Apa yang pertama kali kalian pikirkan ketika mendengar kata “Cantik” ? Standar kecantikan yang seperti apakah yang kalian ikuti? Standar kecantikan yang dianut setiap orang pasti berbeda-beda. Ada yang menerapkan standar kecantikan secara fisik dan ada yang menerapkan standar kecantikan secara potensi diri. 

Standar kecantikan yang melibatkan fisik sebaiknya diterapkan dalam porsi tertentu. Karena ketika seseorang menerapkan standar kecantikan yang berlebihan akan membuat seseorang lupa cara bersyukur pada sang pencipta. 

Dimasa sekarang ini beberapa orang menerapkan standar kecantikan pada diri mereka. Apalagi kalangan anak muda yang sedang aktif-aktifnya mengejar cinta. Mereka akan melakukan apapun untuk terlihat cantik. 

Beberapa orang menerapkan bahwa cantik itu harus putih, mancung, tinggi, kurus dan lain-lain. Bahkan mereka rela mengeluarkan banyak uang untuk mencapai standar kecantikan yang mereka mau. Hal tersebut tidak menjadi masalah jika diterapkan pada diri mereka sendiri. 

Beberapa orang juga menerapkan standar kecantikan yang mereka anut kepada orang lain. Mereka menganggap bahwa orang berkulit coklat itu jelek, orang berhidung pesek jelek, dan orang yang bertubuh pendek juga dianggap jelek. Tidak semua orang berpendapat seperti itu, tetapi mayoritas anak muda berpikiran seperti itu. 

Penerapan standar kecantikan membuat kalangan remaja berlomba-lomba dalam mengejar standar kecantikan pada umumnya. Fisik merupakan gambaran luarnya sedangkan gambaran asli ada dalam diri seseorang itu sendiri. Mungkin di kalangan remaja fisik masih menjadi standar kecantikan yang umum.

Tidak semua orang menilai bahwa cantik atau tidaknya seseorang dari fisik melainkan sikap dan perilaku yang ia tunjukkan. Dimasa sekarang banyak remaja yang berlomba-lomba untuk memiliki kulit putih. Ketika seseorang berkulit coklat ingin memiliki kulit putih dengan melakukan perawatan, itu juga tidak salah. 

Penerapan standar kecantikan yang salah yaitu ketika kita menjauhi, mengucilkan, atau bahkan membully orang lain karena mereka memiliki warna kulit coklat. Warna kulit tidak menentukan sifat dan potensi yang dimiliki seseorang. 

Percayalah bahwa setiap orang itu cantik sesuai porsi mereka masing-masing. Penerapan standar kecantikan yang salah menyebabkan banyak kasus bullying, apalagi di kalangan remaja. Sudah seharusnya standar kecantikan yang tidak manusiawi ini dihapuskan. Karena hal tersebut akan terus membuat golongan orang-orang tertentu merasa tidak nyaman. 

Menjaga kecantikan memanglah perlu, tetapi alangkah baiknya jika kita menerapkan pada diri sendiri. Jangan membeda-bedakan orang hanya karna fisik mereka berbeda denganmu. Begitupun sebaliknya, ketika teman kita melakukan perawatan untuk memiliki kulit putih kita juga tidak boleh membullynya. 

Kasus bullying masih kerap terjadi, apalagi ketika seseorang melihat perubahan fisik pada diri orang lain yang seharusnya kita juga ikut senang karena usaha mereka untuk terlihat lebih cantik berhasil. 

Kecantikan secara fisik tidaklah abadi, tetapi kecantikan secara sikap dan kecerdasan akan selalu diingat oleh orang-orang di sekitar kita. Standar kecantikan yang sebaiknya diterapkan atau ditingkatkan dalam diri seseorang antara lain, yaitu :

1. Percaya diri, sikap percaya diri tanpa membandingkan standar kecantikan dirinya dengan orang lain. Tidak perlu mengikuti standar kecantikan yang diikuti orang lain, jadilah dirimu sendiri dan jadilah seperti apa yang kamu inginkan. Kamu cantik sesuai porsimu dan mereka cantik sesuai porsi mereka.

2. Skil dalam diri, skill dalam diri yang harus kita tingkatkan seperti kecerdasan, keterampilan, dan bakat. Potensi dalam diri harus kita asah agar kita menjadi orang yang berkualitas dan kelak menjadi penerus bangsa yang berkualitas pula.

3.  Sikap Sopan dan Santun, remaja yang memiliki sopan santun yang tingi akan di senangi di manapun ia berada. Ia akan terlihat cantik dan menarik karena nilai sopan dan santun yang ia miliki dan ia terapkan di manapun ia berada.

4. Sikap Empati, ketika kita memiliki sikap empati kepada orang lain maka orang lain akan melihat bahwa kita memiliki sikap yang baik dan orang akan menilai bahwa hati kita cantik. Percantik hatimu dengan menumbuhkan sikap empati dalam diri kita sendiri.

Jika kamu merasa tidak begitu cantik maka miliki salah satu  potensi di atas. Potensi di atas bukan suatu takdir, tetapi ke empat potensi di atas merupakan pembiasaan serta penyesuaian yang kita tekankan pada diri kita. 

Memiliki salah satu dari poin di atas dapat menggantikan standar kecantikan fisik yang ada. Miliki salah satu poin di atas dan jadikan sebagai kelebihanmu, maka kamu akan merasa bahwa kamu punya sesuatu yang tidak semua orang punya. 

Ketika kamu menemui orang yang memiliki semua potensi di atas kamu tidak perlu minder, karena setidaknya kamu memiliki satu dari apa yang orang itu miliki dan belum tentu orang lain juga memilikinya. Jika kamu masih merasa tidak puas maka berusahalah menerapkan poin-poin di atas dalam dirimu.

Kecantikan memang salah satu yang didambakan oleh kalangan remaja. Tetapi tahukah kalian bahwa setiap orang lahir dengan porsi cantiknya masing-masing. Berkumpullah dengan orang-orang yang menghargai dirimu dengan porsimu. Cintai dirimu apa adanya dan bersyukurlah atas semua yang kamu miliki sekarang.  

Diharapkan setelah membaca artikel ini kalian akan lebih percaya diri bahwa kalian cantik sesuai porsi masing-masing.