Self love ( Cinta Diri ) 2 kata yang memiliki arti sangat mendalam, sehingga tidak semua orang bisa mengartikannya. Seseorang menganggap bahwa self love adalah keadaan di mana seseorang telah berhasil mencapai semua keinginan, sukses secara finansial, serta kehidupannya berjalan seperti yang dia inginkan.

Ada juga yang mengartikan bahwa self love adalah keadaan di mana seseorang bisa menghargai serta mengenal dirinya sendiri dengan baik. Namun saya sendiri mendefinisikan self love bukanlah hanya sebatas itu.

Menurut saya memang benar bahwa, self love adalah keadaan di mana kamu telah mampu mengenali dirimu sendiri dengan baik, menghargai, serta mampu menerima kelebihan dan kekurangan pada diri kamu. Ketiga hal tersebut adalah poin penting dalam upaya penerapan self love.

Mengenali diri sendiri dalam self love, bukan hanya sebatas saat kamu mampu mendeskripsikan diri kamu, namun mengetahui kepribadian diri, memahami isi hati dan pikiran sehingga bisa  menyadari peran akan kehidupan adalah pengertian mengenali diri sendiri yang lebih harus kita pahami.

Poin kedua dalam self love adalah menghargai diri sendiri, sederhananya adalah keadaan di mana kamu sudah tidak menjadikan perkataan orang lain sebagai patokan.

Bahwa semua komentar yang dilontarkan oleh orang lain kepadamu adalah suatu keharusan untuk dijalani, sehingga membuat dirimu kesakitan saat mikirkannya.

Seseorang yang terlalu menjadikan orang lain sebagai patokan adalah mereka yang tidak menyadari bahwa mereka memiliki sisi cantik mereka tersendiri, dan sebenarnya pikiran tersebut tidak datang dari orang lain akan tetapi datang dari pikiran kamu sendiri sama aja kayak semacam overthingking.

Yang perlu kamu lakukan adalah perlahan ubah pola pikir bahwa sebenarnya pandangan yang paling penting itu datang dari diri sendiri, tidak perlu memaksakan standarmu dengan orang lain.

Hidup akan menjadi lebih berkualitas jika kamu dapat menghargai diri sendiri, pujilah dirimu sendiri jika sesuatu berjalan dengan baik, sebagai bentuk apresiasi bahwa kamu memang  menghargai diri kamu.

Poin terakhir dalam self love adalah mampu menerima kelebihan dan kekurangan pada diri kita, jelas kita tau bahwa di dunia ini tidak ada yang sempurna, namun kita berlaku seakan-akan bahwa kita harus terlihat sempurna dimata semua orang.

Tidak apa-apa kok menjadi diri sendiri dengan menampakkan kelebihan dan kekuranganmu, kamu bisa dengan bangga menampakkan sisi dirimu yang sebenarnya kepada orang lain, sehingga orang lain tidak akan berekspektasi lebih tentang diri kamu.

Orang lain tidak akan pernah bisa memahami dirimu sebaik kamu memahami dirimu sendiri, selalu kelilingi diri kamu dengan lingkungan dan orang-orang yang memberi banyak pengaruh positif. Semua penjelasan tadi merangkum pengertian lebih luas tentang self love menurut saya.    

Namun, tidak semua orang bisa menerapkan ketiga poin self love tersebut dengan mudah, ada beberapa orang yang harus berjuang agar bisa menerapkannya, dan bahkan ada pula yang gagal.

Self love harus dilandasi dari kemauan diri sendiri, yang mungkin beberapa orang juga harus memiliki faktor-faktor penunjang untuk menerapkannya.

Tidak terkecuali saya sendiri, saya sendiri memiliki faktor penunjang kenapa saya harus menerapkan sikap self love tersebut, saya sadar akan pentingnya self love setelah saya bertemu dengan orang-orang hebat yang menginspirasi seberapa pentingnya saya harus mencintai diri sendiri.

Mereka adalah  sebuah boy band beranggotakan 7 orang-orang hebat berasal dari Korea Selatan yang disebut Bangtan Sonyeondan atau lebih kita kenal dengan sebutan BTS. 

Mereka bukanlah sebuah boy band menciptakan karya musik hanya sebatas untuk   dinikmati, namun banyak kepositifan yang mereka berikan melalui lirik lagu yang mereka ciptakan.

Ada sebuah lirik dalam sebuah lagu BTS yang berjudul BTS Answer: Love Myself  bahwa  “ Mencintai diri sendiri itu lebih sulit daripada mencintai orang lain ” dan itu memang benar adanya, seruan kampanye Love your self dan Love myself bahkan mereka lalukan.

Mereka adalah orang-orang luar biasa dan sangat berpengaruh pada diri saya, beberapa orang bahkan berhasil bangkit dari keterpurukan setelah mereka bertemu dengan BTS. 

Melihat mereka berhasil sukses setelah bertahun-tahun berjuang adalah motivasi bagi saya untuk terus memberikan yang terbaik untuk masa depan saya.

Mungkin dari kalian penasaran apa saja kata-kata motivasi yang sangat berpengaruh yang disampaikan oleh BTS agar saya bisa mencintai diri sendiri. Diantaranya :

- Kim Namjoon 

“ Tidak perlu memaksakan diri sendiri untuk jadi sempurna seperti yang dunia luar tunjukkan, kita punya gaya masing-masing ”

- Kim Seokjin

“ Berpikir tentang masa depan dan berusaha keras memang penting, tetapi menghargai diri sendiri dan memastikan dirimu terus bahagia adalah hal yang sangat penting ”

- Min Yoongi

“ Kita dilahirkan untuk menjadi nyata bukan untuk menjadi sempurna ”

Jung Hoseok

“ Setiap individu itu cantik dengan caranya sendiri ”

- Park Jimin

“  Berhenti membandingkan dirimu dengan orang lain, karena jalan hidup orang berbeda-beda ”

- Kim Taehyung

“ Jangan takut kehilangan orang di sekitarmu, takutlah kehilangan dirimu demi menyenangkan orang di sekitarmu ”

- Jeon Jungkook

“ Jangan dengarkan perkataan orang lain, karena mereka tidak tau kalau kita berjalan setiap hari menahan air mata, agar terlihat baik-baik saja ”

            Semangat untuk kalian yang sedang berjuang untuk mencintai diri sendiri, kalian berharga, dan kalian luar biasa.