Zaskia Sungkar seorang wanita yang berprofesi sebagai aktris, fashion design dan istri dari Irwansyah ini memutuskan untuk memberikan ASI eksklusif kepada anaknya. Artis ternama lain seperti Zaskia Adya Mecca, Chelsea Olivia, dan Sarwendah juga telah menjalankan program ASI eksklusif.

Hal ini, menunjukkan bahwa ASI eksklusif dapat diterapkan oleh semua wanita yang telah melahirkan termasuk wanita karier di tengah kesibukan dalam bekerja. Berbagai profesi wanita karier baik sebagai tenaga kesehatan, pekerja kantoran, karyawan, dan lainnya  juga tidak menghalangi dalam memberikan ASI eksklusif.

Air Susu Ibu (ASI) adalah suatu emulsi lemak dalam larutan protein, laktosa, dan garam-garam organik yang disekresi oleh kedua kelenjar payudara ibu sebagai makanan utama bagi bayi (Haryono dan Setianingsih).

Pemberian ASI selama 6 bulan pertama masa kehidupan bayi tanpa adanya asupan makanan ataupun minuman lain kecuali vitamin, obat, dan oralit merupakan ASI eksklusif (Erlani, Seriani, & Ariastuti, 2020).

ASI eksklusif ini adalah makanan terbaik bagi bayi dan memiliki banyak manfaat baik bagi bayi, ibu dan pemerintah. Pemerintah telah menargetkan sebesar 60% terhadap pemberian ASI eksklusif (Sulistyowati & Siswantara, 2014).

Namun, dalam kenyataannya banyak wanita karier atau ibu muda yang tidak memberikan ASI secara eksklusif kepada bayinya. Salah satu penyebabnya karena ibu harus segera kembali bekerja sehingga tidak tahu bagaimana penatalaksanaan dalam pemberian ASI eksklusif saat sudah kembali bekerja.

Langkah yang dapat dilakukan untuk mengubah pemikiran wanita karier tentang pemberian ASI eksklusif kepada bayinya yaitu memberikan informasi kepada ibu lebih mendalam tentang keuntungan pemberian ASI.

Pengetahuan yang harus ibu ketahui meliputi zat-zat kekebalan yang terdapat di dalam ASI, komposisi ASI, cara penyimpanan ASI, dan tips untuk tetap memberikan ASI meskipun sudah bekerja (Sulistyowati & Siswantara, 2014).

Pemberian ASI eksklusif memberikan manfaat untuk meningkatkan jalinan kasih sayang ibu dengan bayi. Manfaat ASI bagi bayi yaitu sebagai daya tahan tubuh dan meningkatkan kecerdasan. Selain itu, bagi negara pemberian ASI eksklusif dapat menciptakan penerus bangsa yang tangguh dan berkualitas.

Di dalam ASI terkandung zat kekebalan yaitu berupa faktor bifidus, laktoferin, antialergi, dan zat antivirus polio. Zat-zat ini bermanfaat bagi perkembangan dan pertumbuhan bayi.

ASI yang diproduksi selama masa menyusui ada 3 jenis yaitu air susu kolostrum, air susu masa peralihan, dan air susu mature. Masing-masing jenis air susu yang dihasilkan memiliki karakteristik dan kandungan nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan bayi seiring dengan bertambahnya umur.

Setelah mengetahui jenis-jenis ASI, maka ibu juga harus tahu bagaimana cara menyimpan ASI yang baik dan benar. ASI yang telah diperah dapat disimpan dengan tiga cara.

Pertama, apabila diletakkan pada udara terbuka masa simpannya selama 6-8 jam. Kedua, apabila diletakkan dalam lemari es dengan suhu -40⁰C masa simpannya adalah 24 jam. Ketiga, disimpan dalam lemari pendingin atau beku dengan suhu -18⁰C panjang masa simpannya 6 bulan.

Pengetahuan mengenai ASI Eksklusif yang telah dijelaskan diharapkan dapat memberikan solusi kepada pemerintah, bidan atau tenaga kesehatan terkait, dan wanita karier khususnya dalam mengatasi problematika penerapan ASI eksklusif saat bekerja.

Target pemerintah untuk mencapai angka 60% dalam program pemberian ASI eksklusif Ibu terhadap bayinya akan tercapai jika edukasi ASI eksklusif telah diterapakan bidan atau tenaga kesehatan terkait. Informasi yang memadai akan membuat wanita karier terbantu dan menerapkan program ASI eksklusif tersebut.

Wanita karier yang masih ragu untuk menerapkan program ASI eksklusif terhadap bayinya atau ingin memperdalam pengetahuan mengenai cara penerapan ASI eksklusif saat sudah mulai bekerja dapat mempelajari tips berikut.

Selama masa cuti susi bayi dengan baik, kemudian rubah pola minum bayi sebelum mulai masa bekerja. Ketika mulai bekerja, susui bayi sebelum berangkat. Lakukan pemerahan ASI setiap 3-4 jam selama berada di kantor dan simpan pada lemari es. Bawalah pulang ASI yang telah diperah setelah selesai bekerja.

Sebelum diberikan pada bayi, hangatkan ASI yang telah diperah ketika di kantor dengan cara direndam dalam wadah yang berisi air panas. Lalu, berikan ASI yang sudah dipanaskan kepada bayi dengan menggunakan cangkir.

Pemberian ASI eksklusif sangat penting dan memberikan banyak manfaat baik bagi bayi, ibu, dan pemerintah. Pengetahuan mengenai ASI eksklusif yang minim merupakan salah satu penyebab sedikitnya wanita karier yang tidak memberikan ASI eksklusif kepada bayinya.

Solusi untuk mengatasi problematika tersebut adalah dengan memberikan konseling atau penyuluhan terhadap wanita karier terkait ASI eksklusif yang baik untuk menunjang tumbuh kembang bayi. Wanita karier akan terbantu dan cenderung menerapkan ASI eksklusif apabila hal di atas dilaksanakan secara maksimal.

Target pemerintah untuk mencapai angka 60% dalam program pemberian ASI eksklusif Ibu terhadap bayinya juga akan tercapai apabila tenaga kesehatan lebih aktif dalam melaksanakan penyuluhan dan promosi kesehatan mengenai ASI Eksklusif terhadap ibu hamil dan menyusui khususnya yang berkarier.