah keterlibatan orang Jepang asli dalam filmnya. Yaitu musisi asal Jepang, Hiroaki Kato yang debut akting di film horor ini sebagai Matsuya, seorang prajurit Jepang yang punya peran penting dalam teror hantu perempuan Belanda. 

"Sebelumnya jarang ada orang Jepang asli ada di dalam film," kata Kato.

Selain film Ivanna, lagu tentang Ivanna yang dinyanyikan oleh Risa Saraswati ini juga berhasil menarik perhatian warganet. Selain liriknya yang dalam dan mencekam, lagu karya Risa Saraswati ini juga diakui sangat membuat candu para pendengarnya.

Bagaimana? buat yang belum nonton makin penasaran kan sama film yang lagi booming banget ini. Nikmati teror Ivanna di bioskop dan jangan sampai kalian kelewatan nonton filmnya.