Mahasiswa
3 bulan lalu · 30 view · 3 menit baca · Buku 69180_50275.jpg
ebooks.gramedia.com

Sukses di Dunia Bisnis Ala Wadirut Pertamina

Resensi Buku D'Gil! Marketing

Buku ini menyuguhkan “D’Gil! Marketing” atau cara marketing “gila” untuk sukses di dunia bisnis yang semakin “gila” ini. Buku ini tersusun atas tiga bagian utama yang menjadi topik pembahasan mengenai cara marketing “gila”, yaitu D’disruption, D’Foundation, dan D’Application. 

Lingkungan bisnis di luar sana memang banyak perubahan “gila” yang penuh kejutan. Pelanggan semakin sulit di terka isi hatinya sementara pesaing muncul dari mana-mana, singkat cerita dunia memang semakin “gila”. Anehnya, banyak perusahaan yang bersikap santai-santai saja. 

Mereka masih berkutik dengan cara lama tanpa adanya inovasi dan perkembangan. Mau tidak mau saat ini perusahaan membutuhkan lebih banyak orang “gila”. Untuk itu perlunya menyebarkan virus-virus “kegilaan”. D’Gil! Marketing itulah jawabannya. Ada tiga prinsip penting (pondasi) yang perlu diterapkan. 

Pertama “Think Like There Is No Box!” Perusahaan dituntut untuk tidak membatasi kemampuannya serta pikirannya oleh berbagai halangan. Berpikir gilalah kunci utamanya. Prinsip kedua yaitu “Raise The Bar” atau bercita-citalah dengan tinggi. Perusahaan di tuntut untuk memasang target setinggi-tingginya dengan tetap memerhatikan kemampuan. Dengan cara inilah perusahaan tidak akan selalu berada di zona nyaman. Kemudian prinsip ketiga adalah gagal ulangi, salah perbaiki, berhenti mati.

Setelah berpikir serta memasang target yang gila kita perlu mewujudkannya dengan tindakan yang gila pula seperti d’Gil! Product atau cara gila menciptakan produk dengan melakukan inovasi produk, d’Gil! Price atau cara gila menciptakan harga sesuai dengan selera pelanggan tanpa menurunkan kualitas produk, d’Gil! Place atau cara gila melakukan distribusi dengan melalui berbagai media dan d’Gil! Promotion atau cara gila membuat promosi dengan menciptakan branding yang mendunia merupakan bentuk implementasinya. Inti dari pada itu semua, perusahaan harus memiliki metode marketing yang gila untuk bersaing di dunia bisnis yang gila pula.

Ahmad Bambang selaku penulis buku “D’Gil! Marketing: Think Like There Is No Box!” ini, merupakan seorang Wakil Drektur Utama PT Pertamina Persero. Sosok yang ramah dengan sebutan “Pak Abe” ini memiliki segudang prestasi, salah satunya yaitu dinobatkan sebagai Indonesia’s Marketeer of The Year 2016 pada acara MarkPlus Conference akhir tahun 2016 lalu. 

Beliau hadir dengan ide orisinal dan inspiratifnya sebagai upaya menghadapi tantangan di dunia yang semakin “gila” ini. Akhirnya dengan rujukan Founder dan Executive Chairman MarkPlus, Inc, Hermawan Kartajaya, akhirnya beliau menerbitkan buku sebagai wujud dokumentasi dari ide-ide gila tersebut dan pencerahan bagi perusahaan-perusahaan lain untuk dapat berlayar di dunia bisnis yang semakin “gila” ini.

Kelebihan dari buku ini yaitu pertama apabila dilihat dari ‘look’ dan cover. Kertas cover dengan desain warna dasar background kuning yang mencolok sehingga menarik perhatian untuk membaca buku ini. Selain itu, cover di desain elegan dengan judul yang unik semakin menambah daya tarik serta menambah minat baca. 

Selain covernya yang menarik, ternyata setelah dibuka, buku ini sangat colorfull, komunikatif dengan berbagai gambar-gambar animasi bagian dari penjelasan materi, dan gaya tulisan yang unik sehingga menambah daya tarik untuk membaca buku ini lebih lanjut dan pembaca cenderung tidak bosan untuk membaca buku ini karena sangat interaktif dengan gambar-gambar dan warna yang mendukung.  

Kemudian apabila ditinjau dari isi, sang penulis menguraikan dengan padat dan tidak bertele-tele apa isi buku tersebut. Sang penulis juga sangat mahir memilih diksi, penggunaan kata-katanya sudah sesuai dengan EBI (Ejaan Bahasa Indonesia) sehingga terciptalah paragraf yang runtut dan jelas.

Sedangkan kelemahan dari buku ini yaitu kata-kata dalam buku ini sangat padat dan terkesan berat atau susah dicerna oleh kalangan akademisi walaupun saya juga menyadari bahwa buku ini sejatinya di desain untuk para pebisnis. Selain itu, terdapat banyak kosakata baru yang tidak semua orang dapat memahaminya. 

Akan tetapi, alangkah lebih baiknya penggunaan katanya sedikit lebih longgar sehingga dapat dicerna oleh kalangan akademisi termasuk mahasiswa. Selain itu, terdapat sedikit kesalahan penulisan kata perulangan atau “typo”, alangkah lebih baiknya lebih dicermati kembali penulisan kata-katanya supaya lebih sempurna.

Kesimpulannya, buku ini sudah didesain sedemikian rupa dengan isi yang sangat menarik berisikan metode “gila” yang diperlukan para pebisnis saat ini dalam menghadapi tantangan di dunia dengan perubahan-perubahan yang semakin “gila” pula.


Judul                           : D’Gil! Marketing : Think Like There Is No Box!
Pengarang                   : Ahmad Bambang
Penerbit                       : PT Gramedia Pustaka Utama
Tempat Terbit              : Jakarta
Tahun Terbit                : 2017
Cetakan                       : Pertama, Mei 2017
Jumlah Halaman          : xvi + 378
ISBN                           : 978-602-03-5530-6
Harga                          : Rp. 228.000,00