Bumi merupakan salah satu planet tata surya. Bumi adalah suatu planet yang memiliki urutan ketiga setelah matahari dan termasuk planet terbesar kelima dari semua planet yang ada di tata surya.  Bumi rumah kita semua atau tempat tinggal kita, di bumi ada banyak makhluk hidup dan terdapat beberapa alam yang menyatu seperti gunung, hutan, laut, sungai dan yang lainnya. Kita semua berpinjak dengan bumi, tapi apakah kalian tahu? 

Bahwa semenjak kedatangan virus corona atau yang disebut covid 19, bumi merayakan ulang tahun dan memperbaiki dirinya. Seperti yang dikatakan  Mohammad Darvish, seorang anggota dari Dewan Keamanan Nasional untuk lingkungan, "hari ini bumi merayakan kondisi terbaiknya dalam setengah abad".

Kita semua banyak berkeluh kesah terhadap kedatangan wabah virus corona ini, karena sangat mengancam kehidupan kita semua. Tetapi, dibalik itu semua ada hikmah yang kita dapatkan, yaitu bumi memperbaiki dirinya menjadi lebih baik lagi. Semenjak kedatangan virus corona semua aktivitas orang menjadi berbeda. 

Sebelum ada virus corona  kita masih bisa bepergian kesana dan kemari tetapi saat pandemi kita harus stay at home. Aktivitas diluar rumah kita berkurang, dan transportasi-transpotasi menjadi berkurang juga yang berkeliaran di bumi ini, serta perindustrian juga semakin berkurang beraktivitas. Jadi, dari situlah bumi mulai memperbaiki dirinya dan bumi berulang tahun pada saat pandemi ini.

Bumi kita ini sudah hampir rusak dan hancur karena pencemaran yang telah kita lakukan. Lapisan ozon sudah berlubang parah, udara kotor, tanah rusak, air tercemah dan banyak lagi yang lainnya. Kita harus sadar bahwa pencemeran yang terjadi ini akan berpengaruh terhadap kehancuran dan kerusakan bumi, ketika bumi sudah hancur maka kita akan juga hancur ditelan bumi. Namun, tidak disangka di akhir-akhir ini ada sebuah keajaiban yang terjadi. Wabah virus corona berhasil membuat bumi semakin menjadi lebih baik dan memperbaiki dirinya. Siapa sangka bahwa pandemi ini terdapat sebuah hikmah bagi kita semua.

Inilah dia beberapa perubahan yang dialami oleh bumi saat pandemic ini diantaranya; 

(1) Pada Lapisan Ozon : Dimana yang kita ketahui semua, bahwa lapisan ozon bumi kita ini sudah berlubang parah. Komponen yang paling penting menyebabkan lapisan ozon berlubang adalah pengunaan gas chlorofluorocarbon (CFC). Nah, semenjak ada pandemi manusia mulai berkurang dalam pengunaan CFC ini. Dalam dua bulan terakhir ini setelah diteliti lapisan ozon kita sudah mulai membaik. 

(2) Keanekaragaman hayati meningkat : Setelah sedikitnya keberadaan manusia di habitatnya atau diluaran sejak pandemi ini membuat kehidupan para satwa liar menjadi meningkat. 

(3) Udara menjadi lebih bersih : Kita semua sudah tahu bahwa udara yang kita hirup itu sangat kotor, tetapi semenjak datangnya wabah virus corona ini udara mulai menjadi bersih dikarenakan polusi-polusi udara seperti transportasi dan perindustrian pabrik mulai berkurang beraktivitas. 

(4) Tanah semakin membaik : Tanah juga menjadi lebih baik, dikarenakan semenjak ada wabah virus corona ini manusia sangat jarang menghentakkan kakinya. Jadi, tanah menjadi semakin baik dan resiko gempa ataupun longsor menjadi menurun. 

(5) Air semakin jernih : Kita semua sudah tahu, bahwa air di bumi ini sangat kotor dan terdapat banyak polusi suara. Tetapi semenjak pandemi ini dan diberlakukan lockdown, air menjadi bersih dan terbebas dari polusi suara, dikarenakan kapal-kapal laut banyak yang berhenti beraktivitas atau berkurang melakukan penyebrangan. Sehingga di lautan air mulai membaik dan menurunkan stress pada makhluk laut seperti ikan paus dan yang lainnya. 

(6) Emisi berkurang : Emisi karbondioksida sudah mulai berkurang pada saat pandemi. Ketika kegiatan ekonomi terhenti, maka emisi karbondioksida pun mulai mengalami penurunan. Karena dengan adanya lockdown maka kegiatan ekonomi sempat terhenti sementara, dan itu membuat perbaikan terhadap emisi karbondioksida.

Nah, dari situlah kita semua harus sadar bahwa sesuatu yang berbentuk musibah akan juga membawa hikmah bagi kita semua. Tetapi, tugas kita tidak berhenti disini, karena kita semua bisa belajar dari kejadian ini. Setelah bumi sudah berulang tahun dan menjadi lebih baik lagi, maka tugas kita selanjutnya yaitu menjaga bumi kita semua ini agar tetap bisa bernafas dengan damai. 

Siapa lagi yang akan merawat bumi ini kalau bukan kita!, kita sudah berhutang kepada bumi karena kita sudah hidup di bumi, berpinjak di bumi, makan dari hasil bumi dan banyak lagi yang lainnya. Jadi, marilah kita semua rawat dan jaga bumi ini demi kehidupan alam semesta dan kehidupan kita semua. Itulah reaksi bumi terhadap wabah virus corona atau pada saat pandemi. Kita harus bersyukur karena lingkungan disekitar kita maupun diseluruh bumi ini sudah mengalami perbaikan. Marilah kita semua bersahabat dengan bumi dan menjaga bumi agar bumi tetap kukuh dan kuat.