Hubungan support system dengan perjalanan hidup? Apa itu support system? Apa hubungannya dengan kehidupan

Manusia merupakan makhluk sosial yang membutuhkan bantuan baik secara materil maupun moral dari sesama manusia lainnya. Kebutuhan materil memang sudah menjadi kebutuhan pokok bagi setiap manusia yaitu seperti uang, barang dan lainnya. Tentu kita membutuhkan orang lain untuk memenuhi kebutuhan materil kita, kan?

Selainkan hal tersebut, manusia juga memerlukan seseorang yang dianggap selalu ada baik pada keadaan susah maupun senang, menceritakan bagaimana keadaan hari ini, berkeluh kesah, memberi solusi, seseorang untuk bercerita dan memberikan dukungan untuk setiap langkah dalam melalui semua masalah.

Pada kehidupan saat ini, tentu kita tak asing dengan kata support system. Secara sederhana, kita dapat mengartikan support system sebagai seseorang atau sesuatu memiliki kedekatan hati, moril, maupun materil. Seorang support system memiliki keistimewaan, kedekatan, dan hubungan dekat bukan hanya dalam fisik melainkan juga dalam membangun psikis yang baik. 

Dukungan sosial sangat berdampak bagi kehidupan manusia yaitu pada kesehatan mental. Untuk kesehatan mental seseorang, pada perjalanan kehidupan sangat diperlukan dukungan yang baik. Kesehatan mental yang baik memberikan kenyamanan pada setiap orang di kehidupan tersebut.

Dukungan yang diberikan juga sebaiknya bukan seperti mengajari ataupun bersikap egois. Support system akan memberikan sebuah solusi dissat kita butuh, merekapun tidak akan memberikan saran yang menyudutkan ataupun memperburuk keadaan dalam diri seseorang. Support system disini menjadi pendengar yang baik bagi sesama individu lain yang membutuhkan semangat.

Support system berasal dari mana saja baik keluarga, teman, maupun pasangan. Misalkan lingkungan keluarga tidak mendukung, sebuah support bisa didapatkan dari teman terdekat maupun pasangan. Vice versa.

Dalam perjalanan kehidupan kita menemui banyak orang dan banyak masalah yang kita hadapi. Pada saat kita terkendala dalam menghadapinya, support system disini berperan sebagai motivator serta semangat kita dalam melewati hal tersebut. Dukungan ataupun dorongan melalui orang sekitar kita akan jauh berarti bagi kita dalam melalui kehidupan. Dan sebaliknya, apabila tidak ada memberikan dukungan untuk melakukan hal positif besar kemungkinan akan terhambat dalam perkembangan seseorang.

Tidak semua orang dapat menjadi support system. Ada seseorang yang tidak suka akan kesuksesan kita dan suka atas kegagalan yang kita alami. Tanpa disadari orang sekitar juga rentan untuk menghancurkan mimpi atau hal positif yang kita capai.

Setiap individu menjalani kehidupan yang berbeda dan di setiap kehidupan manusia pasti bertemu dengan masalah. Dari setiap masalah yang ada, dapat menjadi pertimbangan untuk menyadari siapa saja yang berada di balik layer sampai kita berada di posisi di mana pencapaian diraih dalam hidup kita. Seorang support system tidak selalu menunjukkan bahwa ia akan selalu berada di setiap perjalananmu, tetapi ia akan ada apabila kamu merasakan kontribusi yang telah ia berikan terhadap kehidupanmu.

Menurut Ida N. Faizah, M.Psi, Support system termasuk dalam sebuah hubungan timbal balik yang bersifat saling membantu, symbiosis mutualisme, dan take and give pada setiap orang terhadap orang terdekatnya yang sudah dianggap sebagai support system

Setiap individu dalam perjalanan kehidupan harus take and give karena kita bukan hanya memberi, melainkan juga butuh untuk difahami. Dukungan seperti itu yang menjadikan pentingnya hubungan support system dalam hidup seseorang.

Support system juga bukan hanya dengan orang yang bisa ditemui secara nyata melainkan juga bisa didapatkan secara daring. Selain itu, support system juga sangat memberi pengaruh terhadap perkembangan seseorang bahkan sampai mental pada diri seseorang.

Dapat disimpulkan dari pembahasan di atas bahwa hubungan pentingnya Support system dalam kehidupan seseorang adalah sebagai berikut:

Membantu dalam melewati stress, setiap orang yang memiliki kehidupan pasti akan memiliki stress. Namun, tergantung pada individu yang merasakannya dengan dukungan sosial atau lingkungan yang baik maka stress dalam diri seseorang akan terlewatkan.

  1. Meningkatkan motivasi dengan dukungan sosial yang tepat akan membuat seseorang lebih bersemangat untuk melakukan segala hal.
  2. Menjadi pribadi yang lebih kuat dan sehat. Percaya atau tidak, apa yang sedang Anda pikirkan dan rasakan saat ini dapat memengaruhi kesehatan Anda baik mental maupun fisik. Untuk itu support system yang tepat dapat membawa Anda untuk memilih keputusan yang baik dalam hidup Anda.
  3. Membantu seseorang dalam mengeksplor diri, dukungan sosial yang baik dapat membenatu diri seseorang untuk mengembangkan bakat maupun talent yang ada pada diri seseorang tersebut.


Support system yang kuat memberikan kepercayaan diri dalam seseorang sehingga dapat mengekplorasikan kemampuan diri dengan tepat. Selain itu juga dapat menumbuhkan kepercayaan diri dalam mengambil keputusan dari masa sulit maupun suatu pilihan yang dihadapi.