Apa yang terlintas di pikiran kalian ketika mendengar kata luar angkasa? Bisa jadi jawaban kalian adalah bintang, bulan, planet, benda langit lain, komet, atau bahkan roket dan astronot. Berbicara tentang astronot, kalian tau gak sih apa yang sebenarnya dilakukan para astronot di luar angkasa lepas? Misi-misi seperti apa yang mereka lakukan di sana?

Menurut NASA, para astronot di luar angkasa lepas melakukan banyak pekerjaan dan sangat sibuk. Di stasiun luar angkasa, astronot memiliki tugas untuk mengoperasikan banyak eksperimen sains di atas kapal. Awak juga harus memastikan bahwa stasiun dalam kondisi prima. Mereka bertugas membersihkan, memeriksa peralatan, merawat dan memperbaiki atau bahkan mengganti peralatan yang rusak. Anggota kru juga harus berolah raga dua jam setiap hari agar tubuh mereka tetap bugar dan menjaga tulang serta otot mereka tetap kuat. Kadang-kadang para astronot juga perlu melakukan perjalanan luar angkasa untuk bekerja di luar stasiun dengan pakaian luar angkasa yang sangat berat.

Nah, kalian penasaran juga ga apa yang para astronot makan saat berada di luar angkasa? Para astronot bisa berada di luar angkasa dalam waktu yang bisa dibilang cukup lama. Satu misi di stasiun luar angkasa biasa diselesaikan dalam waktu 200 hari atau bahkan bisa lebih lama. Namun, ada juga misi yang diselesaikan dalam waktu yang cukup singkat.

Dalam perjalanannya ke stasiun luar angkasa, para astronot tentu tidak dapat membawa peralatan sehari-hari seperti kulkas, kompor, atau microwave. Maka dari itu sebagian besar makanan yang mereka bawa ke luar angkasa adalah makanan yang sudah dimasak yang kemudian dibekukan dan divakum atau yang sudah distabilkan secara termal, sehingga lebih mudah untuk dikonsumsi. Makanan-makanan tersebut adalah yang disebut sebagai makanan luar angkasa atau space food.

Menurut astronot yang bekerja di stasiun luar angkasa milik NASA, mereka tidak ingin makanan yang mengandung banyak remahan karena ketika di dalam stasiun luar angkasa remahan tersebut dapat terbang ke seluruh tempat dan dapat berakibat menyumbat peralatan dalam stasiun luar angkasa yang dapat berakibat kerusakan. Menurut mereka, makanan yang paling tepat untuk dibawa ke luar angkasa adalah selai kacang. Alasan memilih selai kacang untuk dibawa ke luarangkasa adalah karena selai kacang tidak akan menimbulkan remahan dan hampir semua orang menyukai selai kacang. Tapi tau kah kalian ternyata para astronot bisa membawa buah-buahan ke luar angkasa? Ya, mereka dapat membawa makanan segar ke luar angkasa namun dengan syarat harus dikonsumsi sebelum makanan tersebut mengalami kerusakan.

Tipe-tipe makanan luar angkasa ternyata cukup beragam. Ada sekitar delapan tipe makanan luar angkasa, diantaranya ada minuman, buah dan sayuran, daging, bahkan makanan kecil seperti biskuit dan makanan ringan lain. Makanan-makanan ini diproses dengan proses yang cukup sulit dan penuh perhitungan. Bahan makanan yang digunakan juga harus memenuhi beberapa persyaratan seperti harus mengandung nutrisi dan mudah untuk dikonsumsi di luar angkasa, makanan harus ringan, dikemas dengan baik, disajikan dengan cepat, dan tidak banyak meninggalkan sampah. Kemasan untuk makanan luar angkasa juga harus memenuhi kriteria khusus seperti harus ringan, kuat namun harus mudah untuk dibuka, dan harus dapat berguna dalam menyajikan bahan makanan. Kemasan yang biasa digunakan antara lain kaleng atau kantong yang bersegel. Sebagian besar kemasan makanan luar angkasa sudah dilengkapi dengan peralatan makan seperti sumpit, sendok, garpu, bahkan sedotan.

Makanan luar angkasa di era modern seperti sekarang sudah memiliki variasi yang sangat banyak.  Di China, mereka membuat yuxiang pork, pao chicken, beserta the herbal khas China. Di Italia, mereka mengembangkan the hangat, kopi, dan coklat hangat menjadi makanan luar angkasa. Di Jepang, makanan tradisional mereka seperti the hijau (matcha), ramen, sushi, sup, dan nasi sudah dapat dinikmati oleh astronot di luar angkasa. Di Korea, makanan mereka yang terkenal yaitu kimchi juga sudah dapat dinikmati di luar angkasa oleh para astronot. Rusia memiliki banyak sekali jenis makanan luar angkasa. Bahkan mereka memiliki kategori untuk setiap makananya seperti untuk sarapan ada kacang, kentang, keripik apel, kopi, dan vitamin. Mereka juga memiliki beragam jenis makanan untuk makan siang, makan malam, bahkan hidangan setelah makan malam.

Setelah mengetahui makanan yang dikonsumsi para astronot di luar angkasa, apakah membuat kalian penasaran ingin mencicipi makanan luar angkasa? Tenang saja, bagi kalian yang penasaran bagaimana rasa makanan-makanan yang didesain untuk para astronot ini bisa membeli langsung di website resmi milik NASA. Mereka menawarkan makanan astronot tersebut dengan jumlah yang terbatas, jadi untuk kalian yang sangat penasaran mencicipi makanan luar angkasa bisa mengunjungi laman website NASA dan memesan makanan luar angkasa.


Referensi:

https://en.wikipedia.org/wiki/Space_food

https://www.nasa.gov/centers/johnson/pdf/569954main_astronaut%20_FAQ.pdf