Bagi kebanyakan wanita, cantik merupakan salah satu prioritas penting dalam kehidupannya. Pasalnya, wanita dengan paras yang cantik  akan lebih mudah mendapatkan perhatian dan kemudahan  dalam berbagai aspek di kehidupannya. Seperti halnya dalam mencari pekerjaan.

Saat ini banyak pekerjaan yang menjadikan goodlooking sebagai ketentuan utama sebagai kriteria lolos tidaknya seseorang dalam tahap seleksi tersebut. Dengan adanya pandangan ini menjadikan keahlian bukanlah suatu hal yang utama lagi. Selain itu, kecantikan juga dijadikan patokan utama dalam hal memilih pasangan.

Sebenarnya standar kecantikan itu apa sih? Pasti banyak dari teman-teman yang masih bingung tentang standar kecantikan itu sendiri. Menurut KBBI standar itu sendiri memiliki arti ukuran tertentu yang dipakai sebagai patokan, sedangkan kecantikan itu keelokan. Jadi bisa disimpulkan bahwa standar kecantikan itu merupakan patokan yang dijadikan ukuran keelokan seseorang.

Di Indonesia sendiri, wanita yang dianggap cantik adalah wanita yang memiliki kulit putih dan berbadan ramping. Sayangnya dimasa kini standar kecantikan Indonesia yang asli telah tercampur dengan standar kecantikan negara lain. Padahal standar kecantikan Indonesia yang asli memiliki karakteristik yang menarik.

Dengan adanya standar kecantikan ini menyebabkan banyak wanita berlomba-lomba menjadikan dirinya sesuai dengan standar kecantikan pada umumnya. Standar kecantikan ini menimbulkan rasa insecure atau rasa ketidakpercayaan diri dalam pribadi atau individu. Sehingga, banyak wanita masa kini yang menutupi wajah mereka yang asli dengan menggunakan make up atau filter-filter di media sosial.

Mereka akan merasa kurang percaya diri apabila menunjukkan wajah aslinya. Padahal sebenarnya, ada beberapa wanita yang pada dasarnya berparas cantik, hanya saja dikarenakan tidak sesuai dengan standar kecantikan pada umumnya, yakni putih dan ramping ia merasa kurang percaya diri dengan wajahnya. Hal inilah yang menjadikan permasalahan dalam diri seorang wanita.

Kini standar kecantikan menjadi masalah yang utama dalam diri seorang wanita. Banyak wanita yang tidak segan-segan mengeluarkan banyak uang demi mencapai standar kecantikan. Banyak wanita yang rela mengubah bagian wajah dan badannya agar mendapatkan penampilan yang sempurna dimata orang. Padahal, tindakkan itu bukanlah hal yang baik atau malah justru bisa membahayakan dirinya.

Standar kecantikan dapat menjadi suatu tekanan bagi sebagian orang. Baik berasal dari dalam diri kita sendiri atau dari luar. Hal itu berawal dari rasa insecure yang menimbulkan rasa tidak percaya diri. Rasa tidak percaya diri ini yang mendorong seseorang mengubah bagian tubuhnya.

Selain berasal dari dalam diri kita sendiri rasa tidak percaya diri juga bisa berasal dari lingkungan kita. Lingkungan yang tidak bisa menerima diri kita, akan menyebabkan kita tidak bisa menerima kondisi diri kita. Seperti adanya tindakan body shaming yang biasanya dilakukan oleh orang terdekat seperti teman atau bahkan keluarga kita. Hal inilah yang memicu timbulnya rasa insecure dalam diri seseorang.

Pengaruh orang terdekat merupakan pengaruh terbesar seseorang dalam menerima dirinya sendiri. Bagaimana tidak, jika orang di sekitarnya saja tidak bisa menerima dirinya, maka bagaimana ia akan menerima dirinya sendiri. Jika orang disekitarnya menuntut kita untuk menjadi seseorang seperti yang mereka inginkan dan jika tidak bisa dituruti orang itu akan meninggalkan kita, maka pastilah mau tidak mau kita akan berusaha menjadi seperti yang mereka inginkan.

Tuntutan orang terdekatlah yang akan membuat kita merasa ditekan harus menjadi seseorang yang sempurna di mata banyak orang. Hal ini sangat mempengaruhi kesehatan mental seseorang. Kita akan takut apabila kita tidak bisa memenuhi ekspektasi orang disekitar kita. Dengan begitu kita akan merasa tidak bisa menghadapi dunia yang ada di sekitar kita dan memilih lari dari kenyataan yang harus kita hadapi.

Hal seperti ini yang perlu menjadi perhatian bagi kita semua. Kita perlu mengubah pandangan kita tentang makna sebuah kecantikan yang sebenarnya. Apakah cantik itu hanya tentang fisik yang sempurna? Atau memiliki wajah yang menawan saja?

Kecantikan itu tak selamanya harus memandang fisik saja, tetapi bisa juga dipandang melalui kecantikan dari dalam diri. Kecantikan dari dalam diri ini lebih dikenal oleh banyak orang dengan istilah inner beauty. Kecantikan dalam diri yang dimaksud adalah bagaimana orang itu menjaga sopan santu, bertutur kata, dan berperilaku sehari-hari.

Melihat sekarang ini banyak sekali wanita cantik yang tidak bisa menjaga perilakunya. Mereka tidak bisa bertutur kata yang baik, berbuat sopan sebagaimana wanita berperilaku seharusnya. 

Saat ini banyak sekali wanita-wanita yang lebih mementingkan penampilan fisik daripada memperbaiki diri menjadi pribadi yang lebih baik.  Banyak dari mereka ya merasa memiliki privilege wajah yang cantik menjadi semena-mena dalam bertindak.

Dengan adanya banyak sekali contoh negatif dari adanya standar kecantikan tersebut kita perlu mengubah mindset kita tentang definisi cantik yang sebenarnya. Kita perlu lagi merenungi apa sih makna cantik yang sebenarnya. Bagaimana kita menjadi seorang Wanita cantik yang sebenar-benarnya.

Saat ini mulai banyak bermunculan orang-orang yang sadar akan makna cantik yang sebenarnya. Dengan timbulnya berbagai masalah mental yang disebabkan karena adanya standar kecantikan, banyak orang yang mulai mengkampanyekan tentang perlunya selflove. Selflove merupakan Langkah awal kita dalam mengatasi masalah dalam diri yang terkait dengan insecure.

Cantik tidak hanya tentang memiliki paras menawan, kulit putih, dan badan yang ramping. Cantik yang sebenarnya dimulai dari diri kita sendiri. Ketika dari dalam diri kita sudah bisa menerima apa yang kita miliki, secara tidak langsung dari dalam diri kita sendiri akan mengeluarkan kecantikan yang tersembunyinya secara alami.

Kunci cantik ada dalam diri kita sendiri. Ketika kita percaya diri akan apa yang kita miliki, maka secara tidak langsung tubuh kita akan merespon. Respon itu yang nantinya akan membuat diri kita mengeluarkan kecantikan alami yang ada dalam diri kita.

Setelah kita menerima apa yang kita miliki, perlu bagi kita memperbaiki tingkah laku kita. Suatu keharusan bagi seorang wanita dalam menjaga sikapnya, seperti menjaga omongannya, menjaga tingkah lakunya, dan senantiasa menjaga sopan santunnya. Dengan begitu kita bisa menjadi wanita yang cantik dari luar maupun dalam dirinya.

Menjadi wanita yang cantik adalah impian bagi banyak wanita di luar sana. Namun, tidak semua wanita memimpikan cantik secara luar dalam. Banyak dari mereka yang hanya mementingkan kecantikan secara fisik saja. Cantik bukan hanya tentang fisik saja, melainkan tentang bagaimana kamu menerima dirimu sendiri.