Tahun baru adalah satu hal yang ditunggu-tunggu. Selain hal yang istimewa, juga karena selalu ada libur. Banyak hal dilakukan untuk mengisi waktu pada liburan tahun baru. Berbagai kegiatan dilakukan, baik dengan keluarga maupun orang tersayang.

Salah satu kegiatan yang banyak dilakukan adalah berlibur ke suatu tempat selama beberapa waktu. Entah itu tempat wisata, rumah mertua atau kakek. Kegiatan bepergian ini bertujuan mengistirahatkan penat dan pikiran yang telah habis dikuras selama setahun ini.

Namun bila Anda bukan orang yang suka liburan ke tempat jauh seperti saya, atau mungkin Anda orang yang suka liburan tapi untuk libur ini masih belum bisa ke mana-mana karena suatu hal, berikut saya rekomendasikan beberapa hal yang tak kalah menarik untuk dilakukan bersama keluarga di rumah sambil menunggu pergantian tahun 2022 :

1. Membakar Kembang Api

Hal ini dapat dilakukan untuk mengisi waktu luang sebelum pergantian tahun. Kembang api juga dapat memeriahkan waktu berkumpul Anda dengan keluarga. Jika ingin lebih mengasikan lagi, tambahi dengan membakar jagung, sosis atau makanan-makanan semacam itu. Selain mengakrabkan, membakar jagung dan semacamnya bisa digunakan juga untuk mengisi perut, bukan hanya mengisi waktu.

Jika Anda orang yang tidak suka kembang api karena takut letusannya, tenang. Ada hal lain untuk dibakar. Daripada membakar kembang api, lebih baik bakar saja keburukan dalam hati dan pikiran Anda. Selain tidak menakutkan, juga lebih berfaedah.

2. Mendukung Timnas Indonesia

Satu hal ini bisa jadi pilihan, karena di tahun depan belum tentu Indonesia bisa masuk final AFF lagi. Adapun jika bisa masuk final, belum tentu finalnya dilakukan di pergantian tahun layaknya final kali ini. Maka, dukunglah mumpung masih ada.

Saran saya, dalam mendukung timnas Indonesia sebaiknya kita merendah saja. Dalam artian merendahkan ekspektasi kita soal kemenangan Indonesia setelah kemarin dihajar habis di leg pertama. Rasa qonaah kita mustinya lebih tinggi dibanding hasrat mengharap kemenangan timnas. Ingat timnas tidak berhutang apa-apa pada kita. Maka sebagai pendukung, selayaknya kita tidak menuntut yang aneh-aneh. 

Namun jika Anda orang yang keras kepala dan optimis, mari tetap dukung timnas. Lalu pasang totoan untuk kemenangan timnas (yang terakhir ini tidak saya sarankan).

3. Membuat Resolusi 2022

Sebagaimana banyak kita temui di medsos, akhir tahun adalah waktu yang tepat untuk membuat resolusi untuk setahun ke depan sebagaimana kebanyakan orang. 

Jika Anda orang yang suka ikut-ikutan, optimis, dan suka berharap maka ini hal yang cocok untuk Anda. Buatlah semacam rentetan hal-hal yang ingin Anda kerjakan atau capai di tahun depan. Sebisa mungkin hal-hal yang Anda tulis adalah hal-hal yang keren dan hebat. Masalah nanti tidak Anda kerjakan dan tidak bisa Anda capai itu urusan nanti. Yang terpenting tulis dulu, susun, lalu sebar di sosial media Anda.

Jika Anda bertanya, apakah saya punya resolusi untuk tahun ini? Tidak. Saya bukan orang semacam itu. Maaf saya hanya menyarankan. Bukan berarti saya melakukannya.

4. Menghitung Mundur

Jika Anda suka menghitung mundur, saya sarankan untuk menghitung mundur mulailah dari angka 10. Atau jika ingin agak lama, hitunglah mulai 1 menit. Jangan Anda menghitung mundur mulai nanti maghrib atau jam 6 sore. Selain terlalu panjang itu akan merepotkan. 

5. Menjalin Keluarga

Ini cocok bagi Anda yang sudah mapan namun masih belum berkeluarga. Saran saya, segerakan. Anjuran agama pun demikian.

Ini tidak saya anjurkan bagi Anda yang belum punya lawan jenis yang didekati. Karena Anda harus mencari lawan jenis dulu untuk diajak berkeluarga, ini akan menyita banyak waktu. Apalagi penghujung tahun tinggal sejengkal. Namun tidak apa. Mulailah dari sekarang. Dan bisa Anda lanjutkan di tahun depan, yang mama rentan waktunya masih sangat panjang.

6. Doa Bersama

Di antara sekian hal yang saya rekomendasikan, barang kali ini adalah yang paling baik untuk dilakukan, berdoa bersama. Saya rasa tidak sedikit tempat-tempat yang menggelar acara doa bersama dan tidak hanya menyelenggarakan acara-acara yang bersifat duniawi. 

Bisa juga mengadakan sendiri bersama keluarga di rumah. Atau paling tidak berdoalah sendiri. Demi kebaikan Anda di tahun depan. Selain mengusahakan apa yang kita harapkan, kita juga harus menggantungkan harapan kita pada Tuhan yang memiliki segala daya, kita hanya makhluk yang penuh keterbatasan. 

7. Istirahat atau Tidur

Jika Anda bukan orang yang suka ribet dan bukan orang yang suka terlalu meromantisasi momen seperti saya, alangkah lebih baik Anda istirahat saja. Manfaatkan waktu luang untuk tidur. Sebab esok masih banyak hal yang perlu dikerjakan. Masih banyak mimpi yang harus diwujudkan, bukan sekedar dituliskan. Tidur adalah pilihan tepat untuk kita para jamiyah mager sekalian.


Mungkin hanya itu beberapa saran hal-hal yang bisa dilakukan untuk menunggu pergantian tahun yang kurang bermanfaat. Semoga bisa menjadi bahan rujukan jika masih bingung mau melakukan apa di penghujung tahun ini.

Semoga di tahun depan, kebaikan tahun lalu terulang kembali dan bertambahnya kebaikan yang kita dapat lakukan dan dapatkan. Amin.