Sekepal tanah surga, begitulah orang memanggil sebuah daerah di provinsi Jambi, lebih tepatnya di Kerinci.

Kerinci merupakan sebuah daerah yang kaya akan tempat wisatanya, ada beribu tempat wisata yang bisa kalian kunjungi.

Berikut beberapa tempat wisata yang sudah sangat populer yang bisa dikunjungi di daerah sekepal tanah surga ini.

Gunung Kerinci, gunung aktif tertinggi di Indonesia juga sering disebut sebagai atap Sumatra memiliki ketinggian 3805 mdpl.

Siapa yang tidak ingin menaklukan gunung tertinggi di Indonesia ini, pada saat perjalanan ke sana pun kita disuguhkan oleh pemandangan perkebunan teh yang sangat luas.

Gunung Kerinci dikelilingi perkebunan teh yang sangat luas, sehingga menambah nuansa indah dan sejuk pada saat kita ingin mendaki ke gunung Kerinci.

Pada saat kita berada di atas atap Sumatra itu kita bisa melihat semua apa itu yang disebut dengan sekepal tanah surga, kita bisa melihat betapa indahnya daerah yang dijuluki dengan sekepal tanah surga itu.

Rawa Bento, sebuah aliran sungai yang dikelilingi pepohonan hijau atau sering juga disebut mini amazonnya yang ada di Kerinci.

Rawa Bento sering dipakai untuk camping, karena suasana udaranya yang sejuk dan dialiri air yang jernih tentu ini membuat hati yang sedang kusut, kesal, sedih bisa menjadi pengobat.

Bahasa anak mudanya sering disebut self healing, sebuah kegiatan untuk menyembuhkan jiwa dan hati dari hiruk pikuknya dunia ini.

Danau gunung tujuh, sebuah danau yang dikelilingi pegunungan yang berada di ketinggian 1925 mdpl juga merupakan danau kaldera tertinggi di Asia Tenggara.

Danau gunung tujuh ini berada tidak jauh dari gunung Kerinci, danau gunung tujuh juga sering dipakai untuk camping, saat berada di atas banyak juga yang mengisi waktunya dengan naik biduk (sampan kecil) mengelilingi danau ada yang mandi dan bahkan memancing.

Namun konon yang memancing di sana jika mendapatkan ikan mereka tidak boleh membawa pulang hanya boleh makan saat berada di sana, juga danau yang berada dikelilingi pepohonan ini dipinggirnya akan tetapi kita tidak menemukan sebuah daun yang jatuh ke dalam danau tersebut, sebuah danau dengan kemistisannya.

Danau Kaco, sebuah danau yang berada jauh di tengah hutan dengan air berwarna biru dan sangat jernih bak kaca, maka dari itu disebut danau kaco oleh penduduk Kerinci di mana kaco itu berarti kaca.

Untuk mengunjungi danau kaco kita harus memasuki hutan berjalan selama 2 jam, dengan perjalanan sejauh itu pasti membuat siapapun kelelahan.

Akan tetapi semua itu akan terbayar jika sudah sampai di sana dengan melihat air yang sangat jernih dan biru dengan ikan yang berenang-renang di dalamnya, banyak juga pengunjung yang ingin membayar keletihannya dengan mandi di danau tersebut.

Banyak cerita mistis juga beredar kalau ikan yang ada di danau tersebut tidak boleh diambil jika diambil akan menyebabkan musibah, entah itu hanya sebuah cerita bohong belaka agar pengunjung tidak mengambil ikan agar tidak merusak ekosistem ikan di danau tersebut, tidak ada yang tau yang pasti kita harus menjaga keasrian alam itu.

Danau Kerinci, danau yang sangat luas berada di daerah Kerinci hilir.

Danau Kerinci ini sering dijadikan tempat mengadakan expo sekolah bahkan tempat acara besar seperti festival danau Kerinci.

Ajang untuk menunjukan kebudayaan Kerinci yang dikemas dengan festival baik dari makanan atau suguhan tarian adat kebudayaan khas Kerinci.

Kebun teh kayu aro, perkebunan teh yang berada di daerah kayu aro Kerinci ini diklaim sebagai kebun teh terluas di dunia yang memiliki luas 3.020 hektar.

Berada di kebun teh yang luas ini dengan suasana udara yang hening dan sejuk tentu membuat hati dan pikiran kita tenang.

Banyak pengunjung yang berswafoto di perkebunan teh ini dengan pemandangan gunung Kerinci yang menjulang tinggi.

Perkebunan teh kayu aro juga memiliki banyak penginapan untuk yang ingin bermalam dengan menikmati suasana perkebunan teh dan gunung Kerinci yang sejuk. 

Salah satunya Swarga sebuah penginapan yang berada diatas perbukitan yang tinggi di tengah kebun teh, apalagi pada saat pagi hari kita bisa menikmati pemandangan perkebunan teh dan rumah warga yang terlihat jelas dengan sekumpulan awan pagi yang segar dengan secangkir kopi hangat bak berada di atas awan.

Masih banyak lagi tempat wisata yang tidak bisa kami sebutkan yang ada di sekepal tanah surga ini, itu hanya beberapa rekomendasi yang hanya sangat populer yang bisa di eksplore saat berada di Kerinci.

Sekepal tanah surga yang memiliki alam dan tempat wisata yang pasti sangat asri dan alami yang bisa dikunjungi.

Beberapa tempat wisata yang kita beritahukan tadi tentu bisa dimasukkan list jika ingin berlibur dan berkunjung ke daerah sekapal tanah surga Kerinci, provinsi Jambi.