Serunya berlibur ke silancur highland, magelang. Magelang merupakan salah satu daerah yang memiliki banyak wisata, salah satunya adalah yang berada di lereng bagian Tenggara dari Gunung Sumbing. Tempat wisata ini bernama Silancur Highlind dimana panorama alam yang sangatlah indah untuk dinikmati. Objek wisata Silancur ini terletak di Dusun Dadapan, Desa Mangli, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah.

Silancur Highland wisata tersebut menjadi salah satu tempat wisata yang kini tengah naik daun. Banyak sekali wisatawan yang membanjiri area tersebut sekedar hanya ingin menikmati panorama alamnya.

Silancur Highland merupakan sebuah bukit yang di mana memiliki beberapa atraksi wisata yang sangat menarik. Di sini juga terdapat taman bunga serta spot foto instagramable yang berlatar belakang pegunungan yang sangat indah. ada banyak sekali hal menarik yang bisa Kita dapatkan jika berkunjung ke Silancur ini. Bukan hanya panorama keindahannya saja, kita bisa berkemah atau bermalam di Silancur Highlind menunggu pagi dan menunggu datangnya sun rise.

Adapun beberapa gambaran-gambaran jalur wisata untuk sampai ke Silancur Highlind yaitu ketika sampai di kota Magelang menuju ke arah barat tepatnya di kecamatan Bandongan, kemudian lurus terus sampai terdapat pertigaan ke kiri Kaliangkrik dan lurus ke Silancur. Dari tempat tersebut masih sekitar 5 km untuk sampai ke lokasi.

Dari 5 km tersebut terdapat beberapa angkringan kopi dan warung pinggir jalan. wisatawan bilamana letih ketika ingin berwisata ke tempat tersebut bisa untuk beristirahat atau mampir sembari nongki bersama  di area pinggir jalan dengan destinasi pemandangan yang sejuk, indah dan tak akan mengecewakan.

Untuk lebih mudah, kita juga bisa menggunakan aplikasi Google Maps dan memulainya ketika sudah berada di Kota Magelang.


Tiket yang terjangkau.

Ketika sampai tujuan, adapun tiket yang harus dibayar untuk memasuki area tersebut yaitu dengan hanya mengeluarkan uang 10k. Dengan pengeluaran tersebut kita dapat masuk dan menikmati keindahan alamnya. Dijamin tidak akan kecewa dengan pemandangannya. Tetapi Jika Kita berkeinginan untuk berkemah atau bermalam di Silancur ini, maka kita akan dikenakan biaya tambahan yang harus dibayarkan.

Untuk tiket parkirnya juga sangat terjangkau yaitu sama dengan tiket parkir kendaraan pada umumnya. Dengan harga tersebut tidak akan membuat kantung Kita jebol ya meskipun mengajak keluarga besar untuk turut serta berlibur ke Silancur ini.


Lalu apa saja yang dapat kita nikmati dari wisata tersebut?

Keindahan yang ditawarkan oleh Silancur Highland banyak sekali. Bukan hanya memanjakan para wisatawan untuk sekedar berfoto. Karena hal ini merupakan aktivitas yang wajib yang dilakukan oleh para wisatawan ketika sedang mengunjungi suatu tempat baru.

Namun, selain berfoto tentu saja ada aktivitas menarik lainnya yang bisa Kita lakukan di Silancur ini, yakni berkemah atau camping. Hal ini dikarenakan Silancur memiliki area camping ground yang cukup luas, sehingga para wisatawan pun bisa bebas menikmati gemerlap lampu Kabupaten Magelang dari ketinggian, sungguh hal yang indah. 

Selain itu, kita juga bisa berpiknik di Silancur ini. Jika memang memiliki waktu luang yang lebih, cobalah untuk menikmati indahnya menginap di Gardu Pandang Silancur untuk menghabiskan waktu berlibur dengan bersantai sembari menyutrup secangkir kopi.

Dan Jangan lupa juga untuk membawa keluarga besar dan perbekalan piknik sehingga bisa disantap beramai-ramai sembari menikmati indahnya pemandangan dari Silancur Highland ini. Jika Kita tidak membawa segala persiapan tersebut, tidak usah kawatir karena di area sekitaran Silancur juga disediakan area wisata kuliner yang bisa Kita coba sesuka selera.


Gimana tips kita untuk datang supaya tidak mengecewakan?

Jika memang Kita memutuskan untuk berkunjung ke Silancur, maka ada beberapa tips yang harus Kita perhatikan dengan baik-baik. Supaya nantinya ketika di perjalanan Kita tetap aman, nyaman, dan tidak mengurangi keseruan dalam berlibur ke Silancur ini.

Salah satu tips yang perlu Kita perhatikan adalah datanglah di pagi hari atau di waktu cuaca sedang cerah. Hal ini dilakukan karena keindahan panorama dari Silancur ini akan sangat mencuat seiring dengan berpendarnya matahari pagi. Maka segeralah kita berangkat pagi-pagi.

Kombinasi pemandangan ini tentu akan selalu terkenang, baik melalui kamera maupun ingatan para wisatawannya.

Selain itu, masih ada banyak sekali tips yang bisa Kita pahami dan pelajari sebelum memutuskan untuk berkunjung ke Silancur ini. Mengingat lokasinya yang berada di lereng Gunung Sumbing, maka hal yang sangat perlu diperhatikan adalah kelayakan kendaraan yang akan Kita gunakan nantinya.

Jangan lupa untuk mengecek semua kelengkapan dan kelayakan kendaraan Kita sekedar untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Karena Silancur ini berada di kawasan dataran tinggi, jalan menuju Silancur banyak berupa tanjakan. Tanjakannya cukup landai dan membutuhkan ketangkasan berkendara. Meski sudah mulus beraspal, namun akses jalannya tidak terlalu lebar. Sehingga perlu adanya kehati-hatian juga bagi para wisatawan ketika ingin berangkat menuju wisata Silancur ini.


Terimakasih semoga tertarik dengan agro wisatanya jangan lupa dikepoin ya...