Perkembangan dunia tempat di mana kita menetap semakin hari semakin pesat. Arus globalisasi dan teknologi semakin menguasai segi kehidupan kita. Pengetahuan dan cara hidup yang lama mulai ditinggalkan.

Inovasi dan kreativitas di segala bidang kehidupan menjadi hal yang diperjuangkan oleh semua orang. Perubahan pun terjadi dan menyebabkan Pengetahuan dan keterampilan menjadi hal yang paling dituntut. 

Orang yang memiliki pengetahuan dan keterampilan dialah yang cepat mencapai tujuan hidupnya. Orang yang tidak memiliki keduanya, dipandang tidak bisa mencapai tujuan hidupnya.

Selain itu, banyak orang terjebak pada penyakit mental karena gagal dalam mencapai tujuan hidupnya. Bahkan ada yang mengakhiri hidupnya sendiri akibat tidak mampu menyelesaikan berbagai persoalan hidup. 

Dalam konteks seperti ini, satu pertanyaan fundamental yang perlu dijawab adalah apakah manajemen diri itu urgen dalam mengatasi berbagai persoalan hidup?

Definisi

Secara psikologi self manajemen merupakan upaya yang dilakukan untuk mencapai penguasaan keterampilan, pengetahuan diri, sikap yang relevan terhadap kehidupan. Dengan pengertian ini, maka self manajemen bertujuan mendorong individu dalam mengaktualisasikan kemampuan yang dimilikinya secara optimal.

Aktualisasi kemampuan yang dimilikinya itu dapat dioptimalkan dalam berbagai aspek seperti dalam aspek emosi, tingkah laku, dan intelektual. Self manajemen membantu individu untuk memahami keotentikan dalam dirinya dan  melihat apa yang menjadi kelebihan dan kekurangannya.

Self manajemen sesungguhnya dapat membantu individu untuk mengasah keterampilan secara maksimal. Menambah wawasan dan cakrawala berpikir. Dan membangun karakter individu yang elegan sesuai tataran moral dan sosial.

Selain itu, self manajemen dapat mengarahkan individu pada kematangan kedewasaan secara menyeluruh. Ini berarti kematangan individu ke arah kedewasaan bukan saja dari usia melainkan juga kematangan kedewasaan seksual, kematangan kedewasaan spiritual dan kematangan kedewasaan secara sosial.

Dengan demikian, secara psikologi self manajemen menjadi kunci bagi individu untuk mengasah diri dan mengkonsepkan diri demi apa yang dicita-citakan dan demi apa yang menjadi tujuan bersama dalam kehidupan bermasyarakat.

Manfaat

Dalam buku Self Healing Is Knowing Your Own Self, Diana Rahmasari mendeskripsikan setidaknya dua manfaat atau hasil yang didapat dari manajemen diri. Dengan kata lain, ketika individu mampu memanajemen diri dengan baik maka ia akan mendapatkan beberapa keterampilan manajemen yakni:

a)Self monitoring merupakan peningkatan kesadaran dari masalah dan tujuan. Saat individu memilih tujuan untuk target, individu akan melihat hubungan antara sasaran perilaku, pikiran dan perasaan dengan kesadaran baru mengenai kemungkinan untuk mengontrol dan memperbaikinya.

b) Self analysis yakni lahirnya kesadaran individu untuk menemukan hal yang mengontrol dirinya. Ini berarti individu dapat mencari tahu hal yang harus diubah dan cara mengubahnya dari apa yang hendak dicapai. Self Analysis dilakukan dengan menggunakan data self monitoring yang didapatkan sebelumnya.

Dengan dua manfaat ini, maka individu dapat memahami bahwa dirinya memiliki kesadaran untuk terus bertumbuh ke arah yang lebih baik sesuai yang dicita-citakan. Kesadaran itu dilandaskan pada pikiran dan perasaan yang ada dalam diri individu. Dengan demikian, usaha untuk menjadi lebih baik selalu memiliki jalan untuk meraihnya.

Penerapan

Setelah melihat definisi dan manfaatnya, pertanyaan yang lebih dalam adalah bagaimana kita bisa menyusun manajemen diri yang baik. Inilah pertanyaan realistis yakni bagaimana kita melakukannya dan mempertahankan sebagai cara hidup kita terus-menerus.

a). Tentukan Goal setting

Tidak ada orang yang hidup tanpa impian, bukan? Maka, kalau orang yang mau menyusun manajemen diri, yang pertama dan utama dilakukan adalah menentukan apa yang menjadi impiannya dalam hidup ini. Impian itulah tujuan hidup. Ketika orang memiliki tujuan hidup maka ia memiliki kesadaran untuk mendapatkannya.

Dengan tujuan hidup, maka orang memiliki hidup yang terarah. Hidup yang terarah adalah hidup yang berguna bagi diri sendiri dan bagi orang lain. Susunlah apa yang menjadi tujuan hidupmu, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Dengan kesadaran, kejarlah tujuan itu dengan usaha dan semangat pantang menyerah.

b). Analisis Diri

Setelah menentukan goal setting, maka selanjutnya adalah menganalisis diri. Apa maksudnya? Adalah bahwa ketika orang mau membangun manajemen diri ia harus mengenali dirinya. Apa yang menjadi kelebihan dan kekurangannya. Dengan analisis diri, dapat membantu orang untuk lebih mudah meraih tujuan hidupnya.

Selain itu, analisis ini juga sebagai upaya untuk mengenal faktor apa yang menyebabkan kegagalan dan faktor apa yang memberi peluang bagi tercapainya tujuan itu. Analisis yang baik memberi peluang bagi tercapainya tujuan secara maksimal.

c). Solusi

Tidak ada tujuan yang tercapai tanpa hambatan. Maka langkah ketiga adalah, dalam membangun manajemen diri orang harus pandai mengetahui solusi atas setiap hambatan yang dialami. Solusi apa yang dapat diberi pada sebuah hambatan dan dengan cara apa orang menghadapi hambatan itu.

Solusi yang baik atas sebuah hambatan selalu lahir dari pikiran yang jernih dan hati yang murni. Ini berarti ketika ada hambatan yang menghalangi tujuan, orang harus mampu mencari solusi yang baik, tepat, dan sesuai konteks.

d). Strategi

Untuk mencapai tujuan, untuk bisa menganalisis kelebihan dan kekurangan, dan untuk bisa menciptakan solusi yang bijak dari sebuah hambatan maka orang membutuhkan strategi. Strategi berarti langkah-langkah jitu yang harus dimiliki oleh setiap orang yang mau menyusun manajemen dirinya.

Strategi ini tergantung pada setiap orang. Ia lahir dari pikiran yang jernih, hati yang murni, kecerdasan, sikap, dan karakter dalam berbagai situasi dan kondisi. Setiap orang memiliki strateginya masing-masing, bukan? Maka susunlah strategimu guna mencapai tujuan hidup yang diimpikan.

Selamat menyusun manajemen dirimu. Pertanyaan self manajemen, urgenkah? Jawaban ada pada kesadaran dirimu. Selamat mencoba, dan maju terus.