Siapa nih yang sering melakukan sistem kebut tugas semalam?. Kita bisa juga disebut dengan the flash apabila mempunyai tugas yang baru di selesaikan dengan deadline yang sangat dekat dan sangat cepat. Film dari luar negeri yaitu berjudul the flash. The flash adalah superhero atau pahlawan super yang memiliki kecepatan tingkat dewa bahkan bisa mencapai kecepatan cahaya.

Namun, kebanyakan pelajar melalaikan tugas-tugas yang telah diberikan. Ya mau gimana lagi ya, namanya juga tugas pasti kadang semangat untuk mengerjakan kadang juga agak malas dalam pengerjaannya.

Sistem kebut tugas semalam merupakan strategi andalan yang digunakan oleh seorang pelajar, mahasiswa, maupun pekerja lainnya untuk menyelesaikan dengan waktu yang singkat dan cepat. Dari sebagian pelajar di Indonesia itu termasuk golongan yang suka begadang, jarang tidur malam hari, dan jarang tidur di siang hari.

Apakah penerapan sistem kebut tugas semalam itu berdampak baik bagi pelajar atau malah berdampak buruk bagi pelajar?. Pada dasarnya sistem kebut tugas semalam  adalah di mana kita berada di situasi kepepet. Banyaknya adrenaline yang membuat kita berpikir lebih cepat dan menemukan jawaban, meskipun benar atau tidak jawaban tersebut. Sistem kebut tugas semalam itu hanya bersifat sementara.

Banyak sekali pelajar, mahasiswa atau bahkan pekerja kantoran sering kali malas saat menyelesaikan pekerjaannya seakan-akan di dalam hatinya berkata ‘’Ini tugas atau job desk masih lama deadline nya jadi besok aja lah mengerjakannya’’.

Kesalahan dari semua kalangan masyarakat Indonesia khususnya pelajar menyepelekan tugas atau pekerjaan lainnya, sering menunda-nunda tugas. Dari situ rasa malas akan muncul yang berlebihan apalagi jika sudah membuka media sosial seperti tik tok, instagram dan lain sebagainya. Intinya pengaruh terbesar yang membuat kita malas adalah terpengaruhnya oleh media sosial.

Mungkin banyaknya pelajar yang mengikuti kegiatan-kegiatan, mengikuti pelajaran dari pagi sampai sore membuat para pelajar malas berpikir menyelesaikan tugas apa yang sudah diberikan guru maupun dosen, karena rasa lelah yang berlebihan.

Dari sistem kebut tugas semalam tersebut di mana pikiran, otak kita dipaksa keras untuk berpikir secepat mungkin. Dalam penerapan sistem tersebut, ada juga sekali berpikir jawaban langsung muncul di otak kita. Sistem kebut tugas semalam kebanyakan efektif untuk pelajar yang suka mengumpulkan tugas mepet dengan tenggat waktu pengumpulan.

Sistem kebut tugas semalam banyak juga yang membuat kita sulit mencerna dalam penyelesaian tugas yang akan dikerjakan atau dihadapinya.

Biasanya para mahasiswa khususnya di semester 4, 5, 6 dan seterusnya kerap menerapkan sistem kebut tugas dengan waktu semalam. Heran juga di setiap meskipun di kejar waktu pengumpulan masih bisa menyelesaikan dengan tepat waktu, meskipun harus berpikir rumit.

Semua yang melakukan sistem kebut semalam pastinya sudah menyiapkan apa yang akan dilakukan seperti : menyiapkan kopi, menyiapkan makanan dan lain sebagainya. Cara tersebut dapat membuat sistem kebut tugas semalam menjadi lebih efektif.

Sistem kebut tugas semalam mungkin efektif jika seseorang tersebut melakukannya setiap ada tugas atau bahkan sudah menjadi kebiasaan di kalangan pelajar siswa maupun mahasiswa. Disisi lain, sistem kebut semalam juga tidak efektif bagi seorang pelajar.

Jadi, sistem kebut tugas semalam juga  harus dapat kita hindari agar dalam pembelajaran kita bisa terfokuskan pada suatu pelajaran tersebut. Kebiasaan sistem kebut tugas semalam dari seorang siswa maupun mahasiswa tersebut dapat diatasi agar tidak menjadi prioritas dalam kehidupan seorang pelajar.

Yang harus dilakukan agar seorang pelajar atau pun mahasiswa dapat menghindari sistem kebut tugas semalam, yaitu :

1. Menghindari Begadang

Begadang adalah salah satu penyebab dari malas mengerjakan tugas-tugas, begadang dengan bermain game sehingga membuat kita lalai untuk menyelesaikan tugas yang diberikan entah dari guru maupun dosen, begadang juga membuat otak kita lelah untuk berpikir.

2. Tidak memaksakan untuk berpikir

Ketika kita memaksakan otak kita untuk berpikir lebih keras agar tugas tersebut cepat selesai sebaiknya kita berhenti dulu dalam mengerjakan, karena otak kita yang semakin terus dipaksakan akan menghasilkan stres yang berlebihan akibat sulit untuk berpikir lagi.

3. Hindari sifat menunda-nunda

Sifat menunda-nunda tidak baik jika dilakukan oleh seorang pelajar. Mungkin masih banyak orang-orang yang mempunyai sifat menunda-nunda. Efek tersebut dapat membuat kita seakan-akan lupa tugas yang diberikan, sehingga kita bisa telat dalam pengumpulan.

4. Memperhatikan materi

Dari memperhatikan penjelasan materi dari guru maupun dosen dan setelah itu dikasih pekerjaan rumah atau tugas kita bisa langsung menyelesaikan nya setelah pembelajaran selesai, karena materi yang kita dapat masih fresh dalam pikiran kita, sihingga kita tahu mana yang akan dikerjakan terlebih dahulu.

5. Merangkum materi

Merangkum materi salah satu cara agar kita tidak melakukan sistem kebut tugas semalam, karena dari rangkuman tersebut kita dapat mencicil tugas yang telah diberikan kita dapat mencicil tugas tersebut dari paling sulit.

Memang tidak salah jika kita melakukan sistem kebut tugas semalam, bisa dengan berpikir lebih cepat. Namun, lebih baiknya kita dapat menghindari sistem tersebut agar kita dapat menyelesaikan kegiatan yang lain dengan tidak terpikirkan tugas-tugas yang ada dalam pikiran kita dan menghindari sisi-sisi buruk dari efek sistem kebut tugas semalam.

Jadi, sampai sekarang dari setiap pelajar masih menerapkan sistem kebut tugas semalam. Kembali pada diri kita sendiri, kita dapat membandingkan atau memilih metode pengerjaan tugas yang mana, jika lebih memilih yang cepat ya terapkan sistem kebut tuas semalam tersebut, jika kita lebih memilih dengan cara mencicil tugas kita dapat berpikir dengan rileks dan tidak tergesa-gesa.