Namanya juga manusia, kebutuhan pasti ada aja. Apalagi bagi anak-anak jaman sekarang yang lagi euforia-nya dapet duit dari kerjaan baru. Pasti pengennya kebelet traveling, kebelet upgrade gadget atau update status sosial. Wajar aja kok!

Eh tapi tunggu dulu! Meski banyak mau, tapi bukan berarti kamu asal gelontorin uang tanpa nabung, ya. Nabung itu tetep penting gaes, demi masa depan yang terang. Tapi sayangnya beberapa orang masih kesulitan buat nabung meskipun gaji untuk bejibun. Hayo ngaku, siapa yang masih suka kaya gini?

Nabung sebenernya mudah kok, dan nggak melulu identik dengan menyiksa diri. Berikut ini terdapat tips and trik menabung yang bisa kamu coba.

Biasakan Punya Jatah Bulanan

Salah satu cara menabung dengan cara nggak kejem adalah cobalah untuk ngasih jatah bulanan ke diri sendiri. Misalnya kamu punya gaji 5 juta per bulan, maka jatah bulanan kamu 4 juta aja buat hidup sebulan. 

4 juta itu buat bayar makan, kosan, listrik, kirim uang ke rumah, dan lain-lain. 1 jutanya kamu tabung di rekening yang berbeda supaya nggak mudah diutak-atik.

Cara ini memang paling mudah dilakukan karna kamu akan lebih terbiasa untuk punya gaya hidup 4 juta. Lagi pula menabung 1 juta juga sebenarnya nggak berat kok kalau kamu nggak kebanyakan foya-foya.

Hiduplah secara Minimalis

Hidup minimalis maksudnya bukan memakai baju minim-minim, ya. Maksudnya adalah biasakan hidup sederhana tapi bukan berarti kamu nggak bisa gaya. 

Paham banget kok keinginan anak muda adalah belanja pakaian, sepatu, tas, dll supaya bisa lebih gaya. Tapi coba pikir, sebenarnya buat apa punya baju banyak-banyak kalau itu menguras tabungan?

Sekarang banyak kok inspirasi mix and match gaya yang menggunakan baju-baju lama. Kalau kamu belum pernah denger, ada namanya 90 Days Challenge di mana kamu hanya boleh menggunakan pakaian dari 30 items dari lemari pakaian selama 90 hari. Challenge ini dipercaya dapat menambah kreativitas dan juga membiasakan kamu untuk hidup minimalis!

Self Reward Memang Penting, Namun Jangan Terlalu Sering

Tahu kan istilah self-reward, alias kata lain untuk manjain diri sendiri. Bisa berupa beli sepatu baru, makan enak di restoran mahal, atau menghabiskan ratusan ribu untuk spa di salon langganan. Boleh-boleh aja kalau ingin memanjakan diri sendiri setelah capek bekerja atau untuk mengusir rasa stres.

Cara paling mudah saat mau memanjakan diri sendiri dengan kemewahan adalah selalu melihat ROI (Return of Investment) dari jumlah uang yang kamu keluarkan. 

Jika membeli laptop baru membuatmu lebih produktif dan rajin bekerja, go for it. Jika pergi ke club membeli botol minuman seharga ratusan ribu hanya memberikan kesenangan sesaat, mungkin kamu harus berpikir ulang.

Jika kamu kesulitan untuk mengerem keinginan mewahmu, cobalah untuk berjanji kepada diri sendiri untuk jatah belanja mewah cuma sebulan sekali, makan enak cukup dua minggu sekali, dan seterusnya.

Jangan Mudah Iri sama Gaya Hidup Orang Lain

Salah satu "racun kehidupan" yang bikin kita jadi semakin boros adalah karena kita terlalu sering memandang ke atas. 

Ngepoin gaya hidup Tasya Farasya atau Nia Ramadhani malah bikin kamu ngiler aja dan mengkhayal ingin beli ini itu. Padahal mah kita harus realistis kemampuan finansial kita seberapa dan jangan mudah tergiur membeli sesuatu hanya karena orang lain bisa beli.

Memang ada pepatah mengatakan rumput tetangga memang terlihat lebih hijau. Tapi kita tidak pernah tahu apakah rumput tersebut asli atau palsu, kan? Begitu juga ketika kita melihat seseorang yang gaya hidupnya terlihat mewah, kita tidak pernah benar-benar tahu kondisi finansialnya. Apakah dia ngos-ngosan untuk memaintain gaya hidup tersebut, hutang sana-sini, dll.

Nggak ada resep yang lebih ampuh selain menghilangkan rasa iri kamu terhadap gaya hidup orang lain yang terlihat lebih "wah". Kalau kamu nggak gampang iri, mau dia beli iPhone X baru atau beli sepatu Christian Louboutin juga kamu nggak terpengaruh ingin ikutan beli, kok!

Konsisten dan Sabar adalah Kunci

Kunci menabung lain yang nggak pernah ketinggalan jaman adalah selalu konsisten dan sabar. Konsisten nabung satu juta per bulan, konsisten cuma makan enak dan mahal dua minggu sekali, konsisten buat ngomong "Nggak" ketika ada temen yang ngeracunin foya-foya, dan lain-lain.

Asal kamu tahu, riset membuktikan bahwa orang Indonesia harus bekerja selama 87 hari dengan menggunakan seluruh gajinya untuk membeli sebuah iPhone X yang harganya sekitar Rp 16,4 juta. Hasil riset ini mengasumsikan rata-rata gaji masyarakat kelas menengah konsumen iPhone di Tanah Air sebesar USD 1,8 atau Rp 23.400 per jam.

Kalau kamu ingin upgrade hengpong jadul-mu menjadi iPhone X, bisa dibayangkan kan berapa lama kamu harus menabung untuk membelinya? Tetaplah konsisten dan sabar. Hal ini juga melatih kamu untuk semakin berhati-hati dalam pengeluaran.

Punya keinginan jalan-jalan atau foya-foya emang pasti selalu ada dan wajar kok. Yang penting kamu harus sabar, mungkin bukan sekarang kamu bisa bersenang-senang, tapi kamu harus selalu inget bahwa menabung ini semata-mata demi masa depan. Tetap semangat ya teman-teman milenial-qu!