Arsiparis
2 tahun lalu · 115 view · 2 menit baca · Pendidikan perpustakaan_0.jpg
Foto: pixabay.com

Strategi Telusur Informasi

Menjadi Pemustaka yang Cerdas dan Efektif

Apakah Anda pernah kebingungan apabila Anda membutuhkan informasi yang sebenarnya itu hal sepele karena sekadar ingin mengetahui alamat sebuah perusahaan atau kedutaan sebuah Negara dan Anda kerepotan untuk mendapatkan jawabannya? Mau bertanya ke mana dan pada siapa Anda pun ragu jangan jangan mereka juga tidak bisa memberi solusi akan masalah kita.

Itu adalah sebagian kecil bila kita tidak memahami jenis jenis koleksi di perpustakaan. Mengapa tidak datang ke Perpustakaan Umum di kotamu? Di sana tersedia berbagai macam buku rujukan. Di sinilah pentingnya peranan buku rujukan atau buku referensi bagi orang orang yang mengalami persolan seperti yang tersebut di atas.

Keberadaan buku rujukan memang sering kali terabaikan padahal tidak semua bahan pustaka adalah bahan bacaan yang penggunaannya harus dibaca sampai tuntas berjam jam ataupun berhari-hari. Ada beberapa koleksi khusus yang fungsinya sebenarnya hanya untuk dilihat atau dibaca sekilas isinya. Dengan kata lain penggunaannya hanya  diperlukan apabila kita membutuhkan informasi singkat akan suatu hal.

Informasi itu bisa berupa makna kata, alamat kantor, cara menggunakan sesuatu, lokasi maupun tanggal suatu peristiwa. Informasi yang demikian inilah  yang  biasanya akan kita temukan jawabannya dalam buku buku khusus yang memuat informasi  itu yang lazim kita sebut buku rujukan atau  buku referensi.

Di setiap perpustakaan sebenarnya menyediakan buku buku referensi semacam ini yang biasanya ditempatkan di ruang tersendiri dan  buku buku referensi ini tidak dipinjamkan untuk dibaca di rumah karena kegunaanya yang spesifik tadi, yaitu hanya digunakan sebagai rujukan singkat. Dengan alasan tersebut itulah buku referensi tidak dipinjamkan untuk dibaca di rumah melainkan hanya untuk di baca di tempat.

Ada beberapa jenis  buku referensi yang perlu kita ketahui untuk memudahkan kita dalam menelusuri informasi singkat seperti yang tersebut di atas, di antaranya  adalah :

  • Kamus

Daftar alfabetis kata-kata yang disertai dengan arti kata tersebut.

  • Ensiklopedi

Daftar istilah istilah ilmu pengetahuan dengan tambahan keterangan ringkas tentang arti dari istilah tadi.

  • Direktori

Buku yang memuat alamat alamat berbagai organisasi.

  • Almanak

Buku yang memuat keterangan  penting di suatu saat dan tempat tertentu.

  • Buku tahunan

Buku yang memuat peristiwa peristiwa selama setahun terakhir

  • Buku Pedoman

Ada dua macam yaitu manual (memuat sekumpulan fakta / buku pintar) dan hanbook (yang berisi cara melakukan sesuatu/how to do it)

Dari beberapa buku referensi yang sudah penulis  bahas diharapkan kita tidak lagi kebingungan untuk menemukan  informasi  yang kita butuhkan karena kita sudah mengetahui sumber informasi untuk mengatasi persoalan tersebut.

Agar kita terbiasa dengan buku buku referensi tentu tidak ada salahnya bila setiap kali kita berkunjung ke perpustakaan kita menengok ke ruang referensi agar kita lebih akrab dengan buku buku rujukan atau buku referensi tersebut. Dengan pemahaman yang kita punya mengenai bahan pustaka ini berarti kita telah selangkah menuju menjadi Masyarakat Literasi yaitu masyarakat yang bisa menggunakan sumber informasi untuk memberdayakan kompetensi yang dimilikinya.

Terlebih lagi, karena sekarang bukan lagi era melek huruf tapi melek informasi. Selamat berselancar di dunia informasi. Salam literasi.

Artikel Terkait