“Tidak ada formula mutlak bagi kebahagiaan. Setiap kondisi unik dalam hidup bisa menghadirkan fondasi bagi kebahagiaan dengan cara uniknya sendiri.” Itu adalah sebuah kutipan dari The Book Of Ikigai karya Ken Mogi yang telah saya baca.

Buku ini menjelaskan konsep ikigai orang Jepang yang membuat mereka bahagia dalam menjalani hidup. Kebahagiaan hidup yang dijalani orang Jepang itu membuat mereka memiliki harapan hidup rata-rata sekitar 85 tahun.

Topik mengenai ikigai ini sangat menarik bagi saya, karena memberi pernyataan bahwa sekadar menemukan passion tidaklah cukup. Banyak remaja yang sedang beranjak dewasa mengalami kegalauan dalam menentukan tujuan hidup, terutama dalam menemukan passion. Padahal, kita bisa melihat banyak konten di Google, Instagram, dan YouTube sudah membahas masalah ini.

Adapula remaja yang sudah menemukan passion-nya, tetapi merasa "Aku nggak bisa makan dari passion." Oleh karena itu, Saya yakin bahwa konsep ikigai akan memberi solusi dalam menentukan tujuan hidup.

Saya akan mengenalkan ikigai kepada Anda. Ikigai adalah istilah Jepang untuk menjelaskan kesenangan dan makna kehidupan. Ikigai secara harfiah meliputi “iki” (untuk hidup) dan “gai” (alasan).

Berdasarkan diagram, ikigai memiliki 4 pertanyaan yang harus Anda jawab, yaitu:

Apa yang kamu suka? 

Apa keahlian yang kamu kuasai? 

Apa yang bisa membayarmu?

Apa yang dunia butuhkan? 

Keempat pertanyaan ikigai itu memiliki hubungan masing-masing. Irisan-irisan pertanyaan ikigai menghasilkan passion, profession, vocation, dan missionSeseorang telah mencapai ikigai jika bisa menjawab keempat pertanyaan itu dan memiliki irisannya.

Untuk memudahkan pemahaman mengenai ikigai, saya akan memberikan Anda dua simulasi:

Tom adalah seorang pelukis. dia memiliki kemampuan melukis  baik. Tom sangat menyukai kegiatan ini karena melukis adalah hobinya sejak kecil. Setiap hari, Tom menghabiskan waktunya di dalam rumah untuk membuat banyak lukisan meskipun tak seorang pun mengetahui karyanya.

Jerry juga seorang pelukis. dia memiliki kemampuan melukis yang sama baiknya dengan Tom. Berbeda dengan Tom, Jerry adalah seorang pekerja keras dan cerdas. Jerry berhasil mendirikan sebuah studio seni lukis untuk menawarkan jasa profesionalnya dan menampilkan karya-karyanya yang komersil. Selain itu, Jerry juga menampung para pelukis jalanan yang tidak terurus dan membuka pelatihan melukis untuk semua kalangan yang hobi melukis.

Mari kita uraikan kehidupan Tom dan Jerry dalam kacamata ikigai. Siapakah diantara mereka yang menerapkan konsep ikigai

Berdasarkan kacamata ikigai, Tom mengetahui minat dan keahliannya di bidang melukis, artinya dia memiliki passion. Namun, hal ini tidaklah cukup karena belum memenuhi ketiga irisan lainnya, yaitu mission, vocation, dan profession. Tom hanya bekerja untuk dirinya sendiri. Suatu saat, dia akan jenuh karena merasa hidup yang dijalaninya tidak memberikan manfaat untuk dirinya dan orang lain. Apakah Anda ingin seperti ini?

Jerry telah mencapai ikigai-nya. Dia sangat mencintai pekerjaannya sebagai seorang pelukis (passion). Dia mendapat penghasilan sebagai pelukis profesional (profession), orang-orang takjub pada karyanya (vocation), dan bermanfaat untuk orang lain dengan membantu pelukis jalanan dan membuka pelatihan melukis (mission). Menarik sekali kan?

Selanjutnya, saya akan memberikan tips-tips sederhana untuk membantu Anda mencapai ikigai.

Pertama, identifikasi dan tentukan tujuan hidup. Ingat! Anda sendirilah yang mampu menemukanya. Pikirkan dan renungkan hal-hal berikut ini: Sesuatu yang membuat Anda termotivasi, nilai hidup yang Anda anut, dan sesuatu yang penting bagi hidup Anda. Ketiga hal tersebut akan memacu Anda untuk menentukan tujuan hidup. Let’s find yourself!

Kedua, setelah berhasil mengidentifikasi dan menentukan tujuan hidup, lakukan rencana-rencana yang telah Anda buat. Anda bisa mencoba pilihan yang sudah Anda tentukan di bidang apapun, baik itu seni, teknologi, olah raga, dan lain-lain. Coba dan jalani aktivitas itu hingga suatu saat merasa, “Wah, ini adalah ikigai-ku.”

Ketiga, bergabunglah dengan suatu komunitas yang memiliki kesamaan minat dengan Anda sehingga berkesempatan untuk berkomunikasi, berdiskusi, dan belajar dengan orang-orang berpengalaman dan ahli di bidang yang Anda minati. Anda akan memiliki bekal untuk menghadapi tantangan kedepannya. Ayo, bergabunglah dengan mereka!

Keempat, Anda harus mampu melewati segala rintangan dalam perjalanan mencapai ikigai. Kita sering mendengar kisah-kisah orang sukses bahwa mereka melewati kegagalannya terlebih dahulu. Oleh karena itu, adanya rintangan merupakan hal yang wajar. Anda punya kekuatan untuk membuat hidup jadi lebih baik. Percayalah!

Untuk mencapai ikigai, Anda tidak harus menjadi orang Jepang dan tidak ada syarat-syarat khusus yang harus dipenuhi. Ikigai adalah tentang menemukan, menjelaskan, dan menghargai kesenangan-kesenangan hidup yang memiliki arti bagi Anda. Anda bisa menemukan dan menanamnya sendiri, menumbuhkannya perlahan-lahan, hingga suatu hari berbuah manis untuk Anda.