Menurut Khoshaba (2012), self-love merupakan kondisi di mana kita mampu menghargai diri kita sendiri ketika berhasil melakukan sesuatu yang mendorong kemajuan fisik, psikologis, dan spiritual kita. 

Contohnya yaitu ketika kita mampu menghargai dan menerima segala kekurangan beserta kelebihan yang kita miliki. Sementara itu, menurut Cantor (2022), self-love merupakan keadaan di mana kita mampu menerapkan batasan dengan orang lain, mengerti, menghormati, menghargai, dan mengutamakan diri kita sendiri. 

Berdasarkan pendapat tersebut, dapat disimpulkan bahwa self-love adalah ketika kita sanggup mencintai diri kita secara seutuhnya dengan cara mengenali, menghormati, serta menghargai segala yang ada dalam diri kita.

Sering kali, self-love diartikan sebagai bentuk selfish (egois). Padahal, self-love dan selfish merupakan dua hal yang berbeda. Self-love berarti melakukan segala hal dengan mempertimbangkan diri sendiri dan orang lain. 

Sebaliknya, selfish berarti melakukan berbagai hal tanpa mempertimbangkan perasaan orang lain alias berlaku seenaknya demi kepuasan pribadi.

Self-love sangat penting untuk dilakukan oleh setiap orang. Sebab, dengan self-love kita mampu mengetahui batasan terhadap orang lain, bersikap tegas, mengetahui potensi diri, mengetahui diri sendiri secara mendalam sehingga kita mampu membuat bahagia diri sendiri dengan tetap memperhatikan hak-hak orang lain.

Sebelum mengetahui langkah-langkah menerapkan self-love, perlu diketahui terlebih dahulu aspek-aspek self-love agar kita dapat mencintai diri kita seutuhnya. Menurut Mutiwasekwa (2019), aspek tersebut di antaranya yaitu sebagai berikut.

1. Self-awareness, yaitu mengenal, mengetahui, dan menyadari apa yang ada dalam diri sehingga mampu mengendalikan emosi dan tidak menimbulkan kerugian untuk orang lain atas tindakan yang kita lakukan.

2. Self-worth, yaitu meyakini bahwa kita berharga atau memiliki nilai tersendiri tanpa perlu mengikuti standar orang lain agar dianggap berharga.

3. Self-esteem, yaitu mengetahui dan menghargai apa yang dimiliki oleh diri kita, kemampuan dan keberhasilan, serta kenyamanan terhadap diri sendiri.

4. Self-care, yaitu melakukan hal-hal yang kita sukai dan merawat diri demi menjaga kesehatan mental dan fisik.

Setelah mengetahui aspek-aspek self-love, saatnya kita mengetahui langkah-langkah menerapkan self-love. Menurut Khoshaba (2012), langkah-langkah tersebut di antaranya yaitu sebagai berikut.

1. Mengenali diri sendiri

Dengan mengenal diri kita sendiri, kita cenderung mengetahui apa yang kita butuhkan dan rasakan sehingga kita lebih nyaman dalam melakukan sesuatu karena berdasar pada diri sendiri.

2. Melakukan sesuatu sesuai kebutuhan

Untuk dapat mencintai diri kita sepenuhnya, kita perlu bergerak maju dengan cara melakukan sesuatu yang kita butuhkan dan meninggalkan zona nyaman yang terkadang mengalihkan fokus kita terhadap diri sendiri.

3. Merawat diri dengan baik

Merawat diri bisa dilakukan dengan cara melakukan hal-hal yang menyehatkan, seperti olahraga, makan makanan yang sehat, istirahat yang cukup, dan lain sebagainya.

4. Menerapkan batasan

Kita perlu menerapkan batasan diri terhadap orang lain agar kita tetap nyaman dan menghargai kemampuan diri. Batasan tersebut bisa berupa penolakan terhadap suatu hal yang sekiranya kita tidak mampu, kegiatan yang dapat merugikan diri kita, atau bisa juga penolakan terhadap hubungan yang tidak sehat.

5. Melindungi diri

Kita dapat melindungi diri kita dengan cara menjalin interaksi dengan orang-orang yang mampu membawa pengaruh positif bagi kita serta menjaga jarak dengan orang-orang yang berpotensi membawa pengaruh negatif.

6. Memaafkan diri sendiri

Ketika kita melakukan kesalahan atau mengalami kegagalan, kita menghukum diri kita dengan melontarkan kata-kata negatif yang tidak sepatutnya kita ucapkan pada diri kita. Padahal, sering kali kita sangat mudah memaafkan ketika orang lain yang melakukan kesalahan terhadap kita. Oleh karena itu, sebelum mencintai diri kita seutuhnya, kita perlu memaafkan segala kesalahan dan kegagalan yang telah kita lakukan. Kita tidak boleh bersikap keras terhadap diri sendiri. Memaafkan diri sendiri merupakan langkah terpenting sebelum akhirnya kita mampu mencintai diri kita seutuhnya.

7. Menjalani hidup dengan sengaja

Kita akan mencintai diri kita seutuhnya ketika kita hidup secara sengaja dengan tujuan dan niat kita. Sebab, dengan begitu kita akan membuat keputusan yang terbaik untuk hidup kita sehingga dapat menjalani hidup yang lebih bermakna dan diri kita merasa nyaman ketika berhasil mencapai tujuan tersebut.

Proses mencintai diri sendiri seutuhnya bukanlah suatu hal yang mudah. Terdapat beberapa faktor yang menghambat, seperti takut akan pendapat orang lain, belum bisa menerima apa yang menjadi ketetapan Sang Pencipta, selalu berusaha menyenangkan semua orang, serta beberapa faktor internal dan eksternal lainnya.

Disadur dari riliv.co, terdapat beberapa hal yang menjadi tanda bahwa kita sudah mencintai diri seutuhnya, di antaranya yaitu sebagai berikut.

1. Mampu mengenal diri sendiri

Salah satu tanda sudah mencintai diri seutuhnya yaitu kita mampu mengenal diri sendiri dengan baik. Artinya, kita mengetahui segala kelebihan dan kekurangan yang ada di dalam diri kita.

2. Melakukan pola hidup sehat

Melakukan pola hidup sehat menjadi tanda bahwa kita sudah mencintai diri kita seutuhnya karena termasuk bentuk self-care (merawat diri) yang mana merupakan bagian dari self-love.

3. Menerapkan batasan

Menerapkan batasan dengan cara menjalin interaksi dengan orang-orang positif atau berkualitas dan menjaga jarak dengan orang-orang negatif yang bisa membawa dampak buruk bagi kita merupakan salah satu tanda bahwa kita sudah mencintai diri seutuhnya.

4. Menerima ketetapan Sang Pencipta

Ketika sudah mencintai diri seutuhnya, kita akan mampu menerima segala yang ada dalam diri kita tanpa perlu membanding-bandingkannya dengan orang lain.

5. Menghargai setiap pencapaian diri sendiri

Memberikan apresiasi kepada diri sendiri atas pencapaian yang kita lakukan merupakan salah satu tanda sudah mencintai diri sendiri.

6. Menikmati segala hal yang kita lakukan

Saat kita sudah mencintai diri kita seutuhnya, kita akan melakukan hal-hal yang kita suka dengan penuh kenyamanan tanpa merasa khawatir akan pendapat orang lain.

Self-love merupakan hal yang penting untuk kita lakukan. Dengan itu, kita akan mengetahui nilai dari diri kita sehingga kita bisa mengembangkan potensi diri dan terhindar dari rasa insecure

Meskipun terdapat beberapa faktor penghambat dan langkah-langkah yang harus kita lalui untuk mencapai itu, kita harus berusaha semaksimal mungkin untuk belajar mencintai diri seutuhnya. 

Bahkan, alangkah lebih baiknya jika kita mencintai diri kita terlebih dahulu sebelum mencintai orang lain. Ingat, self-love bukan berarti selfish.