“Anda memilih kehidupan yang Anda jalani. Jika Anda tidak menyukainya, Andalah yang harus mengubahnya karena tidak ada orang lain yang akan melakukannya untuk Anda.” –Kim Kiyosaki

Apa yang ada di benak Anda ketika membaca kata-kata tersebut? Apakah Anda sependapat dengan Kim Kiyosaki yang notabennya adalah seorang penulis buku terkenal, Rich Woman : A book on Investing for Women? Dari apa yang saya kutip dari tulisan Kim Kiyosaki di atas, sedikitnya dapat kita simpulkan bahwa apa yang kita pikirkan dan kerjakan hari ini adalah apa yang akan kita temui di hari esok, kira-kira seperti itu.

Jika Anda hari ini saja bermalas-malasan sembari bermain dengan gawai Anda tanpa melakukan sesuatu hal yang produktif, tentu hal tersebut berpengaruh pada hidup Anda di masa depan. Oleh karena itu, sebagai seorang mahasiswa dan individu yang tentunya menginginkan kehidupan yang paling baik untuk ke depannya, kira-kira Anda akan memilih jalan yang mana?

Menerima apapun yang terjadi dalam hidup Anda tanpa melakukan apapun atau berusaha mengubah hidup Anda setidaknya menjadi lebih baik? Jika pilihan Anda adalah berusaha mengubah hidup menjadi lebih baik, silakan lanjut membaca tulisan ini, namun jika Anda tidak memiliki niat untuk melakukan sedikit pun perubahan dalam hidup Anda, silakan berhenti membaca.

Nah, kali ini saya akan mengajak Anda untuk belajar mengetahui bahwa sebuah usaha bisa dimulai dari dalam pikiran Anda. Tahukah Anda tentang konsep Law of Attraction? Saya yakin di antara Anda semua  yang membaca tulisan ini, ada banyak yang sudah menerapkan konsep tersebut tanpa sadar.

Dea Soelistyo di laman Greatmind menuliskan, Law of Attraction adalah hukum tarik menarik, di mana apapun yang kita fokuskan dalam pikiran dan rasakan adalah yang akan ditarik dan hadir ke dalam kehidupan, baik secara sadar ataupun tidak sadar, positif atau negatif, diinginkan atau tidak diinginkan.

Singkatnya, Law of Attraction adalah ketika kita memikirkan hal-hal positif dan terfokus pada hal tersebut, maka hal-hal positif akan terjadi pada kita. Sebaliknya, ketika kita selalu memikirkan hal-hal negatif dan tenggelam dalam hal itu, maka yang akan terjadi pun adalah hal-hal yang bersifat negatif.

Dalam tulisan ini saya bukan memfokuskan pada konsep Law of Attrection yang saya sebutkan sebelumnya, namun saya ingin Anda fokus pada poin ‘bahwa usaha bahkan bisa dilakukan melalui pikiran Anda. Oleh karena itu, Anda harus benar-benar berhati-hati dengan apa yang Anda pikirkan, jangan biarkan hal-hal yang tidak penting menjadi fokus dalam pikiran Anda.

Ingatlah bahwa dalam hidup ini kita hanya punya kepedulian yang terbatas, makanya Anda harus bijaksana dalam menentukan kepedulian Anda. Saya mengajak Anda untuk mengurangi berpikir hal-hal yang membuat perasaan Anda terus berada di kubangan negatif.

Misalkan, Anda merasa bahwa selama hidup, Anda selalu dihadapkan dengan masalah-masalah yang tidak ada habisnya. Pikiran Anda memfokuskan bahwa Anda selalu berada di dalam permasalahan tersebut, Anda terlalu fokus pada rasa sakit yang Anda terima sehingga energi yang ditarik ke dalam kehidupan Anda bersifat demikian.

Bahkan mungkin diantara Anda semua yang membaca tulisan ini, masih ada yang fokus pada pikiran-pikiran, seperti “Wah, sebentar lagi 2023. Masalah apalagi nih yang bakal datang ke hidup saya”. Pikiran-pikiran seperti itu yang membuat Anda terus berada dalam masalah karena secara naluriah Anda mengirimkan sinyal bahwa Anda siap dengan sebuah permasalahan, makanya energi yang datang selalu dalam bentuk permasalahan itu sendiri.

Nah, kali ini cobalah untuk melakukan hal sebaliknya. Daripada Anda terus terjebak dengan pikiran-pikiran negatif terhadap permasalahan yang ada, cobalah Anda mensyukuri segala yang datang dalam hidup Anda dengan memandang permasalahan itu sebagai sesuatu yang baik. Hal itu secara tidak langsung dapat menarik energi-energi positif ke dalam hidup Anda karena sejatinya apapun yang Anda yakini akan terjadi pada hidup Anda, hal itulah yang akan terjadi pada akhirnya.

Jika Anda  meyakini bahwa Anda akan menjadi seseorang yang bahagia dan penuh cinta, maka yang terjadi pada hidup Anda adalah Anda menjadi demikian; bahagia dan penuh cinta. Makanya, saya ingatkan berkali-kali, bijaklah dalam mengelola apa yang Anda yakini bahkan sejak dalam pikiran Anda.

Dengan tulisan ini saya mengajak Anda semua untuk merealisasikan sesuatu hal yang positif bahkan sejak dalam pikiran. Daripada meratapi masalah-masalah yang ada dan fokus dengan hal tersebut, lebih baik Anda bersyukur dengan hal-hal baik yang terjadi dan mulailah untuk menerapkan Law of Attraction dalam hidup Anda.

Anda bisa memulainya dengan meyakini secara positif masa depan Anda, dengan tulisan, lisan, ataupun sekadar dalam pikiran. Percaya dan yakinilah bahwa hal tersebut benar akan terjadi dalam hidup Anda. Selamat jalan, silakan nikmati perjalanan Anda.