Mobile Legends adalah salah satu game yang beberapa tahun belakangan paling diminati masyarakat Indonesia. Game ini diminati dan dimainkan oleh berbagai kalangan, mulai dari anak-anak, remaja, hingga usia dewasa. Bahkan kalangan perempuan pun ada yang menjadi player game ini.

Game online ini dapat dimainkan di handphone dengan RAM minimal 2 GB. Inilah yang menjadi salah satu faktor banyaknya peminat game Mobile Legends. Mengingat handphone dengan RAM 2 GB akhir-akhir ini dijual dengan harga yang sangat terjangkau. Bahkan fenomena anak SD dengan handphone mewah pun bukan merupakan hal yang asing lagi di zaman ini.

Faktor lain yang menjadikan game ini diminati banyak orang yaitu keseruan saat memainkannya. Hal ini dikarenakan kawan dan lawan dalam satu pertandingan tidak dijalankan oleh komputer, akan tetapi dijalankan oleh orang lain. Selain itu, player dalam game ini dapat mabar (main bareng) dengan player lain yang diinginkan. Jadi, wajar jikalau keseruan memainkan game ini membuat orang menjadi lupa waktu.

Namun, terkadang orang memukul rata bahwa semua player Mobile Legends tidak bisa mengatur waktunya. Bahkan ada yang mengira bahwa pecandu game ini tidak mempunyai waktu untuk membaca, apalagi menulis. Hal ini tentu tidak seluruhnya benar. Banyak player game Mobile Legends yang dapat mengatur waktunya untuk membaca bahkan menulis.

Tulisan ini adalah salah satu contoh tulisan dari player Mobile Legends dengan nama ID jess no cipit. Artikel ini menjadi bukti jikalau pecandu game Mobile Legends pun dapat menulis dan bahkan menjadi penulis produktif. Kunci yang dibutuhkan tidaklah sulit apalagi sampai meninggalkan bermain game yang mungkin telah menjadi hobi sehari-hari.

Ada beberapa hal yang menjadi kunci untuk dapat menulis di tengah kesibukan bermain game. Di antaranya yaitu, mempunyai target yang memotivasi, sempatkan sedikit waktu untuk mengejar target yang ditetapkan, serta menulis tulisan yang membuat nyaman.

Kunci pertama yang harus dimiliki yaitu tetapkan target yang dapat memotivasi. Maksudnya, kita harus mempunyai target yang jelas, baik itu dalam jangka waktu seminggu, sebulan, atau setahun.Target di sini tidak harus berupa sesuatu yang besar, tapi harus berupa sesuatu yang memotivasi.

Banyak contoh sesuatu yang dapat memotivasi dalam menulis. Di antaranya yaitu menulis dapat membuat kita berprestasi, mendapat penghargaan, memperoleh penghasilan, dan bahkan dapat menjadi tiket gratis untuk berpergian keliling Indonesia maupun dunia. Motivasi inilah yang kita jadikan senjata pamungkas untuk mengatasi rasa malas.

Kunci yang kedua yaitu sempatkan sedikit waktu untuk mengejar target yang ditetapkan. Bagi seorang pecandu game, mungkin menyempatkan waktu untuk menulis merupakan suatu hal yang sangat sulit. Untuk itu, kita tidak perlu membuat waktu rutin untuk menulis. Kita hanya perlu menyisihkan waktu yang paling nyaman untuk mengejar target. Intinya, jangan menulis di saat sedang malas menulis.

Sedangkan kunci yang ketiga yaitu menulis tulisan yang membuat kita nyaman. Maksudnya, kita jangan memaksakan menulis sesuatu yang tidak kita kuasai meskipun itu berhadiah besar. Jika tetap dipaksakan, besar kemungkinan kita akan kesulitan dalam prosesnya. Mulai dari menentukan judul sampai menuliskan ide yang ada dalam pikiran.

Kesulitan ini akan menimbulkan rasa malas untuk melanjutkan proses menulis. Hal inilah yang menjadi awal tidak tercapainya target yang telah ditentukan. Alangkah lebih baiknya kita menulis sesuatu yang kita sukai dan kita kuasai. Bukan menulis sesuatu yang membuat kita tertekan. Hal tersebut justru akan menjadi beban yang nantinya menjadi bibit awal sebuah kemalasan. 

Banyak hal yang dapat kita tuliskan. Contohnya seperti artikel ini. Penulis sangat suka game Mobile Legends. Game ini menjadi salah satu pelampiasan bagi penulis untuk mengisi waktu kosong. Kemudian, penulis mencoba menuliskan hobi ini dalam sebuah tulisan dan menghiasinya dengan sesuatu yang bermanfaat. Sesuatu yang bermanfaat inilah yang menjadi nilai lebih dalam sebuah tulisan.

Pada intinya, menulis dapat dilakukan oleh semua orang, tidak hanya orang-orang akademisi, Tapi juga seorang pecandu game, khususnya game Mobile Legends. Player game Mobile Legends dapat menjadi penulis produktif tanpa harus meninggalkan hobinyabermain game. Syaratnya hanya perlu mempunyai target dan meluangkan sedikit waktu untuk mencapai target tersebut.

Target yang ditetapkan pun harus berupa target yang dapat memotivasi untuk menulis. Karena tanpa adanya motivasidi dalam target yang ditetapkan, akan menjadikan rasa malas yang takberkesudahan. Jikalau sudah terserang rasa malas, menulis akan menjadi suatuhal yang sangat sulit untuk dilakukan.

Selain menetapkan target yang memotivasi, alangkah lebih baiknya kita menulis tulisan yang membuat kita nyaman bukan tulisan yang menjadikan beban. Karena sesuatu yang nyaman akan menghasilkan keindahan, sedangkan sesuatu yang menjadikan beban akan menimbulkan kemalasan.