“Bagus banget filmnya, sarat pesan moral dan makna kehidupan”. Begitu seru seorang teman yang waktu itu habis nonton filmnya Julia Robert, pesohor dari Hollywood yang menjadi bintang utama dan memerankan figur Elizabeth Gilbert di film laris berjudul EAT PRAY LOVE. Mencari kedamaian, kesejatian diri dan tujuan hidup menjadi inti cerita film yang sangat populer ini.

Di Italia, Elizabeth Gilbert sang tokoh utama dalam lakon tersebut, menemukan makna sejati kenikmatan lewat makanan. Di India, ia berhasil menemukan kekuatan doa yang berpengaruh dalam hidupnya. Sedangkan di Bali, ia akhirnya menemukan kedamaian dalam cinta sejati.

Tentu saja kita tidak harus bepergian ke Italia, India dan Bali hanya untuk menemukan hal yang sama dengan Elizabeth Gilbert.  Sebuah adagium Latin menyatakan mīlle viae dūcunt hominēs per saecula Rōmam yang artinya seribu jalan membimbing orang selamanya ke Roma. Ada begitu banyak jalan menuju ke kedamaian dan kesejahteraan hidup. Kita bisa menemukannya dengan jalan dan cara kita sendiri.

Untuk sampai kepada kedamaian dan kesejahteraan berupa sehat seutuhnya, maka kita bisa menjalani EAT PRAY LOVE versi kita masing-masing. Karena sehat seutuhnya hanya akan dicapai dengan kondisi fisik tubuh yang bugar dan prima maka SPORT menjadi keping terakhir yang harus ada untuk melengkapi 3 kata sakti tersebut. Paparan selanjutnya adalah sebuah elaborasi untuk masing-masing bagian itu secara lebih mendalam.

Sejatinya tidak harus dengan makanan yang mahal untuk bisa menemukan kenikmatan lewat makanan seperti yang dilakukan Elizabeth Gilbert.  Makanan apapun bisa dinikmati dengan sebuah kesadaran bahwa makan bertujuan untuk sehat dan merawat tubuh sendiri. Rasa syukur yang diungkapkan lewat doa sebelum makan akan semakin menambah nikmat makanan. Dengan hadirnya kesadaran langka seperti ini semua makanan akan terasa nikmat. Untuk berada pada tingkatan kesadaran itu maka kita harus terus berproses. Ia tidak akan pernah datang secara ujug-ujug. Hanya dengan cara inilah makna baru menemukan kenikmatan lewat makanan bisa digapai.

Ada seseorang yang mendapatkan kesadaran seperti itu pada saat jatuh sakit parah yang hampir merenggut nyawanya, yang memerlukan perawatan yang sangat intensif plus biaya yang mahal. Setelah sembuh dia diwajibkan dokter hanya boleh menelan makanan-makanan sehat saja.

Ada juga yang lain yang memperolehnya justru setelah berolah raga dengan keras dan mendapati tubuhnya yang bugar, hasil medical check up bagus semuanya dan merasa sayang jika setelahnya tubuh diberi asupan yang tidak sehat plus tinggi kalori. Dengan bekal kesadaran seperti ini kita akan lebih mudah mendapatkan kesejahteraan, bebas dari kecemasan dan juga  tubuh sehat. Selanjutnya kita hanya tinggal membutuhkan disiplin dalam menyantap makanan.

EAT right. Makanlah dengan porsi yang tepat dan gizi seimbang. Tidak perlu eat less atau dikurangi porsinya tetapi juga jangan sampai takarannya berlebihan. Ini merupakan cara lain menemukan makna sejati tujuan makan yaitu untuk sehat dan bukan sekadar memanjakan lidah semata. Dengan tubuh sehat kita bisa menikmati hidup dengan lebih baik dan akan terus menemukan banyak kenikmatan lain.

Makanlah untuk sehat. Kunyahlah makanan lebih lama. Hal ini merupakan rangkaian awal yang penting dari sistem pencernaan. Ada yang menyarankan kunyahlah hingga 32 kali. Makanan akan menjadi lebih lembut dan memudahkan kerja usus serta lambung dalam mengurai makanan tersebut untuk kemudian diserap sarinya.

Otak memerlukan waktu hingga 20 menit untuk mendapat sinyal tubuh bahwa kita sudah makan. Kunyah lebih lama juga menjadi cara menikmati makan dan ia adalah bentuk rasa syukur kita terhadap makanan yang dikaruniakan kepada kita. Kita “hadir” saat makan, bukan makan sambil melakukan aktivitas lain seolah makan hanya menjadi ritual sambilan yang tidak penting. Hebatnya lagi mengunyah perlahan membuat kita akan cenderung makan dengan porsi secukupnya.

Makan untuk sehat, maka makanlah banyak sayur dan buah. Usus manusia telah didisain oleh-Nya dengan sangat sempurna untuk cocok dengan makan biji-bijian, sayur dan buah yang kaya serat dan nutrisi sehat lainnya. Usus halus kita 6 kali lebih panjang dari usus besar. Pada makhluk pemakan daging usus halusnya lebih pendek. Selain usus halus, manusia tidak punya taring untuk merobek daging namun hanya untuk menumbuk saja. Jadi perbanyak sayur dan buah kurangi daging.

Makan untuk sehat, cukupi dengan probiotik dan prebiotik bagi tubuh. Ingatlah bahwa 80 persen sistem imunitas manusia terletak di saluran cerna. Fungsi utama bakteri baik (probiotik) adalah mengurangi berkembangnya bakteri merugikan di kolon atau usus besar melalui kompetisi nutrisi, menekan munculnya metabolit berbahaya, menjaga saluran pencernaan, dan meningkatkan daya tahan tubuh. Beberapa manfaat lain meliputi mencegah dan mengurangi diare akibat rotavirus atau patoge, serta mengurangi potensi kanker kolon.

Contoh sumber probiotik adalah keju, produk kedelai dan  susu terfermentasi (yogurt) yang mampu menurunkan toksin di kolon. Sedangkan prebiotik adalah makanan berupa serat yang tidak bisa dicerna oleh tubuh dan berguna untuk mendukung pertumbuhan bakteri baik dalam tubuh. Kacang-kacangan, sayur, buah dan rumput laut banyak megandung serat yang merupakan sumber prebiotik.

PRAY earnestly. Berdoa dengan bersungguh-sungguh. Doa adalah solusi dan obat stres yang paling ampuh. Dr. Roberta Lee menjelaskan dalam bukunya The Super Stress Solution, bahwa “Orang-orang yang religius dan memiliki spiritualitas tinggi ternyata lebih kuat menghadapi tekanan, lebih cepat pulih dari sakit, dan sanggup merasakan manfaat yang lebih besar atas kesehatan dan kesejahteraan mereka. Dalam tataran intelektualitas, spiritualitas menciptakan keterhubungan seseorang dengan dunia, yang membuatnya bisa lebih menerima hal-hal yang di luar kendali dirinya”. 

Kesadaran bahwa manusia hanyalah bagian kecil dari semesta raya membuat seseorang lebih mudah memahami bahwa ada kekuatan lain yang lebih besar yang maha mengatur kehidupan ini. Pemahaman ini mampu menimbulkan rasa bersyukur, yang biasanya juga memunculkan rasa empati, peduli, keinginan untuk berbagi, membela yang lemah, mengamalkan ilmu yang dimiliki, dan bersikap dermawan.

Dari semua kesadaran dan pemahaman tadi mucullah harapan yang merupakan obat ampuh untuk stres seperti kata Harold Koenig, M.D., seorang associate professor of medicine and psychiatry di Duke University, Durham, North Carolina. Harold telah meneliti lebih dari 1000 studi mengenai efek doa terhadap kesehatan seperti yang ia ditulis dalam bukunya Handbook of Religion and Health.

LOVE sincerely. Cintai dengan tulus. Cinta yang diungkapkan dengan tulus kepada anggota keluarga tak sekedar memberikan kebaikan dan kehangatan bagi kondisi emosional saja tetapi juga bagus untuk kesehatan fisik. Bentuk aksi penuh cinta bisa sangat beragam misalnya pelukan yang hangat bisa mengurangi stres dan kegelisahan, dan mengeratkan hubungan orang tua dan anak. Kenyamanan yang muncul bisa menurunkan tekanan darah dan resiko penyakit jantung. Dahsyat bukan?

Contoh lain adalah usapan lembut atau pijatan kepada anggota keluarga dapat membantu tidur lebih nyenyak baik untuk bayi, anak atau bahkan orang dewasa. Aksi berikutnya adalah meluangkan waktu sesibuk apapun Anda. Usahakan tetap bisa bertemu dan berkumpul bersama seperti saat sarapan atu makan malam bersama yang bisa menjadi ajang saling memahani satu dengan yang lain secara lebih baik.

SPORT regularly. Olah raga yang teratur serta terukur. Teratur misalnya seminggu minimal 150 menit atau setara dengan 3 kali olah raga masing-masing minimal 30 menit. Atau bisa juga dengan teratur jalan kaki minimal 10.000 langkah setiap hari. Terukur artinya menyesuaikan dengan kemampuan serta umur. Jika usia masih muda bisa dengan olah raga jenis aerobik yang berat di mana ada gerakan melompat, mengangkat beban, memacu kecepatan dan seterusnya. Jika usia sudah menjelang 50 tahun maka cukuplah dengan jalan kaki secara rutin untuk menjaga tubuh tetap bugar. Jangan lupa tetap melakukan pemanasan sebelum melakukan olah raga apapun agar tidak mudah cedera.

Sehat seutuhnya, sehat yang paripurna adalah sehat yang sesungguhnya. Dan itu hanya bisa tercapai dengan manifestasi resep lengkap dari rangkaian persamaan sederhana seperti berikut: EAT right + PRAY earnestly + LOVE sincerely + SPORT regularly = True Healthy Life. Ibarat sebuah formula maka komposisi sehat seutuhnya  adalah makanan dengan gizi yang tepat dan seimbang, fisik yang prima dan keterhubungan manusia dengan dirinya melalui doa dan cinta. Inilah kunci menuju sehat yang hakiki di mana harus ada body-mind-spiritual balance!

Kita juga perlu dicintai dan mencintai. Kita perlu mensyukuri hidup ini dengan cara  mengisinya dengan hal-hal yang berguna, peduli, berbagi, dan migunani kanggo liyan seperti salah satu petuah Jawa lama yang amat populer. Mencapai keseimbangan hidup penting agar menjadi at-ease (sejahtera) dan terhindar dari kondisi dis-ease (penyakit). Sekarang bagian manakah dari resep di atas yang belum kita punya? Jangan sampai belum lengkap ya….Selamat tahun baru 2021, semangat yang baru yang penuh dengan harapan baru.

Live your balanced and healthy life!