Negara Indonesia memiliki luas wilayah sebesar 5.455.675 kmdan 3.544.744 km2 dengan 2/3 wilayahnya adalah lautan. Hal tersebut menjadikan sebagian masyarakat Indonesia bermata pencaharian sebagai nelayan, khususnya di wilayah Kebumen selatan.

Kebumen merupakan salah satu kabupaten dengan penduduk terpadat di Jawa Tengah yang dikenal dengan bahasa ngapaknya. Menurut orang Kebumen, “Ora ngapak, ora kepenak.” Artinya, tidak ngapak, tidak enak.

Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Banjarnegara di sebelah utara, Kabupaten Wonosobo  dan Kabupaten Purworejo di sebelah timur, Samudera Hindia di sebelah selatan, serta Kabupaten Cilacap dan Kabupaten Banyumas di sebelah barat.

Dikarena perbatasan bagian selatan Kebumen adalah Samudera Hindia, maka Kebumen memiliki banyak pantai di sepanjang jalur selatan. Terdapat puluhan pantai yang ada di Kebumen, namun dari sekian banyaknya pantai di Kebumen ada yang bisa membuat kalian jatuh hati jika berkunjung ke beberapa pantai ini.

Pantai pertama yang bisa membuat kalian jatuh hati adalah Pantai Menganti. Pantai Menganti ini beralamat di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen. Jika ingin berkunjung ke Panti Menganti, wisatawan hanya perlu membayar Rp 15.000.

Tarif tersebut sudah termasuk parkir, bagi yang membawa kendaraan pribadi. Perlu berhati-hati jika ingin berkunjung ke Pantai Menganti, sebab jalanannya yang berliku dan curam.

Pantai ini merupakan satu-satunya pantai berpasir putih yang ada di Kabupaten Kebumen, selain itu pantai ini adalah pantai terbaik di Kebumen dengan pemandangan langsung ke Samudra Hindia.

Disekeliling pantai terdapat panorama perbukitan hijau yang dipercantik dengan adanya gazebo untuk para wisatawan agar bisa menikmati pesona indahnya Pantai Menganti. Banyak  foto yang instagramable bagi para wisatawan, salah satunya ada di jembatan merah.

Jika ingin menuju jembatan merah, maka para wisatawan harus menaikki mobil bak terbuka tanpa perlu membayar, karena tarif sudah dibayar waktu awal masuk. Suasana pantai yang nyaman dan bersih menjadi daya tarik pengunjung baik dari dalam kabupaten maupun dari luar kabupaten.

Jika semakin banyak wisatawan yang berkunjung, maka dapat menambah pemasukan masyarakat setempat dengan mendirikan berbagai warung makan sea food. Soal harga tak usah khawatir, karena sudah pasti terjangkau dan pastinya ikan yang akan dimasak adalah ikan segar, asli tangkapan nelayan setempat.

Pantai kedua yang dapat membuat pengunjung jatuh hati adalah Pantai Surumanis yang terletak di Desa Pasir, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen. Jalan menuju pantai ini cukup terjal dan berliku, sehingga perlu berhati-hati.

Pantai Surumanis bersebelahan dengan Pantai Lampon, masih satu jalur dan pintu masuknya bersebelahan. Pengunjung yang datang ke pantai ini dikenakan tarif Rp 5.000 per orang, dengan biaya spot foto Rp 5.000 per orang, para wisatawan sudah bisa berfoto sepuasnya, dan biaya parkir sepeda motor sebesar Rp 2.000.

Jika ingin  berwisata ke pantai ini, pengunjung wajib membawa kamera agar bisa mengabadikan moment bersama keluarga atau bersama orang tersayang, karena ditempat ini banyak sekali spot foto yang kekinian.

Tidak seperti di Pantai Menganti yang terdapat warung makan sea food, di Pantai Surumanis warung makannya tidak sebanyak warung makan di Pantai Menganti, jadi jika ingin berkunjung ke Pantai Surumanis sebaiknya membawa bekal sendiri dari rumah.

Spot foto terhits di pantai ini adalah di jaring-jaring, semacam tempat bersantai sambil berleha-leha meluruskan kaki menikmati pemandangan menghadap ke Pantai Surumanis langsung.

Pantai ketiga yang dapat membuat para wisatawan jatuh hati berikutnya adalah Pantai Karang Bolong yang terletak di Desa Karangbolong, Kecamatan Buayan, Kabupaten Kebumen.

Sesuai dengan namanya, yaitu karang bolong yang artinya karang berlubang, pantai ini memiliki ciri khas tersendiri dari pantai lain yang ada di Kabupaten Kebumen, yaitu adanya sebuah karang besar yang berlubang atau bisa dikatakan mirip dengan goa namun tembus.

Di sisi timur pantai ini, terdapat goa yang terkenal sebagai sarang burung lawet. Burung lawet merupakan ikon khas dari Kota Kebumen yang dijadikan tugu di tengah Kota Kebumen. Adanya tugu lawet berkitan erat dengan potensi yang dimiliki Kabupaten Kebumen yakni penghasil saang burung lawet.

Pantai ini dikelilingi oleh perbukitan yang cukup lebat. Ada banyak gazebo dan warung sederhana yang menjual aneka gorengan dan minuman. Terdapat banyak karang-karang di tepian pantai yang diterpa ombak.

Nah itulah pantai-pantai yang ada di Kabupaten Kebumen yang bisa membuat jatuh hati pengunjungnya. Namun, yang paling membuat jatuh hati diantara ketiga pantai tersebut adalah Pantai Menganti. Pantai-pantai tersebut wajib kalian kunjungi jika berlibur ke Kebumen.

Tidak lupa, jika kita berkunjung ke sebuah tempat wisata, tetaplah patuhi aturan yang ada di tempat wisata yang dikunjungi.

Beberapa tips jika kita berwisata ke pantai di Kebumen.

  • Patuhi aturan yang ada di tempat wisata, seperti tidak berenang di pantai, tidak merusak pohon atau daerah sekitar pantai, dan jangan membuang sampah sembarangan.
  • Hormati adat yang dipercaya masyarakat sekitar.
  • Bersikap sopan santun dan tidak mengucapkan kata-kata kotor.
  • Hindari hal yang dapat merugikan orang lain dan diri sendiri.
  • Siapkan kamera agar bisa memotret keindahan pantai yang ada di Kabupaten Kebumen.