4 minggu lalu · 26 view · 4 menit baca · Kesehatan 32859_47244.jpg

Sudah Minum Air Mineral Hari Ini?

Zaman sekarang teknologi semakin canggih dan lebih berkembang menjadikan pemanasan global semakin parah. Sehingga mata air mulai mengering, pasokan air di danau mulai menipis menjadikan air mineral yang bersih dan jernih menjadi sulit didapatkan.  

Air mineral adalah air yang mengandung mineral atau bahan-bahan larut lain yang mengubah rasa atau memberi nilai-nilai terapi. Banyak kandungan Garam, sulfur, dan gas-gas yang larut di dalam air ini.

Tingkatkan mood, hilangnya mood tak terus-terusan dihubungkan dengan sebab tertimpa permasalahan. Beberapa peneliti mengungkap kalau keadaan tubuh yang kekurangan konsumsi cairan terus-terusan bisa memengaruhi situasi hati serta kekuatan memikirkan.

Satu penelitian kecil yang dikerjakan pada 25 wanita serta akhirnya ditulis didalam Journal of Nutrition mengungkap kalau dehidrasi bisa memengaruhi situasi hati serta manfaat cognitive. Baik untuk pencernaan, peran air dalam saluran cerna yaitu menolong sistem pencernaan makanan jadi tambah baik. 

Kurangnya air bisa menyebabkan sembelit serta menghalangi laju cerna makanan yang masuk kedalam usus, bila terus-terusan dilewatkan saluran cerna bakal alami rusaknya. 

Mengapa tubuh butuh air setiap hari? Karena tanpa air tak ada kehidupan, Kekurangan air awalnya menekan beberapa mekanisme kerja tubuh, akhirnya mekanisme tersebut berhenti. 

Dan air adalah sumber utama energi. Air mineral dan air putih memiliki sumber yang berbeda, air mineral berasal dari sumber yang kaya mineral, artinya tidak semua air dari berbagai sumber air bisa dianggap sebagai air mineral. Sedangkan air putih berasal dari air sungai,danau, dan sumber air alami lainnya. 

Air mineral dan air putih memiliki harga yang berbeda, air putih sangat ekomomis karena kita bisa memasaknya sendiri di rumah. Sedangkan air mineral lebih mahal karena air mineral melalui banyak proses sebelum akhirnya dikemas dan bisa dikonsumsi.

 Manfaat air mineral dibanding air putih biasa, air mineral memiliki banyak manfaat bagi tubuh, karena kandungan nutrisi dan gizinya. Air mineral memilki beberapa manfaat yaitu, menurunkan berat badan, Air Putih dan semua jenisnya, termasuk air mineral, tidak mengandung lemak dan kalori. 

Anda akan berjuang menurunkan berat badan jika Anda minum minuman ringan dan jus yang mengandung banyak kalori. Laporkan dari Mayo Clinic, saat Anda memilih untuk minum air mineral, Anda bisa menghitung kalori sambil menjaga tubuh tetap terhidrasi. 

Selanjutnya bisa meningkatkan kesehatan tulang Bagi wanita, saat menopause ia akan menderita tulang keropos dan akan merasa mual. Hal ini bisa diatasi dengan minum air mineral biasa. 

Sebuah studi di jurnal ilmiah populer menunjukkan bahwa kalsium dalam air mineral sangat penting untuk menjaga kepadatan tulang dan kemudian mencegah perkembangan penyakit tulang seperti osteoporosis. Ketiga bisa menurunkan tekanan darah, Air mineral mengandung magnesium. 

Nah, magnesium ini berperan penting dalam menjaga tingkat tekanan darah normal. Satu studi menemukan bahwa penderita hipertensi yang memiliki kadar magnesium rendah, saat meminum 1 liter air mineral yang mengandung magnesium, menurunkan tekanan darah.

Terakhir yaitu bisa menurunkan tingkat kolestrol LDL, Salah satu faktor terbesar yang menyebabkan Anda terkena masalah jantung adalah kolesterol jahat, LDL. Orang yang rutin minum air mineral mengalami penurunan drastis dalam risiko masalah jantung akibat kemampuan air mineral menurunkan kolesterol LDL.

 Kandungan lain seperti potasium dan magnesium juga membantu fungsi jantung. Jika kalian jarang meminum air mineral, mengakibatkan macam-macam penyakit seperti, dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh, Dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh tidak selalu ditandai dengan rasa haus atau dahaga. 

Namun, bisa juga ditandai dengan mulut kering, mudah lelah, urin berwarna kuning gelap hingga mata yang cekung. Dalam jangka panjang, dehidrasi akan mengakibatkan tekanan darah rendah, kulit kehilangan elastisitas, hingga sakit kepala atau migrain. 

Jika tubuh tidak terhidrasi dengan baik, alirah darah dan oksigen ke otak menjadi tidak lancar. Bahkan, dehidrasi dalam tahap berat akan menyababkan syok, koma dan juga kematian. 

Selanjutnya dapat menganggu kekuatan otot, sendi dan temperatur tubuh,  Apabila tubuh kekurangan cairan meski hanya sebanyak 5% dari kebutuhan hariannya, maka akan menyebabkan kekuatan otot terganggu. 

Sebab, air juga berfungsi untuk melumaskan sendi agar gerakan tubuh tetap lancar dan mencegah kekauan. Selain mengalirkan oksigen ke otak, air pun berfungsi mengalirkan oksigen ke otot, terutama ketika otot digunakan untuk berolahraga. 

Yang ketiga, dapat menggangu sistem kekebalan tubuh, Air berfungsi melembabkan kotoran di dalam tubuh termasuk pada urine manusia. Kekurangan urin menyebabkan terbangunnya limbah pada tubuh, dan membuat sistem kekebalan tubuh menjadi terganggu.

 Akibatnya tubuh menjadi mudah terserang penyakit. Yang terakhir dapat sembelit atau kontipasi, Air dapat membantu usus besar untuk mencerna makanan dan membantuk tinja.Tapi, jika usus besar tidak berkontraksi dengan baik, maka usus akan menyerap terlalu banyak air sehingga menyebabkan sembelit.

 Menurut Ohio State University Wexner Medical Center, tidak cukup minum air putih adalah salah satu penyebab sembelit yang paling umum. Sembelit atau konstipasi juga dapat menyebabkan wasir dan pendarahan rektum.

Idealnya air mineral salah satu upaya mencegah dari penyakit dehidrasi. Sebaiknya kita meminum air mineral daripada minum minum-minuman yang mengandung pemanis buatan. Maka dari itu, kita harus minum air mineral minimal delapan liter setiap hari agar tubuh kita terhindar dari penyakit-penyakit mematikan.